Dahsyatnya Sedekah dalam Pandangan Agama Islam

Dahsyatnya Sedekah dalam Pandangan Agama Islam

Bagi umat Islam, kata sedekah pasti sudah sangat umum didengar maupun diucapkan. Namun, tak banyak umat Islam yang mengetahui makna di balik amalan istimewa yang satu ini. Kebanyakan orang masih menganggap bahwa sedekah itu sekedar membagikan harta atau materi. 

Padahal, dalam agama Islam, itu lebih dari sekedar materi, melainkan bisa juga berupa non materi. Bila umat Islam senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak manfaat yang bisa diperolehnya.

Nah, mau tahu tentang serba serbi sedekah? Simak artikel ini yang akan membahas tentang pengertian, keutamaan, serta manfaatnya!

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Sedekah?
  2. 2. Keutamaan Sedekah
  3. 3. Manfaat Sedekah

Apa Itu Sedekah?

Kata ini diambil dari bahasa Arab yakni, shadaqah yang berasal dari sidiq (kebenaran). Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sedekah adalah pemberian sesuatu, baik itu berupa materi maupun non materi, kepada fakir miskin atau orang lain yang lebih membutuhkan. 

Allah SWT menyukai hamba-Nya yang senantiasa ikhlas menyedekahkan sebagian miliknya kepada sesama. Itulah sebabnya amalan ini menjadi salah satu amalan yang dahsyat keutamaan dan manfaatnya. Hal ini terbukti dari banyaknya firman Allah SWT yang menyebutkan tentang amalan ini. Di antaranya Q. S. Al-Baqarah ayat 261:

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang yang menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah ialah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada masing-masing bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) Lagi Maha Mengetahui.”

Keutamaan Sedekah

Beberapa keutamaan sedekah bagi orang yang mengamalkannya adalah sebagai berikut:

Melipatgandakan Harta dan Pahala

Meskipun tampaknya dengan bersedekah jumlah harta kita berkurang, namun esensinya justru akan menambah pahala Anda di sisi Allah SWT dan akan terus berlipat ganda. Seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Muslim yang artinya, “Shadaqah tidaklah mengurangi harta.” 

Menghapus Dosa

Keutamaan selanjutnya adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kita dan digantikan dengan pahala yang berlimpah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Shadaqah itu dapat menghapus dosa seperti air (itu) memadamkan api.” (H.R. At-Tirmidzi). Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk konsisten melakukan amalan tersebut.

Terpelihara dari Siksa Api Neraka

Dengan terhapusnya dosa-dosa dari amalan ini, maka amalan ini pun juga mampu memelihara diri kita dari siksaan api neraka. Mengingat pahala berlipat ganda yang kita peroleh dari sedekah juga akan bisa mengantarkan kita menuju pintu surga. 

Apalagi jika yang dilakukan adalah sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meski telah meninggal. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Jauhkan dirimu dari api neraka meskipun hanya dengan (shadaqah) sebutir kurma.”

Manfaat Sedekah

Selain keutamaan, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bersedekah. Di antaranya:

Memperoleh Syafaat di Hari Kiamat

Dengan bersedekah, seseorang akan memperoleh syafaat di hari kiamat kelak. Hal ini sesuai dengan hadits yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda tentang tujuh golongan manusia yang mendapat syafaat di hari akhir. Dan salah satunya adalah orang yang bersedekah.

Menambah Keberkahan Harta

Manfaatnya tidak bisa dihitung dengan logika matematika. Bahkan, para ulama menyebutkan bahwa seseorang yang bersedekah, justru hartanya akan bertambah keberkahannya serta menghindarkan ia dari bahaya. Harta yang dikeluarkan saat bersedekah diganti dengan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.

Menenteramkan Hati

Bagi orang yang terbiasa mengamalkannya, bersedekah menjadi sarana untuk menentramkan hati. Pasalnya, dengan bersedekah mampu menciptakan rasa senang, tenang, dan hati yang lapang. 

Kesimpulan

Nah, mengingat pentingnya mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, maka sisihkan sebagian harta kamu mulai dari sekarang untuk orang lain yang lebih berhak menerimanya. Kunjungi Wecare.id dan mulailah bersedekah. Aplikasi WeCare.id juga bisa kamu unduh di Playstore mempermudah jalan kamu untuk melakukan kebaikan.

Referensi

BAZNAS. tt. Definisi Sedekah. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://baznas.go.id/sedekah

Wida Kurniasih. 2021. Macam-Macam Sedekah: Pengertian, Keutamaan, dan Manfaat. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.gramedia.com/best-seller/macam-sedekah/ Cholif Rahma. 2021. 14 Manfaat Sedekah, Membuat Hati yang Tentram Hingga Syafaat di Akhirat. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.orami.co.id/magazine/sedekah/

Sumber Featured Image : Myriams-Fotos dari Pixabay