Kanker Paru-Paru: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Kanker Paru-Paru: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker paling banyak di Indonesia. Salah satu faktor utama pemicu timbulnya kanker paru-paru yaitu merokok. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu kanker paru yaitu terpapar zat kimia, radiasi, dan paparan asap rokok pada perokok pasif (Willy, 2019).

Klik Untuk Donasi - Derita Tuberkulosis Paru dan Kista Ovarium, Rizka Butuh Pertolonganmu Segera!
Tuberkulosis Paru
Rizka Mega Ratna Dila
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,918,499
  2. Pencapaian 6.81%
  3. Donatur 70

Kanker paru-paru merupakan kondisi tumbuhnya sel paru secara abnormal sehingga menimbulkan benjolan dan gangguan fungsi paru. Berikut beberapa penjelasan mengenai gejala kanker paru, penyebab dan cara mencegahnya:

Gejala Kanker Paru-paru

Kanker paru sering tidak dirasakan gejalanya oleh penderita pada fase awal. Para penderita kanker paru sering  baru merasakan gejalanya ketika kanker sudah cukup besar dan menyebar ke area sekitar dan bagian tubuh lainnya. Berikut beberapa gejala kanker paru-paru agar perlu diwaspadai:

1. Batuk

Batuk yang sering dialami penderita kanker paru-paru yaitu batuk yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh. Menurut seorang professor dari Mount Sinai School of Medicine di Kota New York, kanker paru dapat memicu terjadinya iritasi, menyebabkan batuk, dan produksi lendir berlebih di saluran napas (P2PTM Kemenkes, 2018).

2. Batuk Berdarah

Jika kanker paru telah mencapai stadium lanjut, biasanya penderita akan mengalami batuk yang disertai darah karena struktur paru telah mengalami kerusakan.

3. Sesak Napas

Karena struktur paru mengalami kerusakan akibat kanker, maka fungsi paru juga menurun. Hal ini menyebabkan proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam paru juga mengalami gangguan sehingga pasien kanker paru sering mengeluhkan sesak napas.

4. Nyeri Dada

Nyeri dada biasanya merupakan gejala utama penyakit jantung, namun ternyata kanker paru juga menunjukkan gejala yang sama. Nyeri dada pada pasien kanker paru-paru biasanya menunjukkan di mana lokasi kanker itu berada.

5. Merasa Sangat Lelah dan Kehilangan Nafsu Makan

Penderita kanker paru-paru juga sering mengeluhkan rasa lelah yang berlebihan padahal mereka melakukan aktivitas biasa. Selain itu, mereka juga mengeluhkan kehilangan nafsu makan sehingga berat badan mereka cenderung turun secara drastis.

Mengidap Kanker Nasofaring Hingga Sulit Bernafas, Ibu Cucu Butuh Pertolongan Segera!

Penyebab Kanker Paru-paru

Hingga saat ini hal yang disinyalir sebagai penyebab kanker paru adalah kebiasaan merokok. Baik perokok aktif maupun pasif memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami kanker paru dibanding mereka yang tidak terpapar asap rokok. 

Hal lain yang disinyalir sebagai pemicu terjadinya kanker paru yaitu adanya riwayat keluarga yang menderita kanker, sering berada di lingkungan yang penuh paparan zat kimia, dan radioterapi.

Cara Mengobati Kanker Paru-paru

Ada 3 cara mengobati kanker paru-paru, yaitu

  1. Operasi dilakukan untuk mengangkat kanker paru yang masih kecil atau stadium awal.
  2. Kemoterapi yang bertujuan untuk mengecilkan atau membunuh kanker.
  3. Terapi radiasi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker (Mount Elizabeth Hospital, 2022).

Cara Mencegah Terjadinya Kanker Paru

Kanker paru-paru dapat dicegah dengan menghindari berbagai hal yang menjadi pemicunya, antara lain:

  1. Jangan merokok dan hindari asap rokok.
  2. Gunakan alat pelindung diri yang lengkap saat berada di lingkungan yang penuh polusi atau paparan radiasi.
  3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  4. Lakukan olahraga secara teratur, minimal selama 30 menit.
  5. Konsumsi makanan yang dapat menghalau kanker.

Klik Untuk Donasi - Derita Kanker Testis dan Tumor Paru, Hilarius Butuh Pertolonganmu Segera!
Kanker Testis, Tumor Paru
Hilarius Fernando Gultom
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.731,000
  2. Pencapaian 6.93%
  3. Donatur 15

Saat ini banyak saudara kita yang sedang berjuang melawan kanker paru-paru. Kamu bisa turut serta meringankan beban mereka dengan melakukan donasi untuk pengobatan mereka melalui WeCare.id. Yuk download aplikasinya

Referensi:

Mount Elizabeth Hospital. (2022). Kanker Paru. https://www.mountelizabeth.com.sg/id/facilities-services/centre-excellence/cancer/lung-cancer

P2PTM Kemenkes. (2018). Gejala Kanker Paru yang Sering Diabaikan – Direktorat P2PTM. 2018. http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-penyakit/gejala-kanker-paru-yang-sering-diabaikan

Willy, T. (2019). Kanker Paru-paru – Gejala, penyebab dan mengobati – Alodokter. 2019. https://www.alodokter.com/kanker-paru-paru