5 Tips Mudah Atasi Dismenore di Rumah

5 Tips Mudah Atasi Dismenore di Rumah

Dismenore merupakan istilah yang digunakan untuk menjabarkan rasa kram pada perut yang dialami oleh wanita haid. Biasanya gejala ini muncul pada perut bagian bawah dan terjadi pada sebelum atau saat mengalami menstruasi.

Normalnya, keram perut ini disebabkan oleh adanya kontraksi otot rahim yang terlalu kuat sehingga menekan pembuluh darah yang ada di dekatnya. Akibatnya, suplay oksigen menuju rahim menjadi terhambat dan timbul perasaan keram atau sakit.

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Ibu Sri Lawan Kanker Serviks!
Kanker Serviks
Sri Rahayu
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,266,020
  2. Pencapaian 35.07%
  3. Donatur 42

5 Tips Mengatasi Dismenore dengan Pengobatan di Rumah

Bagi beberapa wanita, keram perut ini mungkin tidak berarti apa-apa. Namun, ada beberapa wanita yang merasa hal ini mengganggu dan menyiksa hingga sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, berikut kami berikan beberapa tips mengurangi nyeri perut menstruasi dengan pengobatan di rumah.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Ketika nyeri haid datang, ada baiknya kamu memperhatikan setiap makanan yang kamu makan. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa memperparah rasa nyeri menstruasi yang kamu alami.

Sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak, garam, dan gula dengan kadar yang tinggi. Jangan pula coba-coba mengonsumsi minuman bersoda, berkafein, apalagi beralkohol. 

Saat menstruasi, sangat dianjurkan agar kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium. Beberapa makanan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan yang mengakibatkan nyeri menstruasi.

2. Minum Wedang Jahe

Selain beberapa makanan dan minuman yang telah disebutkan di sebelumnya, ternyata wedang jahe juga dapat membantu meredakan dismenore. Kamu bisa meminumnya selagi masih hangat.

Jahe mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit, salah satunya keram perut pada saat menstruasi. Selain itu, wedang jahe juga bisa membantu mengurangi gejala mual yang umumnya juga dialami oleh wanita menstruasi. 

3. Kompres Perut

Kompres perut ternyata dapat membantu untuk meringankan nyeri dismenore pada saat menstruasi. Kamu bisa mengompres bagian bawah perut atau punggung menggunakan handuk kecil yang telah dibasahi air hangat.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan botol yang sudah diisi air hangat untuk mengompresnya.

Mengompres dapat membantu untuk melancarkan aliran darah pada pembuluh darah sehingga otot-otot yang tegang akan menjadi rileks. Selain kompres, kamu juga bisa mencoba untuk berendam di air hangat.

4. Aktif Bergerak

Kita paham betul jika ketika nyeri haid melanda, jangankan ingin beraktivitas, berbicara saja rasanya malas. Namun, perasaan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kamu harus mulai bangkit dan bawalah tubuh agar aktif bergerak.

Meskipun rasanya sakit, kamu tetap perlu memperbanyak mobilisasi termasuk melakukan olahraga kecil. Ketika kamu aktif bergerak, hormon endorphin akan membantu mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan. Selain itu, peredaran darah di tubuh pun akan menjadi lancar jika aktif bergerak.

5. Hindari Stress

Pada saat menstruasi, umumnya para wanita sering tidak dapat mengendalikan emosinya dan berakhir stres. Mereka tidak menyadari jika hal ini justru dapat memperburuk nyeri haid yang dialaminya. Karena itu, usahakan untuk bisa mengelola emosi dengan baik agar tidak stres.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk melakukan berbagai kegiatan positif yang bisa memberikan kesenangan tersendiri pada saat kamu melakukannya. Misalnya, membaca buku, menggambar, nonton film, atau bahkan bernyanyi riang. Beberapa aktivitas tersebut dapat membantu kamu mengalihkan rasa nyeri yang sedang dirasakan.

Merasakan dismenore setiap bulannya memang menyakitkan dan menyiksa. Namun, hal ini belum seberapa jika dibandingkan dengan mereka yang mengidap berbagai penyakit ganas dan membutuhkan pertolongan segera. Mari bantu mereka dengan menyalurkan donasi melalui WeCare.id. Ayo download aplikasinya sekarang dan bantu mereka!

Klik Untuk Donasi - Alami Cacat Bawaan Sejak Lahir, Nasyilla Lahir Tanpa Anus!
Atresia Ani
Nasyila Putri Wijaya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,683,146
  2. Pencapaian 52.60%
  3. Donatur 124

Referensi:

7 Cara Mengurangi Nyeri Haid. (30 Juni 2021). https://www.alodokter.com/7-cara-mengurangi-nyeri-haid 

Dismenore. (27 Desember 2021). Hello Sehat. https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/wanita/menstruasi/dismenore/%3famp=1 

Dismenore. Halodoc. https://www.halodoc.com/kesehatan/dismenore