Kenaikan Berat Badan Bayi, Berapakah Idealnya?

Kenaikan Berat Badan Bayi, Berapakah Idealnya?

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya tumbuh dan berkembang dengan optimal? Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran ibu yang memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan adalah masalah berat badannya. Seperti orang dewasa, berat badan dan bentuk tubuh bayi bisa berbeda-beda walaupun memiliki usia yang sama. Hal tersebut juga berlaku untuk kenaikan berat badan bayi setiap bulannya. 

Klik Untuk Donasi - Alami Lumpuh Otak dan Meningitis secara Mendadak, Tubuh Sajjad jadi Semakin Kurus!
Meningitis, Epilepsi, Cerebral Pals...
M Sajjad Argya Bisma
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,727,000
  2. Pencapaian 3.75%
  3. Donatur 31

Oleh karena itu, penting buat kamu untuk memastikan berat badan bayi mengalami kenaikan setiap bulannya. Hal tersebut menandakan bayi mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Namun, tahukah kamu berapa kenaikan berat badan bayi yang ideal setiap bulannya? Yuk, cari tahu selengkapnya lewat artikel ini!

Daftar isi:

  1. 1. Faktor yang Memengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi
  2. 2. Acuan Kenaikan Berat Badan Bayi yang Ideal

Faktor yang Memengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi

Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan berat badan bayi:

Jenis kelamin bayi

Biasanya, bayi laki-laki memiliki berat badan yang lebih berat dari bayi perempuan. Kemudian, grafik pertumbuhannya pun lebih cepat bayi laki-laki daripada bayi perempuan.

Waktu kelahiran bayi, prematur atau cukup

Biasanya bayi yang lahir belum cukup umur atau prematur akan memiliki berat badan yang lebih rendah daripada bayi yang lahir cukup umur. Bayi yang lahir prematur biasanya lahir dengan berat badan kurang dari 3 kg. Sehingga mereka membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak untuk mengejar berat badannya.

Kondisi kesehatan bayi

Bayi yang lahir dengan riwayat penyakit bawaan atau kongenital tentunya akan memengaruhi pertumbuhan dan berat badannya.

Asupan gizi bayi

Bayi 0-6 bulan hanya mengonsumsi ASI atau susu formula untuk memenuhi gizinya. Untuk itu, pastikan bayi mengonsumsi ASI atau susu formula setiap hari secara rutin. Selain itu, pastikan pelekatan bayi sudah benar untuk memastikan kuantitas ASI yang masuk ke tubuh bayi.

Sedangkan, bayi 6-12 bulan sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Oleh karena itu, pastikan makanannya mengandung gizi yang seimbang dari karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

Asupan gizi ibu

Selain bayi, ibu pun juga harus mengonsumsi makanan yang cukup mengandung gizi baik untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

Acuan Kenaikan Berat Badan Bayi yang Ideal

Walaupun setiap anak memiliki pertumbuhan dan berat badan yang berbeda-beda, ibu harus mengetahui panduan yang bisa menjadi acuan apakah berat badan si kecil masih normal atau harus dalam pengawasan.

  • Bayi usia 0-1 bulan memiliki rata-rata kenaikan berat badan sebesar 2 sampai 100 gram per hari dan tinggi badannya bertambah 2 sampai 5 cm dalam 1 bulan. Perlu ibu ingat jika bayi baru lahir akan kehilangan berat badannya selama beberapa hari kehidupannya. Namun, bayi akan mendapatkan kembali berat badan lahirnya setelah beberapa hari kemudian.
  • Bayi usia 1-4 bulan biasanya berat badannya akan naik sebanyak 0,5 sampai 1 kg dalam 1 bulan dan tinggi badannya bertambah 3 sampai 5 cm setiap bulannya. Pada usia ini bayi mulai terlihat gemuk dan aktivitas fisik bayi mulai meningkat sehingga lemak bayi akan tergantikan dengan otot.
  • Bayi usia 6 bulan biasanya memiliki berat badan 2 kali lipat dari berat badan saat lahir.
  • Bayi usia 12 bulan biasanya memiliki berat badan 3 kali lipat lebih besar dari berat badan saat lahir. Kemudian, tinggi badannya juga bertambah sebesar 15-20 cm dari tinggi badan saat lahir.

Fakhri Seorang Remaja yang Menderita Gizi Buruk dengan Perawakan sangat Pendek Membutuhkan Bantuan Segera!

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi faktor dan panduan yang bisa kamu jadikan acuan kenaikan berat badan bayi. Di Indonesia, sayangnya masih banyak bayi yang memiliki berat badan yang jauh dari berat badan ideal. Penyebabnya adalah faktor riwayat kesehatan hingga susahnya mendapat akses makanan bergizi karena keterbatasan finansial, seperti yang dialami oleh pasien-pasien WeCare.id. Untuk mengejar berat badan ideal, mereka harus rutin mengonsumsi nutrisi lebih dan juga vitamin. Tentunya akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mari bantu mereka untuk mendapatkan nutrisi yang baik agar bisa tumbuh sehat dan bahagia seperti anak seusianya. Bantu mereka melalui website atau aplikasi WeCare.id yang bisa kamu unduh melalui App Store atau Google Play.

Sumber Featured Image : Michal Bar Haim on Unsplash

REFERENSI:

Popmama. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/freya-felia/cek-di-sini-apakah-kenaikan-berat-badan-bayi-sesuai-dengan-usianya/full. Diakses pada 22 Juni 2022.

Popmama. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/astri-diana/hal-yang-mempengaruhi-berat-badan-ideal-bayi/7. Diakses pada 22 Juni 2022.

Kumparan. https://kumparan.com/mama-rempong/kenaikan-berat-badan-bayi-setiap-bulan-berapa-idealnya-1wlqLuHNy6y/full. Diakses pada 22 Juni 2022.