Kulit Kering Saat Puasa? Cegah dengan Skincare Ini

Kulit Kering Saat Puasa? Cegah dengan Skincare Ini

Saat berpuasa kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam. Akibatnya tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi mengakibatkan kulit kita kehilangan kelembapan serta tekstur kulit menjadi kering bersisik. Maka ketika puasa beberapa orang mengalami kulit kering.

Daftar isi:

  1. 1. Gejala kulit kering
  2. 2. Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Gejala kulit kering

Setelah dua pekan menjalankan puasa, mungkin beberapa dari kita ada yang mengalami masalah kulit kering. Dikutip dari laman situs theAsianparent.com, dr. Ika Anggraini Sp.DV menjelaskan bahwa saat tubuh kita kekurangan cairan, pemilik kulit kering, akan melihat beberapa gejala kekeringan pada wajahnya, di antaranya:

  • Kulit jadi berwarna kusam
  • Tekstur kulit menjadi kasar
  • Garis kerutan pada wajah jadi lebih jelas
  • Kulit jadi lebih sensitif
  • Kulit juga terasa tertarik serta gatal 

Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Tentunya kita tak ingin mengalami kulit kering saat berpuasa. Sebenarnya, kita tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Namun, untuk itu kita harus pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh selama puasa terpenuhi agar tak terjadi gangguan kesehatan kulit seperti itu.

Selain asupan nutrisi dan cairan, agar terhindar dari kulit kering saat puasa, kita bisa menggunakan skincare atau perawatan kulit. Berikut ini rekomendasi skincare yang disarankan untuk digunakan saat puasa yang dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Pembersih Wajah 

Ketika akan beraktivitas di pagi hari, tentunya kita harus mencuci muka. Agar terhindar dari kulit kering, pastikan untuk membersihkan muka menggunakan pembersih wajah yang formulanya sesuai dengan jenis kulit kita. Formula pembersih tersebut harus bisa mengangkat kotoran atau sisa skincare yang kita gunakan pada malam hari. Jika kulit kita bersih, maka kulit akan siap untuk menerima skincare yang akan digunakan saat pagi hari.

  1. Pelembab Wajah

Orang dengan jenis kulit yang kering, tentunya akan memerlukan pelembab wajah. Namun pastikan gunakan pelembab wajah yang cocok dengan tipe kulit kita supaya terhindar dari masalah kulit, khususnya kulit kering karena dehidrasi.

  1. Hydrating Toner

Penggunaan toner sesudah mencuci muka memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, yaitu agar terhindar dari kulit kering. Toner tersebut bisa juga mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih tersisa di kulit wajah. Pilihlah jenis hydrating toner karena jenis toner ini akan menghidrasi serta menutrisi kulit. Dengan menggunakan hydrating toner, kulit kita akan terhindar dari kekeringan saat berpuasa.

  1. Serum Wajah

Produk skincare lain yang juga tak boleh dilewatkan adalah serum wajah. Saat berpuasa, jangan lupa untuk menggunakan serum wajah karena produk ini dipercaya bisa jadi salah satu cara ampuh untuk membuat kulit tetap lembap juga kenyal. Karenanya penggunaan serum wajah saat berpuasa disarankan agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Sunscreen

Salah satu rangkaian skincare pagi yang paling penting digunakan adalah sunscreen. Tanpa sunscreen, semua rangkaian perawatan akan jadi percuma. Sunscreen sangat penting untuk digunakan. Produk ini akan melindungi kulit kita dari paparan bahaya sinar UV yang dapat merusak kulit. Walaupun di dalam rumah, tetap gunakan sunscreen

  1. Face mist

Ketika menggunakan face mist, kulit kita akan terasa lebih lembap dan cerah. Selain itu, face mist juga bisa mengoptimalkan kerja produk perawatan kulit yang kita gunakan, menjadikan makeup lebih tahan lama, serta mencegah kulit wajah menjadi kusam.

  1. Sheet Mask

Produk perawatan kulit yang satu ini sudah sangat populer dan bisa dengan mudah dijumpai. Sheet mask dapat membantu kulit kita jadi lebih glowing walaupun di saat puasa. Karena di saat puasa kita tak melakukan aktivitas sarapan, waktu tersebut bisa digunakan untuk pemakaian sheet mask. Kebiasaan memakai sheet mask dapat membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit sehingga terhindar dari masalah kulit kering.

  1. Lip balm

Tak hanya wajah yang mengalami masalah kulit kering saat berpuasa, bibir juga sering mengalami kekeringan serta pecah-pecah. Karena itu jangan lupa untuk menggunakan lip balm agar kulit bibir sehat. Pilihlah lip balm yang mempunyai kandungan SPF, supaya bibir kita terlindungi dari paparan sinar matahari. Gunakan lip balm sebelum penggunaan lip cream atau lipstick

Itulah cara perawatan kulit di bulan puasa agar terhindar dari masalah kulit kering. Selain asupan nutrisi dan cairan yang cukup, kita bisa menggunakan rangkaian skincare untuk membantu mencegah kekeringan pada kulit. Di sela-sela melakukan perawatan kulit, yuk sisihkan waktu untuk membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Afifah, F. (2020). Cegah kulit kusam dan kering saat puasa dengan 5 hal ini. Diambil kembali dari id.theasianparent.com.

Andriyani, F. (2019). 7 Tips Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa, Skincare hingga Pola Konsumsi saat Sahur dan Buka Puasa! Diambil kembali dari tribunnews.com.

Malik, P. A. (2021). 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing! Diambil kembali dari herworld.co.id.Mukarramah, S. F. (2022). Cegah Kulit Kering saat Puasa, Paginya Pakai 5 Skincare Ini Ya! Diambil kembali dari cewekbanget.grid.id.

Sumber Featured Image : Content Pixie on Unsplash