8 Penyebab Terlambat Haid, Salah Satunya Stres

8 Penyebab Terlambat Haid, Salah Satunya Stres

Mengalami haid terlambat bagi pasangan yang sudah menikah mungkin akan membahagiakan karena bisa jadi kamu hamil. Namun bagi kamu yang belum menikah, haid yang terlambat tentunya akan membuat kamu cemas dan berpikir kamu mengalami masalah kesehatan. Ada banyak alasan mengapa seorang wanita terlambat haid, seperti stres atau olahraga yang berlebihan, selain tentunya juga penyakit. Artikel ini akan membahas beberapa kemungkinan penyebab terlambat haid. 

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

1. Stres

Stres yang intens bisa menggangu produksi gonadotropin-releasing hormone (GnRH), yaitu hormon yang mengatur ovulasi serta siklus menstruasi. Penyebab terlambat haid bisa stres fisik juga psikologis. Akan tetapi tingkat stres yang mampu mengakibatkan efek seperti ini biasanya lebih parah dibandingkan mengalami hari yang buruk.

Bukan hal yang aneh jika kamu mengalami terlambat haid atau bahkan tidak haid saat kamu mengalami stres. Akan tetapi, kalau stres kamu berkepanjangan dan tidak haid selama beberapa kali, lebih baik kamu segera konsultasi dengan dokter. 

Jika tak ada alasan medis yang melatari terlambat haid, mungkin dokter akan menyarankan kamu untuk konseling supaya bisa mengatasi stresmu. Apabila stresmu sudah kembali ke tingkat yang dapat dikelola, mungkin pelu beberapa bulan atau lebih agar siklus haidmu menjadi teratur lagi.

2. Olahraga yang berlebihan

Melakukan olahraga setiap hari itu bagus, tapi olahraga yang berlebihan bisa menurunkan kadar estrogen. Estrogen merupakan hormon yang mengatur proses reproduksi wanita. Banyak atlet mengalami amenore sekunder, yaitu mereka tidak mengalami menstruasi selama enam bulan atau lebih dikarenakan latihan keras.

3. Perubahan jadwal tidur

Siapa sangka perubahan waktu tidur ternyata bisa menjadi penyebab terlambat haid? Perubahan waktu kerja dari pagi ke malam hari atau bepergian ke zona waktu lain bisa menjadi penyebab siklus menstruasimu terlambat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Endocrinology, dijelaskan bahwa tiap gangguan pada ritme sirkadia, yakni sistem dalam  tubuh kita yang mengatur banyak hal, seperti dari siklus tidur sampai pencernaan, bisa menyebabkan kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur.

4. Penyakit

Beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab terlambat haid. Di antara kondisi kronis tersebut adalah:

  • Penyakit tiroid
  • Penyakit kelenjar adrenal
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Kista ovarium
  • Tumor hipofisis 
  • Diabetes
  • Disfungsi hati

Selain itu, kondisi bawaan lahir, seperti sindrom Turner serta ketidakpekaan androgen, biasanya mengakibatkan masalah menstruasi dan kesuburan. Kondisi seperti ini sering dikaitkan dengan amenore, yaitu kondisi saat seorang wanita tak mengalami menstruasi seperti seharusnya. 

Penyebab terlambat haid juga bisa karena penyakit akut, seperti serangan jantung, pneumonia, meningitis, atau gagal ginjal. Karena penyakit-penyakit ini bisa mengakibatkan penurunan berat badan yang cepat, kekurangan nutrisi, atau disfungsi hormon. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan haid telat. 

5. Menyusui

Ketika seorang wanita menyusui, dia mungkin akan mengalami menstruasi yang sedikit, menstruasi yang jarang, atau amenore, khususnya jika menyusui memberikan bayi semua atau hampir semua kalori yang dia butuhkan.

Kebanyakan wanita percaya bahwa menyusui merupakan bentuk pengendalian kelahiran, tapi sebenarnya tidak. Bahkan kalau kamu tidak mengalami menstruasi ketika menyusui, kamu tetap bisa hamil. Jika kamu belum siap untuk memiliki anak lagi, sebaiknya kamu tetap menggunakan alat kontrasepsi.

6. Efek pil KB

Dalam pil KB terkandung hormon estrogen serta progestin yang bisa mencegah terjadinya pelepasan sel telur. Supaya siklus menstruasimu normal kembali akan perlu waktu sampai enam bulan sesudah berhenti meminum pil KB. Alat kontrasepsi yang lain pun juga bisa jadi penyebab terlambat haid yaitu KB implan serta suntik KB.

7. Perimenopause dan Menopause

Perimenopause merupakan masa peralihan antara usia reproduktif ke usia non-reproduktif. Selama waktu ini haidmu mungkin lebih sedikit, lebih banyak, lebih sering, atau lebih jarang. Dalam kebanyakan kasus, haidmu hanya akan berbeda dari yang haid yang biasa kamu alami.

Menopause yaitu ketika wanita sudah tidak berovulasi atau menstruasi lagi. Rata-rata usia menopause yaitu 51 tahun.

8. Baru mulai haid

Siklus haid yang normal pada wanita sehat terjadi antara 21 sampai 35 hari, tetapi bisa juga berbeda-beda. Hal ini khususnya berlaku untuk mereka yang baru saja mulai haid, atau bagi wanita yang tak mengalami haid untuk beberapa tahun kemudian mulai lagi.

Seorang wanita muda yang baru saja mengalami siklus haid bisa tidak haid selama berbulan-bulan sampai akhirnya siklus teraturnya dimulai. Dan wanita yang belum mengalami haid karena penggunaan kontrasepsi, terapi hormonal, atau penyakit mungkin tidak akan segera bisa mengalami haid yang teratur.

Haid yang terlambat bisa membuat kamu resah karena berpikir kamu menderita suatu penyakit kronis. Namun penyebab terlambat haid tak hanya karena penyakit tapi bisa juga karena beberapa faktor termasuk stres. Stres berat dan berkepanjangan bahkan bisa membuat kamu tidak haid. Jadi kamu harus mengatasi stresmu. Salah satu cara untuk memperbaiki stresmu adalah dengan membantu orang lain. Ini sudah terbukti dalam penelitian. Kamu bisa membantu pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Untuk membantu mereka, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

10 Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diketahui. (2021). Diambil kembali dari alodokter.com.

Galan, N. (2020). Eight possible causes of a late period. Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Smith, S. (2016). 9 REASONS YOUR PERIOD IS LATE (IF YOU’RE NOT PREGNANT). Diambil kembali dari vitalrecord.tamhsc.edu.

Weiss, R. E. (2018). 10 Reasons for a Missed Period. Diambil kembali dari verywellhealth.com.

Sumber Featured Image : Sora Shimazaki dari Pexels