Waspada, Ini Gejala Kanker Darah dan Cara Mencegahnya

Waspada, Ini Gejala Kanker Darah dan Cara Mencegahnya

Kanker darah adalah penyakit yang terjadi saat sel darah mengalami kondisi yang tidak normal. Biasanya, penyakit ini terjadi pada sumsum tulang yang merupakan tempat untuk memproduksi sel darah. Penyakit ini tidak membentuk benjolan seperti tumor atau kanker pada umumnya sehingga cukup sulit untuk mendeteksinya.

Klik Untuk Donasi - Lahir Tanpa Lubang Anus, Adik Putra Butuh Biaya untuk Operasi Lanjutan!
Atresia Ani
Rakha Putra Gunawan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,275,123
  2. Pencapaian 54.33%
  3. Donatur 82

Daftar isi:

  1. 1. Jenis Kanker Darah
  2. 2. Gejala Kanker Darah
  3. 3. Pencegahan dan Pengobatan

Jenis Kanker Darah

Penyakit ini bisa diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu leukemia, limfoma, dan multiple myeloma. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing penyakit yang menyerang darah tersebut.

Leukimia

Leukemia disebabkan karena produksi leukosit atau sel darah putih yang berlebihan dan abnormal. Penyakit ini bermula di sumsum tulang. Sel darah putih yang normal bisa mati, namun sel leukemia dapat terus hidup dan mengancam sel darah lain.

Jika jumlah sel leukemia ini semakin banyak, maka sel tersebut bisa menyebar ke organ lain. Sel abnormal ini juga bisa menghambat fungsi sel normal lain. Penderita penyakit ini kebanyakan adalah anak-anak. Untuk itu, anak-anak perlu mengkonsumsi makanan pencegah leukemia.

Limfoma

Penyakit ini menyerang sel limfosit yang berfungsi melawan infeksi yang masuk ke tubuh. Limfosit tidak hanya bisa ada pada sumsum tulang tetapi juga pada limpa, kelenjar getah bening, dan bagian tubuh lain. Penderita limfoma akan mengalami penurunan kekebalan tubuh.

Multiple Myeloma

Penyakit ini menyerang plasmosit yang berguna untuk menghasilkan antobodi. Penderita kanker ini akan lebih mudah terkena infeksi. Selain itu, dampak yang lebih serius adalah kerusakan pada ginjal dan tulang.

Gejala Kanker Darah

Ciri-ciri atau gejala kanker darah memang sulit kita kenali karena hampir mirip dengan penyakit lainnya. Namun gejala umum yang sering muncul adalah demam, muntah, sembelit, sakit kepala, berkeringat pada malam hari, serta mudah lelah.

Selain itu, penderita penyakit ini akan mengalami penurunan berat badan, sering terkena infeksi, serta munculnya bintik merah pada kulit. Tidak hanya itu, penderita mungkin juga akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berada pada ketiak atau leher.

Gejala lain yang sering muncul adalah sesak napas dan terjadi pendarahan atau mimisan.

Pencegahan dan Pengobatan

Kita belum dapat mengetahui secara pasti mengenai apa penyebab penyakit ini. Namun, ada beberapa faktor yang diyakini dapat meningkatkan risiko terserang kanker darah. Diantaranya adalah faktor genetik, seseorang dengan gangguan kekebalan tubuh, terpapar pestisida, serta kebiasaan merokok.

Penderita penyakit ini bisa bernafas lega karena ada beberapa metode untuk mengobati kanker ini. Metode pengobatan tersebut meliputi kemoterapi, radioterapi, serta transplantasi sumsum tulang.

Sedangkan, sebagai langkah pencegahan, kamu bisa melakukan kebiasaan hidup sehat. Cara pencegahannya adalah dengan berhenti merokok, mengkonsumsi makanan sehat, dan berolahraga secara rutin. 

Selain itu, kamu juga harus menjaga berat badan agar tetap ideal dengan mengurangi konsumsi lemak, gula, dan karbohidrat. Jika tempat kerja kamu merupakan tempat yang rawan paparan senyawa kimia, pastikan kamu selalu mengenakan alat untuk pelindung diri.

Itulah pembahasan lengkap mengenai penyakit kanker darah meliputi jenis, gejala, serta cara untuk mencegahnya. Proses pengobatan penyakit ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, banyak penderita yang tidak memiliki akses pengobatan karena keterbatasan dana. Untuk itu, Wecare.id memfasilitasi masyarakat yang ingin meringankan beban saudara kita penderita penyakit ini melalui donasi.

Agar kamu bisa lebih mudah untuk melakukan donasi, langsung saja unduh aplikasi WeCare.id melalui Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi WeCare.id, kamu bisa berdonasi mulai dari nominal Rp 1000 saja. Berapapun nominal donasi kamu, pasti sangat berguna untuk mendukung kesembuhan saudara-saudara kita.

Berbagi Untuk Mengabdi

Referensi:

Willi, Tjin. 29 Agustus 2019. Kanker Darah. Alodokter.comFadli, Rizal. 31 Maret 2021. Kanker Darah. Halodoc.com.

Sumber Featured Image : Colin Behrens dari Pixabay