Malam Lailatul Qadar: Waktunya Beribadah & Beramal

Malam Lailatul Qadar: Waktunya Beribadah & Beramal

Untuk umat muslim, Malam Lailatul Qadar adalah waktu yang sangat spesial. Lailatul qadar secara etimologis terdiri dari dua kata, yaitu lail atau lailah yang artinya malam hari dan qadar yang berarti ukuran atau ketetapan. Berdasarkan Al-Quran surat Al-Qadr 1-3, Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Lalu apa yang membuat malam begitu special? Berikut ini penjelasannya yang dilansir dari laman situs Muslim.Sg. 

Dukung Pengiriman Bantuan Sosial ke Seluruh Indonesia!

Daftar isi:

  1. 1. Apa yang membuat Malam Lailatur Qadar Istimewa
  2. 2. Apa yang harus kita lakukan di Lailatul Qadar?

Apa yang membuat Malam Lailatur Qadar Istimewa

Apa yang membuat Laylatul Qadr luar biasa dan istimewa? Saat kita melewati setengah jalan di bulan Ramadan, mari kita temukan arti malam ini dan maknanya.

1. Tanggal pastinya tidak diketahui

Lailatul Qadar jatuh dalam sepuluh malam terakhir Ramadan. Malam tepatnya kapan Lailatul Qadar terjadi selalu tidak diketahui tetapi apa yang kita ketahui adalah bahwa malam itu jatuh dalam sepuluh malam terakhir Ramadan, yang diyakini oleh banyak orang pada malam-malam ganjil. Nabi Muhammad s.a.w. berkata, 

“Telusuri Lailatul Qadr di malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir Ramadhan.”  (Sahih Al-Bukhari)

Pastinya ada hikmah yang agung tentang mengapa Allah S.W.T dengan sengaja membuat tanggal pastinya tidak diketahui dari kita. Salah satunya yaitu supaya kita bisa berusaha mencarinya, beribadah lebih banyak dan tetap konsisten melakukannya, bahkan mendekati akhir Ramadan.

2. Turunnya Alquran

Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar. Keutamaan terbesar yang terkait dengan Lailatul Qadar adalah bahwa pada malam ini, Allah S.W.T menurunkan Alquran kepada umat manusia sebagai hadiah dan sumber petunjuk. Selain disebutkan di ayat pertama Surat Al-Qadr, Allah S.W.T. mengatakan dalam Surah Ad-Dukhan:

“Memang, Kami mengirimkannya (Alquran) di malam yang diberkati.” (Surat Ad-Dukhan, 44: 3)

Tentunya kita harus menunjukkan dan mewujudkan rasa syukur kita terhadap berkah terbesar dari Allah dengan menghargai wahyu, menginternalisasi pesan dan maknanya dan berhubungan dengan-Nya.

3. Pahala Malam Lailatur Qadar

Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Jika kita menyadari nilainya, setiap amal ibadah dan ibadah yang diselesaikan dalam satu malam ini pahalanya sampai 29,5 ribu kali.

Ini adalah kesempatan unik bagi kita ketika kita mendekatinya dengan ikhlas, untuk mendapatkan ampunan dan rahmat yang besar dari Allah S.W.T. 

4. Diterimanya Doa

Pada malam itu bumi akan dibanjiri dan ditempati oleh banyak malaikat sehingga bumi dipenuhi dengan cahaya dan berkah makhluk surgawi. Pada malam ini dosa diampuni dan permohonan diterima. Doa yang dianjurkan adalah doa memohon pengampunan seperti yang diajarkan oleh Nabi S.A.W.:

Allāhumma Innaka ‘Afuwwun Karīmun Tuhibbu-l’ Afwa Fa’fu ‘Annī

“Ya Allah, Engkau sungguh pemaaf, murah hati dan suka memaafkan, oleh karena itu maafkan aku.”   (At-Tirmizi)

Klik Untuk Donasi - Terhimpit Keadaan Ekonomi, Sumiati Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Sumiati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.879,750
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 16

Apa yang harus kita lakukan di Lailatul Qadar?

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala di Malam Lailatul Qadar ini. Di lansir dari laman situs Muslimhands.org.uk ini beberapa dianjurkan untuk dilakukan:

1. Itikaf

Tetap di itikaf, jika memungkinkan. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan Malam Lailatul Qadar. 

2. Ibadah

Konsentrasi pada doa dan ibadah. Perbanyak zikir dan doa. Salah satu cara yang sangat mulia untuk mendapatkan kemuliaan dari Malam Lailatur Qadar adalah dengan memperbanyak zikir. Khususnya zikir yang diajarkan juga dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu lafaz yang berbunyi “laaa Ilaaha Illallah,” yang adalah afdalnya zikir menurt hadis.

3. Beramal 

Pahala untuk setiap tindakan kebaikan yang dilakukan selama Malam Lailatul Qadar lebih baik daripada melakukan kebaikan yang sama selama lebih dari 83 tahun! Kita bisa membantu mereka yang membutuhkan pertolongan seperti mereka yang membutuhkan bantuan pengobatan.

4. Makan Secukupnya

Semakin kita banyak makan, semakin sulit kita untuk bisa terbangun di Malam Lailatul Qadar. Selain itu, banyak makan membuat kita kurang produktif.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa. Oleh karenanya kita tak boleh melewatkannya. Banyak amalan yang bisa dilakukan seperti beribadah dan beramal. Kita bisa beramal dengan cara meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Tunaikan Zakat Fitrah untuk Saudara Sebangsa
  1. Terdanai Rp.6,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 2

Referensi

Azman, M. Z. (2020). 4 Beautiful Significance of Laylatul Qadr. Diambil kembali dari muslim.sg.
Komarudin. (2021). Apa yang Harus Dilakukan untuk Meraih Lailatul Qadar? Diambil kembali dari liputan6.com.
Simple Tips for Laylatul Qadr (The Night of Power). (2016). Diambil kembali dari muslimhands.org.uk.The Spiritual Significance of The Last Ten Nights of Ramadan. (2019). Diambil kembali dari islamic-relief.org.

Sumber Featured Image : Freepik.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *