11 Manfaat Skipping bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Skipping bagi Kesehatan Tubuh

Skipping merupakan olahraga yang mudah dan murah. Meskipun demikian, skipping ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Olahraga ini tidak hanya praktis, namun juga bisa dilakukan sewaktu-waktu. Tertarik untuk mengetahui manfaat skipping bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ragam manfaatnya berikut ini:

Daftar isi:

  1. 1. Melatih Fokus dan Koordinasi
  2. 2. Menguatkan Otot Kaki dan Mengurangi Risiko Cedera
  3. 3. Membakar Kalori dengan Cepat
  4. 4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  5. 5. Meningkatkan Kesehatan Paru
  6. 6. Mengoptimalkan Perkembangan Otak
  7. 7. Meningkatkan Kemampuan untuk Tenang
  8. 8. Melancarkan Sirkulasi Darah dan Mengurangi Risiko Stroke
  9. 9. Mengurangi Lemak yang Menumpuk di Perut dan Paha
  10. 10. Meningkatkan Kemampuan Berpikir
  11. 11. Meningkatkan Kepadatan Tulang
Klik Untuk Donasi - Bantu Makanan Bergizi Untuk Anak di Pedalaman Papua
  1. Terdanai Rp.175,000
  2. Pencapaian 0.10%
  3. Donatur 4

Melatih Fokus dan Koordinasi

Skipping merupakan olahraga yang dilakukan dengan melompat tali. Ketika melakukan olahraga skipping maka otak akan dilatih untuk konsentrasi dan koordinasi dengan gerak kaki. Semakin lama melakukan skipping, maka otak, tangan, dan kaki akan semakin terlatih untuk berkoordinasi. 

Menguatkan Otot Kaki dan Mengurangi Risiko Cedera

Manfaat skipping berikutnya yaitu menguatkan otot kaki. Latihan skipping secara rutin dapat membantu menguatkan otot kaki dan melenturkan sendi pada kaki. Hal ini membantu mengurangi cedera pada area tersebut.

Membakar Kalori dengan Cepat

Manfaat skipping lainnya yaitu dapat membakar kalori dengan cepat. Dibanding dengan melakukan lari atau joging, skipping ternyata dapat membakar kalori lebih banyak dengan durasi latihan yang sepadan. Dalam satu jam latihan skipping, kalori yang terbakar sekitar 1300.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Skipping juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru. Untuk mendapatkan manfaat ini, dianjurkan melakukan olahraga skipping selama 12 hingga 20 menit dengan frekuensi latihan sebanyak lima kali dalam seminggu (Kurniawan, 2020).

Meningkatkan Kesehatan Paru

Organ pernapasan yaitu paru juga mendapatkan manfaat dari olahraga skipping. Skipping dapat meningkatkan kapasitas vital paru dan efisiensi pernapasan. Orang yang sering melakukan olahraga skipping tidak mudah kehabisan napas ketika melakukan olahraga atau aktivitas berat.

Mengoptimalkan Perkembangan Otak

Manfaat skipping yang lain yaitu mampu membantu mengoptimalkan perkembangan otak. Skipping secara teratur dapat membantu otak kanan dan kiri berkembang secara seimbang dan optimal. Selain itu, latihan secara teratur juga dapat meningkatkan daya ingat, kewaspadaan, dan kesadaran spasial.

Meningkatkan Kemampuan untuk Tenang

Skipping merupakan olahraga yang melatih konsentrasi dan ketenangan. Tempo yang senada ketika melompat dengan durasi tertentu dapat melatih seseorang untuk fokus dan tetap tenang.

Melancarkan Sirkulasi Darah dan Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat skipping lainnya yaitu dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot jantung. Peredaran darah yang lancar dapat menurunkan risiko terjadinya hipertensi, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Derita Penyakit Tuberkulosis Limfadenopati, Pak Rahman Mengharapkan Bantuanmu!

Mengurangi Lemak yang Menumpuk di Perut dan Paha

Skipping juga dapat membantu mengurangi lemak yang menumpuk di perut dan paha jika dilakukan secara teratur.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Skipping dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk peredaran darah ke otak. Selain itu, skipping juga melatih otak untuk menepati ritme, berkoordinasi, dan menjaga keseimbangan. Selain itu, otak juga dilatih untuk mengidentifikasi jarak, arah, posisi, dan ketepatan tali dengan tangan dan kaki. Hal ini dapat membantu otak terlatih dan meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat skipping lainnya yaitu membantu menjaga kesehatan tulang dengan cara meningkatkan kepadatannya. Tulang yang padat dan kuat dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Namun, bagi orang yang pernah mengalami osteoporosis, patah tulang, atau dislokasi pada area kaki harus mengonsultasikan kepada dokter terlebih dulu sebelum melakukan olahraga skipping (Setiaji, 2020).

Demikian ragam manfaat skipping bagi kesehatan tubuh. Yuk, jaga kesehatan tubuh dan jangan lupa berdonasi untuk saudara kita yang sakit dan membutuhkan bantuan. Donasi mudah, praktis, dan amanah di Wecare.id. Kamu bisa berdonasi atau menggalang dana melalui web atau aplikasi Wecare.id.

Semua hasil donasi dan penggalangan dana akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Donasi bisa dimulai dari 1000, yuk Download aplikasinya di Google Store atau App Store untuk memudahkan donasi kamu.

Klik Untuk Donasi - Gizi Adik-Adik Disabilitas Mulai Memburuk
  1. Terdanai Rp.300,000
  2. Pencapaian 1.30%
  3. Donatur 6

Referensi

Kurniawan, A. (2020). 9 Manfaat Skipping bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Menyehatkan Jantung | merdeka.com. 2020. https://www.merdeka.com/jabar/9-manfaat-skipping-bagi-tubuh-turunkan-berat-badan-hingga-menyehatkan-jantung-kln.html

Setiaji, A. (2020). 13 Manfaat Skipping (Lompat Tali) bagi Kesehatan. 2020. https://doktersehat.com/manfaat-skipping/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *