Kenali Ciri Lingkungan Hidup Sehat yang Harus Diterapkan

Kenali Ciri Lingkungan Hidup Sehat yang Harus Diterapkan

Manusia hidup tidak dapat dipisahkan dengan kondisi lingkungannya. Untuk dapat hidup dengan nyaman, manusia harus hidup dalam kondisi lingkungan hidup yang sehat. Lingkungan hidup yang sehat meliputi berbagai infrastruktur dan komponen-komponen yang bersinergi secara holistik terhadap pertumbuhan makhluk hidup. Beberapa hal yang termasuk dalam aspek ini diantaranya lingkungan fisik atau lingkungan alamiah, lingkungan pembangunan, dan lingkungan sosial yang terdapat di rumah, sekolah, maupun berbagai komunitas sosial.

Klik Untuk Donasi - Belajar Mengatasi Pengelolaan Sampah di Indonesia
  1. Terdanai Rp.300,000
  2. Pencapaian 0.32%
  3. Donatur 17

Lingkungan Hidup Sehat merupakan hal penting bagi keberlangsungan makhluk hidup dan yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Terbebas dari kondisi penyakit, memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan, dan saling hidup berdampingan dalam kondisi harmonis. Tempat tinggal yang berada di kondisi tersebut merupakan tempat tinggal yang ideal. Untuk itu penting untuk selalu bertenggang rasa dengan lingkungan sekitar dalam menjaga kondisi lingkungan hidup agar tetap sehat.

Ciri Ciri Lingkungan Hidup Sehat

Lalu bagaimana ciri-ciri yang harus diterapkan? Berikut merupakan ciri-ciri yangsesuai dengan kaidah dan ketentuan dari World Health Organization (WHO):

Lingkungan Bersih dan Aman

Lingkungan hidup yang sehat adalah yang senantiasa dijaga keamanan dan kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup, dapat diterapkan dengan mempersiapkan petugas kebersihan. Petugas ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan kondisi lingkungan dalam keadaan sehat, misal dengan melakukan pembersihan harian, menyiapkan tempat sampah, mendaur ulang sampah, dan sebagainya. Kemudian untuk menjaga aspek keamanan, dapat dilakukan dengan mempersiapkan segala bentuk fasilitas keamanan beserta para petugas. Misal, membuat SISKAMLING, pos ronda, dan sejenisnya.  

Lingkungan Mampu Memenuhi Kebutuhan Dasar Manusia

Lingkungan hidup yang sehat harus mampu untuk digunakan memenuhi kebutuhan dasar manusia. Menurut Teori Hierarki Kebutuhan Manusia yang digagas oleh Abraham Maslow, kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan fisiologis. Kebutuhan fisiologis ini diantaranya meliputi: kebutuhan makanan, minuman, tempat tinggal, pakaian, jam istirahat, dan kebutuhan reproduksi. Apabila elemen-elemen dalam kebutuhan dasar ini terpenuhi, maka lingkungan tersebut dapat dikatakan telah mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Lingkungan Menyebabkan Lingkungan yang Harmonis dan Melibatkan Seluruh Elemen

Lingkungan hidup yang sehat harus diupayakan oleh seluruh anggota yang tinggal di dalamnya. Upaya ini dapat dilakukan dengan menjaga harmonisasi dan sinergi antar masyarakat. Dalam menjaga harmonisasi ini, dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan diskusi atau kegiatan ramah tamah yang melibatkan seluruh elemen anggota yang turut tinggal di lingkungan tersebut. Dengan demikian, selain lingkungan tersebut dapat dikatakan sehat secara fisiologis, secara aspek rohani atau kesehatan mental lingkungan juga dapat terjaga.

Lingkungan Menggunakan Energi Terbarukan

Salah satu sumber kehidupan manusia adalah adanya energi. Energi dapat diperoleh dari berbagai sumber. Untuk menjaga lingkungan hidup, energi terbarukan atau energi bersih merupakan salah satu sumber energi yang penting. Energi ini dapat diperoleh dari transformasi penggunaan energi fosil atau minyak sawit, menuju energi terbarukan. Energi terbarukan dapat bersumber dari tenaga surya, listrik, angin, air, dan tumbuhan hidup lainnya. Energi terbarukan ini lebih baik untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mengurangi kadar emisi gas karbon penyebab polusi di udara.

Lingkungan Memiliki Fasilitas Kesehatan yang Layak dan Mudah Diakses

Aspek penting lain dalam menjaganya adalah tersedianya lingkungan dengan fasilitas kesehatan yang layak dan mudah diakses. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya puskesmas, rumah sakit, serta klinik-klinik pengobatan yang dapat digunakan oleh seluruh elemen masyarakat. Sebaiknya, fasilitas-fasilitas kesehatan ini harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai standar kesehatan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, suatu lingkungan dapat dikatakan telah memiliki dan memenuhi standar.

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah memenuhi ciri ciri lingkungan hidup sehat yang benar di sekitarmu?

Sumber Featured Image : Anna Palinska dari Pixabay