Wajib Tahu, 5 Makanan Tinggi Kolagen dan Manfaatnya

Wajib Tahu, 5 Makanan Tinggi Kolagen dan Manfaatnya

Kolagen merupakan protein berserat yang sepertinya sudah menjadi salah satu komposisi yang tak pernah absen dalam produk perawatan wajah. Namun, tahukah kamu bahwa tubuh juga bisa mendapatkan khasiat protein tersebut dari makanan alami? Simak di bawah ini!

Klik Untuk Donasi - Sebagian Wajahnya Rusak Akibat Tumor Ganas di Pipinya, Mesdalena Butuh Bantuanmu!
Tumor
Mesdalena
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.909,650
  2. Pencapaian 5.27%
  3. Donatur 32

5 Makanan yang Mengandung Kolagen

Berikut ini beberapa jenis makanan yang paling banyak mengandung jenis protein berserat tersebut:

1. Ayam

Daging ayam merupakan sumber makanan yang mengandung asam amino. Jenis asam inilah yang membentuk protein berserat. Sebagian besar kandungan protein ini berasal dari tulang rawan dan jaringan ikatnya.

2. Kaldu Tulang

Kaldu tulang ayam ataupun sapi termasuk sumber protein berserat yang populer. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara merebus tulang selama 12 jam. Semakin lama, semakin tinggi pula kandungan protein berseratnya.

3. Ikan

Kandungan protein di dalam ikan termasuk yang paling berkualitas. Beberapa ahli meyakini bahwa protein berserat di dalam ikan jauh lebih mudah dicerna dibanding yang terdapat di sumber makanan lainnya.

4. Putih Telur

Putih telur merupakan sumber protein paling tinggi. Pasalnya, sebutir telur berukuran besar mengandung kurang lebih 6.2 gram protein dan bisa memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 10%. Putih telur juga mengandung zat pembentuk protein berserat, yakni asam amino.

5. Paprika Merah

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi utama penyusun protein berserat. Paprika merah adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin C secara alami. Pada umumnya, semua jenis paprika sama-sama bergizi. Namun, papria merah lah yang mengandung paling banyak vitamin C.

Sedia Pangan untuk Yatim Dhuafa dan Santri Penghafal Quran

5 Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Tak hanya bermanfaat bagi kulit, protein berserat juga memberikan manfaat lain. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Membentuk Otot

Protein berserat merupakan komponen utama pembentuk jaringan otot. Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung protein tersebut bisa membantu menguatkan otot tubuh. Tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan olahraga yang teratur.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Selain membentuk otot, protein berserat juga bisa menyehatkan tulang dan persendian. Sebab itulah mengonsumsi makanan yang mengandung protein tersebut dipercaya bisa menyembuhkan masalah nyeri sendi.

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Penderita radang usus umumnya memiliki tingkat protein berserat yang lebih rendah. Protein ini sendiri terletak di bagian jaringan ikat usus yang berfungsi untuk melindungi saluran pencernaan. Itulah sebabnya protein berserat bisa meningkatkan pencernaan.

4. Mengurangi Stretch Mark

Stretch mark atau selulit bisa muncul di permukaan kulit karena banyak hal. Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2015, mengonsumsi makanan protein berserat dalam bentuk suplemen selama 6 bulan bisa mengurangi selulit.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Protein berserat mampu memperkuat setiap struktur pembuluh darah. Dengan struktur yang kuat, maka dari yang dipompa dari jantung bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh dengan lebih baik, termasuk ke sel-sel kulit.

Itulah lima jenis bahan makan tinggi kolagen beserta manfaatnya. Setiap bahan makanan di atas merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan asupan protein berserat. Dengan konsumsi yang seimbang, khasiat yang diberikan tentu tidak perlu diragukan lagi.

Kekurangan protein berserat bisa berpotensi buruk pada kesehatan. Sayangnya, tak semua orang cukup beruntung untuk mendapatkan asupan gizi yang baik. Namun dengan uluran tanganmu di WeCareID, kamu bisa membantu mereka untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Tunggu apa lagi, unduh aplikasi WeCareID sekarang juga! 

Klik Untuk Donasi - Buruh Setrika Alami Tumor di Wajahnya, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Bantu Bu Nina!
Tumor
Nina Sumiati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.691,000
  2. Pencapaian 1.72%
  3. Donatur 19

Referensi

Afifah, Mahardini Nur. (2020, 06 Juni). Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://health.kompas.com/read/2020/06/06/055900968/13-makanan-yang-mengandung-kolagen-tinggi

Lestari, Dyah Ayu. (2021, 05 Agustus). 7 Makanan Sumber Kolagen yang Baik untuk Kulit. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/makanan-yang-mengandung-kolagen/

Quamila, Ajeng. (2021, 05 Agustus). Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Plus Sumber Makanannya. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-kolagen/