Konsumsi 5 Makanan ini untuk Penambah Berat Badan

Konsumsi 5 Makanan ini untuk Penambah Berat Badan

Menaikkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu perlu memperhatikan asupan kalori dan kandungan gizi dalam makanan. Bagi kamu yang ingin memiliki badan yang lebih berisi, coba makan berbagai makanan penambah berat badan. Apa saja rekomendasi makanannya? Yuk, disimak. 

Nasi Putih

Asupan kalori penting untuk menaikkan berat badan. Untuk mendapatkan asupan kalori untuk berat badan bisa diperoleh dengan mengonsumsi nasi putih. Nasi mengandung karbohidrat dan nutrisi penting lainnya, seperti protein, serat, magnesium, zink, dan selenium. Apalagi dalam 100 gram nasi putih terdapat 39,8 gram karbohidrat dan sekitar 180 kalori asupan kalori. 

Jadi, apabila ingin tubuh lebih berisi, coba makan nasi tiga kali sehari dengan lauk berprotein tinggi. 

Kentang

Makanan penambah berat badan lainnya adalah kentang. Kentang memiliki kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kentang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang disebut pati (starch).

Selain kandungan karbohidrat kompleks, kentang memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jika kamu makan 100 gram kentang, maka kamu sudah mendapatkan asupan 13,5 gram karbohidrat dan sekitar 62 kalori. Jumlah asupan kalori akan berbeda jika kentang direbus, digoreng, atau dibuat perkedel. Dalam 100 gram kentang rebus terdapat asupan 83 kalori. Sedangkan, dalam 100 gram kentang goreng dan perkedel kentang terdapat kandungan 140,7 kalori dan 246 kalori.

Keju

Keju tidak hanya disukai oleh anak kecil, tetapi juga orang dewasa. Makanan ini merupakan produk turunan susu dengan kandungan lemak sehat. Keju juga sering dijadikan campuran berbagai makanan. 

Kandungan keju yang kaya akan lemak dan protein menjadi sumber makanan penambah berat badan. Protein dalam keju bermanfaat untuk menambah massa otot serta memiliki kalori yang tinggi. 

Misalnya, kamu mengonsumsi 1 ons keju cedar, maka tubuh akan mendapatkan sekitar 115 asupan kalori. Sebaliknya, jika kamu makan 1 ons keju parmesan, maka tubuh akan mendapatkan sekitar 100 kalori. Oleh karena itu, batasi konsumsi keju sebanyak 1,5 ons keju per hari.

Daging Merah

Salah satu makanan penambah berat badan yang bisa dikonsumsi adalah daging merah. Daging merah mengandung tidak hanya protein, tetapi juga kalori yang tinggi. Kandungan tersebut akan membantu membangun massa otot sehingga berat badan akan naik. 

Apabila kamu ingin mengonsumsi daging merah dengan tujuan menambah berat badan, coba konsumsi potongan daging yang berlemak. Soalnya, bagian tersebut mengandung lebih banyak kalori. Dalam 100 gram daging merah, terkandung sekitar asupan 273 kalori, 22 gram lemak, dan 17,5 gram protein. Namun, hindari konsumsi daging merah dengan lemak tinggi terlalu berlebihan. Hal ini bisa berakibat pada gangguan kesehatan. 

Roti Gandum

Roti gandum menjadi sumber makanan dengan kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi. Saat kamu mengonsumsi dua helai roti gandum, tubuh akan menerima asupan sebanyak 138 kalori, 1,07 gram lemak, 2,37 protein, dan 12,3 gram karbohidrat. Untuk mengoptimalkan penambahan berat badan, kamu bisa membuat roti gandum dengan tambahan telur, daging, alpukat, dan keju.

Inilah 5 makanan penambah berat badan yang bisa kamu konsumsi. Proses penambahan berat badan tidak bisa instan. Kamu harus memiliki komitmen untuk mencapai berat badan yang diharapkan.

Mengonsumsi makanan yang berlebihan juga bisa berakibat terkenanya gangguan kesehatan dan penyakit berbahaya. Ketika kesehatan terganggu, memeriksakan diri ke dokter menjadi salah satu solusi. Namun, tidak semua pasien memiliki uang untuk berobat ke dokter. Mereka membutuhkan bantuan untuk bisa berobat dan sembuh dari penyakit. Yuk, bantu kesembuhan pasien dengan cara menyumbang dan menyalurkan bantuan melalui  WeCareid.

Selamatkan Anak-anak Alor dari Stunting dan Gizi Buruk!

Referensi

Purwoko, Aji Satria. (2021, 14 September). Ingin Cepat Menambah Berat Badan? Coba Pilihan Makanan Ini! Diakses pada 07 Desember dari https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/makanan-penambah-berat-badan/

Iswandari, Yuliati. (2021, 02 Maret). 4 Camilan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan. Diakses pada 07 Desember dari https://hellosehat.com/nutrisi/camilan-sehat-berat-badan-naik/

Putri, Nina Hertiwi. (2019, 30 Agustus). Jenis Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat. Diakses pada 07 Desember dari https://www.sehatq.com/artikel/makanan-penambah-berat-badan-yang-sehat-dan-lezat

Sumber Featured Image :  tomwieden dari Pixabay