Inilah Jumlah Kalori Nasi putih & Fakta Nutrisinya

Inilah Jumlah Kalori Nasi putih & Fakta Nutrisinya

Jika berbicara soal makanan pokok orang Indonesia, pasti akan langsung dikaitkan dengan nasi walaupun ada beberapa daerah di Indonesia yang makanan utamanya bukan nasi. Jenis beras yang dimasak menjadi nasi kebanyakan adalah beras putih. Sebenarnya, beras putih aslinya dari beras cokelat. Beras ini tidak disosoh sehingga masih memiliki kulit ari yang disebut bekatul. Sementara itu beras putih diproduksi dengan proses pemurnian yang dinamakan pearling. Proses ini akhirnya membuat beras putih menjadi biji-bijian tak utuh karena bekatulnya atau lapisan aleurone-nya terlepas sehingga yang tersisa adalah inti putihnya. Nasi dari beras putih lebih cepat mengenyangkan dibandingkan beras merah atau cokelat. Kira-kira berapa jumlah kalori nasi putih?

Klik Untuk Donasi - Kekurangan gizi sejak lahir, Ilham membutuhkan uluran tanganmu!
Hirschsprung, Gizi Buruk, Mikrosefa...
Ilham Saputra Pratama
Oleh Medikator Dr. Henni Wahyu Triyuniati, Sp.A
  1. Terdanai Rp.6,697,380
  2. Pencapaian 14.00%
  3. Donatur 115

Fakta tentang Nutrisi Nasi Putih

Ada banyak jenis beras dan cara pembuatannya, dan nilai gizinya juga berbeda. Beras putih merupakan biji-bijian olahan yang menyebabkan hilangnya sebagian besar nutrisi dalam beras, termasuk, mineral dan vitamin. Namun umur simpannya jadi lebih lama. Untuk mengatasi masalah ini, beras putih biasanya diperkaya dengan nutrisi secara artifisial. 

Jumlah kalori nasi putih dan nasi lainnya tak jauh beda. Untuk tahu jumlah pasti kalori dalam nasi putih, berikut ini adalah informasi nutrisi untuk 1 cangkir (186g) nasi putih yang dimasak, diperkaya, dan berbulir pendek yang disediakan oleh USDA (Kementerian Pertanian Amerika Serikat):

  • Kalori: 242
  • Lemak: 0.4g
  • Sodium: 0mg
  • Magnesium: 14.9mg
  • Kalium: 48,4mg
  • Mangan: 0,7mg
  • Selenium: 14.0mcg 
  • Vitamin B6: 0.1mg
  • Thiamin: 0.3mg
  • Niacin: 2.8mg
  • Riboflavin: 0.0mg
  • Folat: 110mcg
  • Karbohidrat: 53,4g
  • Serat: 0.6g
  • Gula: 0g
  • Protein: 4.4g

Lemak

Hampir tidak ada lemak dalam nasi, asalkan kamu memasaknya tanpa menambahkan minyak atau mentega.

Karbohidrat

Dalam satu porsi nasi putih terdapat lebih dari 53gram karbohidrat. Hanya sebagian kecil dari karbohidrat itu yang berasal dari serat. Sebagian besarnya berupa pati dan sedikit gula.

Jika kamu sering berolahraga, kamu mungkin tahu bahwa nasi putih kaya akan karbohidrat. Itulah mengapa banyak atlet mengkonsumsinya setelah latihan ketika tubuh membutuhkan sumber bahan bakar yang cepat untuk mengisi kembali simpanan glikogennya. 

Indeks glikemik nasi putih diperkirakan 73. Beras berbulir pendek cenderung memiliki indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan beras berbulir panjang, berbulir sedang, dan beras cokelat.

Aksi Sedekah Pangan Sehat untuk 1000 Panti Asuhan

Protein

Dalam satu porsi nasi putih terdapat lebih dari 4 gram protein. Protein beras memberi tubuh nutrisi yang disebut asam amino. Jenis asam amino dalam protein beras dapat membantu melindungi tubuh dari terlalu banyak gula dalam darah. Selain itu, protein bisa juga membantu mengurangi tekanan darah dan lemak darah. Protein beras mengandung lisin yang dianggap hipoalergenik dan oleh karena itu baik untuk dikonsumsi manusia

Vitamin dan Mineral

Nasi dapat berfungsi sebagai sumber vitamin B yang baik, termasuk thiamin, mangan, selenium, thiamin, niacin, dan riboflavin, dan zat besi. Mangan merupakan mineral yang penting bagi produksi energi serta fungsi antioksidan. Magnesium diperlukan untuk banyak fungsi vital, seperti pembekuan darah, kontraksi otot, produksi seluler, dan perkembangan tulang. 

Selenium memiliki peran yang penting untuk produksi hormon tiroid, fungsi kekebalan tubuh, dan perlindungan antioksidan. Selain itu, selenium bersama vitamin E berfungsi untuk melindungi sel dari kanker.

Beras putih yang diperkaya adalah sumber folat yang baik. Folat membantu tubuh untuk membuat DNA juga materi genetik lainnya. Selain itu, folat juga mendukung pembelahan sel. Walaupun folat adalah nutrisi penting untuk semua orang, folat penting sekali untuk wanita yang sedang hamil maupun berencana untuk hamil.

Dikenal juga sebagai vitamin B-3, sebagian besar niasin dalam nasi berbentuk asam nikotinat. Merendam nasi dalam air sebelum dimasak dapat meningkatkan daya serapnya. Sementara thiamin yang disebut juga sebagai vitamin B-1 sangat penting bagi metabolisme serta fungsi jantung, otot, juga sistem saraf.

Jadi sekarang kamu sudah tahu jumlah kalori nasi putih dan kandungan nutrisi lainnya. Sambil menikmati nasi putih hangat, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Cervoni, B. (2021). Rice Nutrition Facts and Health Benefits. verywellfit.com.

Ferdman, R. A. (2015). Scientists have discovered a simple way to cook rice that dramatically cuts the calories. washingtonpost.com.

Whelan, C. (2018). Brown Rice vs. White Rice: Which Is Better for You? healthline.com.

Rice, white, short-grain, cooked Nutrition Facts & Calories. (2020). nutritiondata.self.com

Rice Protein. (2020). webmd.comP, Andra. (2017). Does White Rice Contain Protein? livestrong.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *