Mengenal Makna Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

Mengenal Makna Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

Dalam beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijah, yang berarti umat Islam akan segera merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari raya ini umat Islam juga akan melakukan ibadah kurban. Biasanya mendekati perayaan hari raya Idul Adha, umat Islam akan sibuk memilih hewan yang layak untuk dijadikan hewan kurban. Namun, apakah arti kurban sebenarnya?

Klik Untuk Donasi - Bersama WeCare.id Wujudkan Pemerataan Kesehatan di Indonesia
  1. Terdanai Rp.457,500
  2. Pencapaian 0.92%
  3. Donatur 11

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Kurban
  2. 2. Dalil Mengenai Kurban di dalam Alquran
  3. 3. Hukum Berkurban
  4. 4. Makna Berkurban

Pengertian Kurban

Kurban asalnya dari kata bahasa Arab, yaitu Qurban yang artinya dekat. Dalam Islam kurban juga disebut dengan nama al-udhhiyyah juga adh-dhahiyyah, yang artinya binatang sembelihan, misalnya sapi (kerbau), unta, dan kambing. Kurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha serta hari-hari Tasyrik (pada tanggal 11, 12, serta 13 Dzulhijjah). Ibadah ini merupakan bentuk takarub atau mendekatkan diri kita kepada Allah yang dilakukan dengan cara yang layak, yaitu melakukan ibadah sebaik mungkin atau melipatgandakan amal.   

Klik Untuk Donasi - Infaq Beras Yatim Pedalaman
  1. Terdanai Rp.350,000
  2. Pencapaian 0.30%
  3. Donatur 15

Dalil Mengenai Kurban dalam Al-Qur’an

Pada hari raya Idul Adha umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban. Perintah untuk berkurban dalam Al-Qur’an bisa kita temukan dalam berbagai surat, seperti surat al-Kautsar ayat 2; surat al-Hajj ayat 34-35; dan surat as-Saffat ayat 102-107. Berikut beberapa surat yang menjelaskan mengenai perintah ibadah kurban:

  • Surat al-Kautsar (108): 2

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلْأَبْتَرُ

Artinya: “Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” 

  • Surat al-Hajj (22): 34-35

ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَٱلصَّٰبِرِينَ عَلَىٰ مَآ أَصَابَهُمْ وَٱلْمُقِيمِى ٱلصَّلَوٰةِ وَمِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ يُنفِقُونَ

وَٱلْبُدْنَ جَعَلْنَٰهَا لَكُم مِّن شَعَٰٓئِرِ ٱللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَٱذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَيْهَا صَوَآفَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا۟ مِنْهَا وَأَطْعِمُوا۟ ٱلْقَانِعَ وَٱلْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَٰهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

 Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah Allah berikan sebagai rezeki kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahlah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami berikan rezeki kepada mereka.” 

  • Surat al-Hajj 22:36

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللهِ 

Artinya: “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, …” 

Hukum Berkurban

Ibadah kurban pada hari raya Idul Adha hukumnya yaitu sunah muakadah, artinya sunah yang pelaksanaannya sekali. Apabila ada orang yang memiliki kemampuan untuk berkurban tetapi tidak melaksanakannya, maka hukumnya makruh. Menurut hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim yang menyebutkan bahwa Nabi SAW pernah melakukan kurban berupa dua kambing kibasy. Nabi sendiri yang melakukan penyembelihan hewan kurbannya dan waktu memotongnya membaca nama Allah dan bertakbir.

Makna Berkurban

Seperti yang kita tahu, ibadah kurban yang kita lakukan pada hari raya Idul Adha memiliki makna penting bagi umat Islam, yaitu mengajarkan berbagi. Selain itu, makna lainnya adalah:

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Untuk mau dan bisa berkurban pada hari raya  Idul Adha, seseorang perlu melakukan Mujahadah atau berjuang, khususnya untuk mengendalikan hawa nafsu serta sifat egois. Egoisme membuat orang menjadi lupa pada Allah serta mengabaikan perintah dan ajaran-Nya, yaitu salah satunya berkurban. Kerelaan untuk melakukan ibadah kurban juga berhubungan dengan ketakwaan kepada Allah. Ini juga yang Allah nilai saat seseorang berkurban. Hal ini dapat kita temukan dalam surat Al Hajj ayat 37. Yang sampai kepada Allah itu bukan daging dan darah hewan kurban tapi ketakwaan orang tersebut.

Wujud Syukur kepada Allah 

Tanpa kita sadari, Allah sudah memberikan kita banyak nikmat. Oleh karena itu, salah satu wujud dari bersyukur itu adalah dengan melakukan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha. Hal ini dapat kita temukan dalam surat Al Kautsar ayat 1-2. Pada ayat tersebut tertulis bahwa Allah telah memberikan kita nikmat yang banyak. Dengan banyaknya nikmat yang sudah Allah berikan, kita pun mendapatkan perintah untuk mendirikan salat dan berkurban sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

Alami Gizi Buruk akibat Hidrosefalus, Keenan Butuh Susu Khusus!

Membantu Sesama

Dengan beribadah kurban pada hari raya Idul Adha, kita bisa membantu sesama, khususnya untuk orang yang kurang mampu. Caranya dengan mendistribusikan daging kurban kepada mereka. Hal ini merupakan bukti dari kemurahan hati kepada sesama manusia dari orang yang berkurban. Ibadah kurban mewujudkan persaudaraan dengan saling menyayangi, memberi dan menyantuni.

Menanamkan Kepekaan serta Kepedulian Sosial

Agar seseorang bisa memberi, tentunya sangat penting memiliki kepekaan untuk bisa melihat siapa yang membutuhkan bantuan. Dengan berkurban pada hari raya Idul Adha, kita belajar peka dengan sekeliling kita dan mengenali siapa saja yang membutuhkan bantuan.  

Nah, itulah informasi mengenai ibadah kurban yang biasa kita laksanakan pada hari raya Idul Adha. Salah satu makna dari berkurban adalah membantu sesama juga menanamkan kepedulian terhadap sesama. Untuk itu, kita bisa juga membantu sesama yang membutuhkan bantuan lainnya selain daging, seperti yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Unduh aplikasi WeCare.id melalui Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Firdaus. (2019). Makna Penting Ibadah Kurban. Diambil kembali dari republika.co.id.

Mengajarkan 7 Makna Berkurban Saat Iduladha kepada Anak. (2021). Diambil kembali dari parenting.co.id.Ramadhani, M. (2022). Apa itu Kurban (Qurban) dalam Islam? Diambil kembali dari zakat.or.id.

Sumber Featured Image : Suhail Suri dari Pixabay