Ventilator Mekanik: Pengertian beserta Manfaatnya

Ventilator Mekanik: Pengertian beserta Manfaatnya

Ketika gangguan pernapasan atau paru-paru berat terjadi, ventilator mekanik sering dibutuhkan. Apalagi sejak pandemi banyak pasien penderita Covid-19 kesulitan bernapas. Alat bantu ini akan mengambil alih kerja otot-otot untuk bernapas. Sebenarnya apa itu ventilator, indikasi pemasangan, dan manfaatnya? Yuk, simak informasinya.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Ventilator Mekanik
  2. 2. Indikasi Pemasangan
  3. 3. Manfaat

Pengertian Ventilator Mekanik

Ventilator mekanik merupakan alat bantu atau mesin yang berfungsi untuk membantu atau menunjang pernapasan seseorang agar mendapat pasokan oksigen. Mesin ini menjadi salah satu upaya penanganan untuk pasien dengan gangguan pernapasan. Ketika ventilator dipasang, mesin akan mengambil alih kerja otot-otot untuk bernapas. 

Mesin ventilator ini didesain untuk mengubah dan mengirimkan energi dalam bentuk listrik atau gas. Listrik atau gas tersebut akan dikompresi dan ditransmisikan. Alat ini juga membantu proses menghirup dan mengembuskan napas pasien. Dengan keberadaan alat ini, pasien akan mendapatkan udara dan mampu bernapas dengan normal. 

Bantu UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Indikasi Pemasangan

Ketika ventilator dipasang pasien mengalami beberapa indikasi atau kondisi. Adapun beberapa indikasi yang mengharuskan pasien untuk tetap menggunakan alat bantu pernapasan ini adalah sebagai berikut:

  1. Pasien dengan gagal napas

Indikasi pemasangan ventilator mekanik yang pertama adalah ketika pasien mengalami gagal napas, henti napas, ataupun hipoksemia (rendahnya kadar oksigen di dalam darah). Penyebab hal tersebut bisa dikarenakan kerusakan paru. Otot pernapasan menjadi lemah dan terjadi kegagalan memompa udara. Pemberian oksigen tidak mampu mengatasi kondisi tersebut pada pasien. Oleh karena itu, tindakan pemasangan ventilator diperlukan.

  1. Disfungsi neurologis

Indikator selanjutnya adalah ketika pasien mengalami disfungsi neurologis. Pasien dengan kondisi disfungsi neurologis berisiko mengalami terhentinya pernapasan secara tiba-tiba (apnea). Hal tersebut sering terjadi berulang-ulang. Ventilator dipasang untuk menjaga jalan napas pada pasien.

  1. Insufisiensi jantung 

Penyebab pasien dipasang ventilator mekanik bukan hanya karena memiliki kelainan pernapasan primer. Namun, adanya kondisi serangan jantung yang mendadak (syok kardiogenik), strok, gagal jantung, atau henti jantung mengharuskan penggunaan ventilator. 

Ketika kondisi ini terjadi, pasien mengalami kelemahan otot pernapasan. Pemberian ventilator dapat mengurangi beban kerja sistem pernapasan serta beban kerja jantung.

  1. Tindakan operasi 

Tindakan operasi mengharuskan dokter untuk memberikan pasien anestesi dan sedatif. Pasien akan mengalami pembiusan total. Keberadaan ventilator memudahkan proses pemberian anestesi dan sedatif. Pemasangan ventilator juga menjadi tindakan pencegahan risiko gagal napas pada pasien selama operasi. Dengan adanya penggunaan ventilator, risiko gagal napas selama operasi bisa ditangani.

Manfaat

Ketika dokter memasang ventilator pada pasien berarti pasien tersebut mengalami kesulitan untuk bernapas. Apalagi di masa pandemi, banyak penderita Covid-19 mengalami kegagalan dalam bernapas. Berikut ini merupakan manfaat penggunaan ventilator mekanik.

  1. Membantu pasien untuk mendapatkan oksigen agar dapat bernapas secara normal
  2. Memompa udara untuk penyaluran oksigen ke paru-paru pasien
  3. Membantu proses pengaturan menghirup dan mengembuskan napas pasien
  4. Membantu memompa udara keluar dari paru-paru

Inilah penjelasan terkait tentang apa itu ventilator mekanik, indikasi pemakaian ventilator, hingga manfaatnya. Ventilator merupakan alat bantu untuk menunjang dan memudahkan pasien yang mengalami kesulitan bernapas. 

Namun, perlu diketahui ventilator hanya alat bantu pernapasan dan bukan alat untuk mengobati. Ketika pasien menderita penyakit berat, dokter akan memberikan perawatan dan pengobatan bersamaan dengan penggunaan ventilator.

Melihat banyaknya pasien dengan ventilator di tubuh membuat kita terenyuh. Mereka sedang berjuang untuk menyembuhkan penyakit berat. Namun, kondisi keuangan yang minim membuat mereka kesulitan untuk berobat. 

Mari kita bantu meringankan beban biaya pengobatan mereka dengan ikut menggalang dana atau berdonasi di Wecare.id. Donasi dari kamu memberikan harapan kesembuhan. Untuk memudahkan donasi di mana dan kapan saja, kamu bisa download aplikasi Wecare.id dan instal di ponsel pintar.

Klik Untuk Donasi - Bersama Lawan COVID-19, Bantu Masyarakat Terdampak
  1. Terdanai Rp.3,913,099
  2. Pencapaian 3.39%
  3. Donatur 100

Referensi

Setyana, Michael Kevin Robby. (2019, 31 Juli). Mengenal Ventilator, Manfaat, dan Kekurangannya. Diakses pada tanggal 08 Desember 2021, dari https://www.alodokter.com/mengenal-ventilator-manfaat-dan-kekurangannya

CNN Indonesia. (2020, 27 Maret). Mengenal Ventilator dan Kegunaannya untuk Pasien Covid-19. Diakses pada tanggal 08 Desember 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200327113211-255-487437/mengenal-ventilator-dan-kegunaannya-untuk-pasien-covid-19