Mengenal Malam Lailatul Qadar dan Amalannya

Mengenal Malam Lailatul Qadar dan Amalannya

Bulan Ramadan merupakan bulan terbaik yang banyak ditunggu-tunggu. Bulan ini datang dengan berkah yang tak terbayangkan. Di bulan yang suci ini kita berpeluang untuk mendapatkan kesempatan mencapai rahmat dan karunia Allah yang tak terbatas. Ketika bulan Ramadan datang, waktu yang paling ditunggu oleh umat muslim adalah sepuluh malam terakhir, yaitu malam Lailatul Qadar. 

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Lailatul Qadar?
  2. 2. Kapan Lailatul Qadar Datang?
  3. 3. Amalan yang Disarankan Pada Malam Lailatul Qadar

Apa itu Lailatul Qadar

Lailatul Qadar dari segi bahasa, terdiri dari dua kata, yakni ‘lail’ yang berarti malam dan ‘qadar’ sendiri mempunyai makna yang beragam.

Melansir dari laman situs CNN Indonesia yang mengutip buku dengan judul Sukses Berburu Lailatul Qadar hasil tulisan Muhammad Adam Hussein, malam ini merupakan malam yang penuh kemuliaan. Orang yang mendapat berkah di malam tersebut, maka dia akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Karena malam tersebut hanya ada di saat bulan Ramadan saja, maka tak mengherankan jika umat muslim begitu menanti malam ini. 

Kapan Lailatul Qadar Datang?

Hari serta tanggal pasti Lailatul Qadar tidak diketahui. Namun, terdapat konsensus umum mengenai halini, yaitu salah satu malam ganjil dari 10 hari terakhir bulan suci Ramadan atau bulan kesembilan dalam kalender Islam. Berdasarkan sebuah hadis tentang malam yang mulia ini, Nabi Muhammad meminta orang-orang untuk mencari malam ini di sepuluh hari terakhir, pada malam-malam ganjil. Oleh karena itu, umat muslim menganggap 10 hari terakhir bulan Ramadan ini lebih suci.

Amalan yang Disarankan Pada Malam Lailatul Qadar

Jika ingin mendapatkan kemurahan Allah yang Maha Pengasih, berikut ini amalan yang direkomendasikan untuk kita lakukan di malam Lailatul Qadar:

  • Melakukan itikaf

Banyak umat muslim yang memilih menghabiskan 10 hari terakhir Ramadan di masjid untuk beritikaf.  Mereka akan fokus untuk menyembah Allah dan menahan diri dari keterlibatan dalam urusan duniawi. Ini adalah saat bagi umat muslim untuk merenung, selain tentunya memperbanyak ibadah serta menambah ilmu agama. Tak lupa untuk selalu mendekatkan diri dengan Allah. Sunnahnya itikaf itu dilakukan 10 hari, tetapi minimumnya bisa satu hari dan satu malam. I’tikaf di malam Lailatul Qadar adalah kesempatan besar untuk berhubungan kembali dengan Allah dalam kesendirian. 

  • Membaca Al-Qur’an

Hal lain yang harus dilakukan pada malam Lailatul Qadar yaitu membaca kitab suci Al-Qur’an. Umat muslim percaya bahwa membaca Al-Qur’an dengan terjemahan dan merenungkan penjelasannya memberikan kita ilmu dan akan menambah kepercayaan kita pada Allah SWT. 

  • Perbanyak Bersedekah

Menurut beberapa sumber, pahala bersedekah di bulan Ramadan akan dikalikan berlipat-lipat. Disebutkan pula bahwa pahala satu kebaikan pada malam Lailatul Qada sama dengan melakukannya terus menerus selama 83 tahun. Jadi, jika kita ingin menyenangkan Allah dan dosa-dosa masa lalu kita diampuni, maka bantulah orang yang membutuhkan dan sedekahkan kepada seseorang yang benar-benar akan mendapat manfaat darinya. Bahkan menawarkan segelas air kepada seseorang yang membutuhkannya akan mendapatkan berkah yang luar biasa.

  • Memohon Ampunan

Selama malam Lailatul Qadar, Allah Maha Penyayang dan semua permohonan yang tulus diterima oleh-Nya. Pada malam ini, kita harus banyak-banyak memohon ampun kepada Allah. Menurut Hadis tentang Lailatul Qadr, saat Aisha bertanya kepada Nabi Muhammad bagaimana dia harus berdoa kepada Allah pada saat Lailatul Qadr, Nabi memberi tahu Aisha agar membaca doa Lailatul Qadr ini dengan hati yang tulus:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

 “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

  • Menuntut Ilmu

Amalan di malam Lailatul Qadar lainnya yang disarankan adalah menuntut ilmu. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh HR Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

 “Barangsiapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadan maka Allah menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkahan kakinya sebagai ibadah satu tahun.” 

  • Memperbanyak Zikir

Amalan di malam Lailatul Qadar selanjutnya yang bisa kita lakukan yaitu memperbanyak zikir. Firman Allah adalam Surat Al-Baqarah, ayat 152 disebutkan: 

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

 “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” 

Itulah informasi tentang malam Lailatul Qadar beserta amalan yang disarankannya. Jadi di 10 malam terakhir bulan Ramadan ini, mari kita perbanyak perbuatan baik. Salah satu yang disarankan adalah memperbanyak sedekah. Kita bisa membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Kebaikan Bermakna untuk Sesama
  1. Terdanai Rp.172,596,635
  2. Pencapaian 86.30%
  3. Donatur 1,831

Referensi

Ayoub, O. (2021). Laylatul Qadr 2022: Date, Dua, Hadith And Etiquette For The Night Of Power. Diambil kembali dari zamzam.com.

Here Are Things You Can Do to Make the Most of Laylatul Qadr. (2022). Diambil kembali dari mvslim.com.

R, F. A. (2022). 15 Keutamaan dan Amalan Malam Lailatul Qadar, Masya Allah! Diambil kembali dari orami.co.id.

Sendari, A. A. (2022). Tanda Malam Lailatul Qadar, Ketahui Amalan untuk Menyambutnya. Diambil kembali dari liputan6.com.

Six Simple Tips for Laylat al-Qadr (The Night of Power). (2016). Diambil kembali dari muslimhands.org.uk.THE SPIRITUAL SIGNIFICANCE OF THE LAST TEN NIGHTS OF RAMADAN. (2021). Diambil kembali dari islamic-relief.org.