Telah Terbukti, Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Telah Terbukti, Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Hampir semua jenis masakan Indonesia mengandung bawang putih. Selain sebagai bumbu dapur, bawang juga bermanfaat untuk kesehatan. Dalam sekitar 100 gram bawang terdapat sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, kalsium, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Klik Untuk Donasi - Mata Kanan Farhan Tertusuk Hingga Tak Bisa Melihat, Bantuanmu sangat diharapkan!
Ulkus Kornea
M. Farhan Margolang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.925,200
  2. Pencapaian 8.01%
  3. Donatur 33

Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat tumbuhan bernama latin Allium sativum ini sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah khasiat yang bisa didapatkan dari umbi-umbian yang satu ini.

Mengendalikan Tekanan Darah

Bawang dipercaya menjadi obat mujarab bagi penderita hipertensi. Bahkan khasiatnya setara dengan obat-obatan hipertensi generik. Menurut penelitian, bawang mentah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Efek ini nyaris sebanding dengan mengonsumsi obat atenolol.

Manfaat tersebut berasal dari allicin yang terkandung dalam bawang mentah. Oleh sebab itu mengunyah bawang putih secara langsung sangat dianjurkan. Cara ini membuat tubuh bisa menyerap allicin dengan lebih mudah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi bawang putih berpotensi baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Uniknya, manfaat ini bisa didapatkan secara efektif pada ekstrak bawang yang sudah dikeringkan. Ekstrak tersebut membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang bisa memicu serangan jantung.

Bukan hanya itu, sulfur yang terkandung di dalam bawang juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bawang bisa melindungi para penderita diabetes dari penyakit otot jantung.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi bawang secara rutin juga bisa mengurangi risiko kanker, seperti kanker perut, kanker payudara, dan kanker kerongkongan. Hal ini karena bawang mengandung sulfur aktif yang mampu mencegah terjadinya pembentukan maupun penyebaran sel kanker. 

Manfaat tersebut bisa diperoleh secara efektif apabila bawang dikonsumsi secara mentah. Bukan hanya itu saja, bawang juga mengandung allicin yang dipercaya memiliki sifat antikanker dan juga kaya akan antioksidan.

Menjaga Kesehatan Otak

Rutin mengonsumsi bawang putih ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, namun juga otak. Menurut para peneliti dari Universitas Missouri, kandungan FruArg (turunan karbohidrat) pada bawang bisa memberikan efek perlindungan pada sel-sel otak dari penuan.

FruArg berfungsi meningkatkan jumlah sel mikroglia pada otak. Sel tersebut mampu menjaga seluruh kesehatan sistem saraf. FruArg dalam bawang akan membuat sel-sel otak lebih kebal terhadap kondisi neurologis, seperti Alzheimer.

Bawang sudah lama dianggap sebagai salah satu obat alami untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi 1-2 siung bawang setiap hari mampu membantu menurunkan kolesterol secara drastis.

Khasiat yang fantastis tersebut diperoleh dari kandungan allicin pada bawang. Akan tetapi, senyawa tersebut hanya bisa didapatkan ketika bawang dikonsumsi secara dikunyah. Allicin juga berfungsi mencegah enzim yang bisa menimbulkan kolesterol.

Bantu Ibu Siti Lunasi Biaya Tunggakan Persalina Buah Hatinya!

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan susu saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bawang berwarna putih ini juga berpotensi menjaga kesehatan tulang berkat kandungan flavonoidnya. Senyawa ini mampu membantu pembentukan tulang dan mencegah pengeroposan.

Penggunaan ekstrak bawang yang dikeringkan juga bermanfaat bagi perempuan yang sudah mengalami menopause. Flavonoid pada ekstrak bawang berkhasiat mengurangi risiko osteoporosis akibat menurunnya kadar hormon estrogen.

Selain enam manfaat di atas, bawang putih masih menyimpan khasiat lainnya, seperti mengatasi rambut rontok, kulit berjerawat, bahkan mencegah kelahiran prematur. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara lebih optimal dengan cara mengonsumsinya secara mentah.

Meski memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, bawang tetap tidak bisa menggantikan peran obat secara keseluruhan. Obat memang tidak pernah murah. Namun kamu bisa membuatnya menjadi lebih mudah didapatkan oleh orang-orang yang membutuhkan dengan cara berdonasi melalui aplikasi WeCareID

Referensi

Garcia, Valda. (2021, 31 Maret). Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3034932/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan

Mulachela, Husen. (2021, 3 September). 10 Manfaat Bawang Putih untuk  Kesehatan. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://katadata.co.id/redaksi/berita/6131c6651ab69/10-manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan

Saputri, Nanda. (2021, 02 November). 10 Manfaat Mengejutkan Makan Bawang Putih Mentah. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-bawang-putih-mentah/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *