Kecanduan Gadget Pada Anak: Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Kecanduan Gadget Pada Anak: Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pada era yang sudah serba digital seperti saat ini, kehadiran gadget bukanlah hal asing lagi. Kehadiran gadget bisa memudahkan kita untuk membantu belajar, bekerja, berbelanja kebutuhan harian hingga mencari hiburan. Namun, pada sisi lain, kehadiran gadget juga memiliki efek negatif, seperti efek kecanduan. Kecanduan gadget berarti apabila seseorang menghabiskan sebagian waktunya untuk menggunakan gadget, seperti smartphone, tablet, laptop, atau portable gaming device. Risiko ini juga bisa terjadi pada anak-anak dan bisa berdampak untuk kesehatan mereka. Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri, dampak dan cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Daftar isi:

  1. 1. Ciri-Ciri Si Kecil Kecanduan Gadget
  2. 2. Dampaknya untuk Si Kecil

Ciri-Ciri Kecanduan Gadget Pada Anak

Bagaikan dua sisi mata uang, gadget bisa sangat bermanfaat untuk si kecil karena bisa untuk mengakses konten edukasi namun juga bisa membawa efek negatif yang berkepanjangan jika tidak mendapat penanganan segera. Untuk itu, sebagai orang tua, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri anak yang tidak bisa lepas dari gawainya. Dengan mengetahui ciri-cirinya, kamu bisa lebih cepat mencari solusi untuk menanganinya jika si kecil benar-benar tidak bisa lepas dari gawainya tersebut.

Pada tahun 2018, WHO sudah menetapkan kecanduan gadget sebagai gangguan kesehatan mental. Berikut ciri-ciri yang harus kamu perhatikan:

  1. Tantrum, menangis hingga melawan saat kamu tidak memperbolehkan si kecil bermain gadget.
  2. Pada anak yang sudah lancar berkomunikasi, biasanya mereka akan lebih senang menunda mengerjakan tanggung jawabnya karena sedang asyik bermain gadget.
  3. Pola tidur dan jam tidurnya akan terganggu karena anak sudah terpapar layar gadget secara berlebihan.
  4. Jam makan akan terganggu karena biasanya anak akan lebih memilih menonton atau bermain game pada gadgetnya.
  5. Susah bersosialisasi karena mereka lebih memilih bermain dengan teman-teman pada dunia virtualnya.

Alami Penyakit Kulit yang Mengerikan, Husna sangat Mengharapkan Pertolonganmu!

Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak

Seperti yang sudah kita ketahui, terlalu banyak bermain gawai tentunya akan berdampak terhadap kesehatan fisik dan mental si kecil. Biasanya, anak yang sudah kecanduan gadget akan memperlihatkan sikap gelisah, sulit fokus hingga rewel saat orang tua tidak memberikan gadget. Selain itu, berikut dampak yang muncul saat si kecil tidak bisa dari gawainya.

Kurang tidur

Pada anak yang sudah terpapar gawai, biasanya akan mengalami gangguan pada jam tidurnya. Padahal pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan tidur yang cukup. Kondisi ini tidak bisa kita anggap sepele, sebab kurang tidur akan mengganggu aktivitasnya, seperti aktivitas belajar saat sekolah. Tentunya hal ini bisa membuat prestasinya menurun. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat pertumbuhan otak si kecil menjadi tidak optimal.

Gangguan kesehatan mata

Anak-anak yang terlalu sering bermain dengan gawainya akan cenderung memiliki gangguan pada matanya, seperti mata lelah, kering, hingga gangguan penglihatan.

Obesitas

Hal ini disebabkan karena anak cenderung malas bergerak jika sudah asyik dengan gawainya. Pada pada masa pertumbuhan, sebaiknya anak aktif bergerak dan bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Selain itu, obesitas juga tidak boleh kita anggap sepele karena bisa meningkatkan risiko terkena stroke usia dini hingga serangan jantung.

Gangguan mental

Selain akan berdampak pada kesehatan, hal ini juga akan berdampak untuk kesehatan mentalnya, seperti risiko depresi, gangguan kecemasan, kesulitan fokus, kesulitan bersosialisasi, hingga memicu sifat agresif anak.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Nah, pastinya kamu tidak mau ‘kan jika si kecil mengalami dampak buruk akibat terpapar gawai. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

  1. Berikan contoh yang baik dengan tidak bermain gadget saat sedang bermain dengan si kecil.
  2. Berikan batas waktu bermain gadget pada si kecil, misalnya hanya dua jam setiap harinya. Selain itu, ajarkan si kecil untuk selalu meminta izin terlebih dahulu sebelum bermain gadget dan mengembalikannya setelah bermain.
  3. Pastikan si kecil selalu dalam pengawasan orang tua saat bermain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk menyaring konten-konten yang mengandung kekerasan dan pornografi.
  4. Alihkan dengan mengajaknya melakukan aktivitas lain selain bermain gadget, seperti menggambar, bermain peran hingga mendaftarkan si kecil kelas berenang, menari dan musik.
  5. Ajak si kecil bermain untuk bersosialisasi dengan anak-anak seusianya.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak si kecil mengunjungi panti asuhan untuk berdonasi membantu teman-temannya yang tidak seberuntung dirinya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajarkan jika gadgetnya bisa mereka gunakan untuk berbuat kebaikan dengan berdonasi melalui website WeCare.id atau pun melalui aplikasi.

Teman Peduli, itu tadi beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri, dampak dan cara mengatasi kecanduan gadget pada anak. Semoga membantu, ya!

Klik Untuk Donasi - Menebar Kebaikan Idul Adha
  1. Terdanai Rp.113,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 3

REFERENSI:

SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/cegah-anak-kecanduan-gadget-dengan-tips-ini. Diakses pada 10 Juni 2022

POPMAMA. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/amelia-putri/ciri-ciri-anak-kecanduan-gadget-dan-cara-mencegahnya/5. Diakses pada 10 Juni 2022Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/si-kecil-kecanduan-gadget-ini-dampaknya. Diakses pada 10 Juni 2022

Sumber Featured Image : press 👍 and ⭐ dari Pixabay