Self-Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

Self-Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

Memiliki rutinitas yang padat atau pekerjaan yang menekan dapat menjadi pemicu untuk kamu merasa stress. Jika sudah begini, tentu penting untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang dapat mereduksi stress. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan diri atau self-care

Merupakan bagian dari self-love, self-care tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang menghabiskan uang seperti liburan ke luar kota atau makan-makan di restoran kenamaan. Self-care bisa saja dilakukan dari rumah, melalui hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan hatimu. Bahkan, self-care yang sederhana sekali pun dapat membantu mengurangi stress, mengatasi kecemasan, dan jika dilakukan secara rutin dapat menjadi pengingat bahwa kamu layak untuk bahagia.

Beberapa kegiatan di bawah ini dapat menjadi pilihanmu untuk melakukan self-care di rumah. Simak, yuk!

Berolahraga

Semua orang pasti mengetahui baiknya olahraga untuk kesehatan. Jika dilakukan setiap hari, olahraga dapat membantu kesehatan fisik dan mental. 

Kamu tidak perlu repot pergi ke gym untuk berolahraga, karena ada banyak jenis olahraga yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, melatih kekuatan dengan menggunakan beban seperti barbel, bahkan melakukan yoga. Banyak juga contoh dan arahan olahraga di berbagai platform sosial media seperti Instagram maupun Youtube yang dapat kamu tiru. 

Makan Makanan Bergizi

Saat merasa stress, manusia suka membuat pengecualian dengan konsumsi makanan yang gizinya rendah, minuman kadar gula tinggi, hingga soda. Namun ketahuilah, mengisi tubuhmu dengan cemilan seperti ini tidak akan memberimu energi dan nutrisi untuk tetap bugar. 

Mengonsumsi deretan makanan di atas bukannya dilarang. Namun ada baiknya kamu membatasi hal-hal itu. Coba konsumsi lebih banyak makanan bergizi seperti buah-buahan. Jika ingin makanan yang manis, coba santap buah-buahan itu dengan sesendok selai kacang atau yoghurt favoritmu. 

Pampering atau Memanjakan Diri Sendiri

Tidak perlu berangkat ke klinik kecantikan untuk melakukan pampering atau perawatan untuk memanjakan diri. Kamu bisa kok, melakukannya di rumah supaya lebih percaya diri. 

Nyalakan aromaterapi favoritmu, berendam atau mandi dengan air hangat, hingga menggunakan masker wajah di sela-sela waktu. 

Menonton film di Platform Video on Demand

Menonton film bisa sangat membantu untuk mereduksi stress dan kecemasan karena rutinitas tertentu. Di platform video on demand seperti Netflix misalnya, ada banyak film yang bisa memberimu inspirasi, menghibur hingga membuatmu tertawa. 

Jika kamu memiliki waktu luang cukup panjang, coba sekali-kali lakukan movie marathon. Siapkan juga cemilan favorit kamu untuk menemani di sepanjang film. 

Tidak Melihat Unggahan yang Membuat Kesal di Media Sosial 

Salah satu bentuk self-care yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak melihat unggahan yang membuat kesal di media sosial. Bayangkan ketika harimu sudah melelahkan, lalu kamu melihat unggahan yang mengesalkan, tentu yang terjadi selanjutnya adalah kamu yang semakin stress. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa unfollow akun-akun yang dapat memicu perasaan negatif tersebut. Lalu mute kata-kata yang berkaitan dengan isu-isu panas yang membuatmu kesal. Jika ingin lebih tenang, kamu bisa juga mematikan notifikasi media sosial di handphone-mu. 

Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak dan berkualitas dapat memberikan efek yang besar pada dirimu, baik secara emosional maupun fisik. Sebaliknya, kurang tidur akan menimbulkan masalah kesehatan yang salah satunya adalah stress. (Taufiqurrahman, 2015).

Ketika kamu bisa tidur cukup selama kurang lebih 8 jam setiap harinya, maka kamu dapat mengistirahatkan pikiran dan mengisi ulang energi dalam tubuhmu, sehingga kamu siap untuk menjalani hari yang baru. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan gula di malam hari sebelum tidur. 

Setiap orang memang melakukan self-care tergantung dengan preferensi dan caranya masing-masing. Namun pada intinya, lakukanlah hal-hal yang dapat meningkatkan mood dan semangatmu. 

Nah, selain mengetahui tip self-care, kamu juga bisa mendapatkan tip lain yang bermanfaat untuk kesehatan mentalmu dengan mengunduh aplikasi WeCareID hanya di Play Store atau App Store. Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat berbagi dengan sesama dan membantu mereka untuk sembuh. Dengan WeCareID, jadilah pribadi yang bahagia dan bermanfaat.

Klik Untuk Donasi - Tak Punya Biaya Beli Kantong Kolostomi, Sharga Pakai Kantong Plastik Kiloan sebagai Penggantinya!
Hirschprung Disease
Ahmad Sharga
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,857,000
  2. Pencapaian 11.13%
  3. Donatur 55

Sumber:

  1. Charisiou, Anastasia. (2021). Simple Self-Care: Nourish Your Soul. Washington: Amazon
  2. Taufiqurrohman. (2015). Berdamai dengan Stress. Jakarta: Pusatil

Sumber Featured Image : Mylene2401 dari Pixabay