Perlengkapan Mobil Rescue yang Wajib Ada

Perlengkapan Mobil Rescue yang Wajib Ada

Mobil rescue merupakan mobil yang digunakan untuk misi khusus penyelamatan dan menunjang kinerja tim SAR. Mobil rescue harus dilengkapi berbagai peralatan khusus yang dapat digunakan untuk menunjang kinerjanya. 

Klik Untuk Donasi - Transportasi Antar Jemput Anak Asuh
  1. Terdanai Rp.629,000
  2. Pencapaian 0.24%
  3. Donatur 5

Jenis Mobil Rescue

Mobil rescue terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

1. Mobil Rescue Tipe 1

Mobil ini dirancang untuk melakukan reaksi cepat dan dilengkapi kompartemen serta peralatan SAR. Spesifikasi kendaraan tipe ini yaitu mobil double cabin dengan kapasitas mesin minimal 2900 cc.

2. Mobil Rescue Tipe 2

Mobil ini dirancang untuk mengangkut orang, peralatan penyelamatan dan perlengkapannya.

3. Rapid Deployment Land SAR Unit

Mobil yang dirancang khusus untuk mengangkut anggota tim SAR.

4. Ambulance

Mobil berjenis mini bus yang dirancang sebagai kendaraan pengangkut korban yang dilengkapi berbagai peralatan medis untuk menunjang misi penyelamatan bagi korban.

Selain mobil rescue, kendaraan darat lain yang digunakan dalam misi penyelamatan atau reaksi cepat yaitu truk personil dan sepeda motor. Truk personil digunakan untuk mengangkut tim SAR dalam jumlah banyak, sedangkan sepeda motor digunakan untuk menjangkau wilayah yang tidak bisa dilewati mobil atau truk (Badan & Nasional, 2012).

Perlengkapan Mobil Rescue

Perlengkapan mobil rescue yang wajib ada untuk menunjang tindakan reaksi cepat dan mengupayakan keselamatan yaitu:

1. Peralatan Pencarian

Set alat navigasi yang terdiri dari Kompas, peta, plotter, jangka, penggaris, alat tulis, GPS, dan tas alat navigasi.

2. Peralatan Deteksi Korban

Beberapa peralatan deteksi korban yaitu alat pendeteksi suara, pendeteksi lokasi, teleskop, breaching system, dan thermal imaging camera.

3. Peralatan Pertolongan

Peralatan pertolongan terdiri dari alat ekstraksi penyelamatan dan peralatan medis. Peralatan ekstraksi penyelamatan antara lain: tas pengangkut, set peralatan pertolongan pertama, rescue cutter portable, cutting metal system, alat pemotong kabel, kampak, alat dobrak, gergaji mesin, dan linggis. Sementara peralatan medis yang wajib ada yaitu set alat pertolongan pertama medis, neck collar, air splint, masker, Kendrick Extrication Device (KED). Selain itu mobil rescue juga harus dilengkapi set peralatan kegawatdaruratan medis yang mencakup set alat pembebasan jalan napas, set peralatan luka, set alat bedah, alat diagnostik, alat immobilisasi, set perawatan luka bakar, set alat infus, dan gunting. Di dalam ambulance gawat darurat sebaiknya juga dilengkapi defibrillator dan monitor EKG (Sutrisno, 2021).

4. Peralatan Evakuasi

Peralatan evakuasi darat yang perlu dibawa dalam mobil rescue antara lain peralatan pendakian gunung yang mencakup carabiner screwgate ukuran standar dan besar, delta MR, rigging plate, full body harness, accender handle dan non handle, in panic decender, rescue sender, sarung tangan, blocking pulley, jangkar batu dan beton, webbing, gear bag, roller edge, dan tas kermantel statik.

Tandu evakuasi yang sering dibutuhkan yaitu tandu kanvas (Folding stretcher), tandu skup (Scoop stretcher), tandu basket (basket stretcher), dan papan tandu tulang belakang (spine board).

5. Peralatan Pendukung

Beberapa alat pendukung yang menunjang kinerja tim reaksi cepat di lapangan antara lain: generator dan lampunya, tenda regu dan tenda peleton, megaphone sebagai alat komunikasi massa, kamera dan handycam, serta ala komunikasi lapangan lainnya (Badan & Nasional, 2012).

Mobil rescue sangat dibutuhkan di Indonesia karena negara kita termasuk negara yang rawan bencana. Jika kamu tertarik untuk melakukan donasi untuk daerah yang terkena bencana, kamu bisa salurkan bantuanmu melalui wecare.id. Semakin mudah dengan unduh Aplikasi WeCare.id di PlayStore atau AppStore. Semoga bermanfaat.

Klik Untuk Donasi - Alami Radang Sendi di kedua Lutut, Ibu Netty Butuh Bantuanmu Segera!
Radang Sendi
Netty Friska Deliana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.802,000
  2. Pencapaian 38.01%
  3. Donatur 16

Referensi:

Badan, K., & Nasional, S. A. R. (2012). Standarisasi Sarana SAR dalam Lingkungan Badan SAR Nasional.

Sutrisno. (2021). Perlengkapan Mobil Ambulance Yang Harus Ada – Karoseri Ambulance. https://karoseriambulance.com/perlengkapan-mobil-ambulance/