5 Tips Self Care Agar Datang Bulan Terasa Lebih Nyaman

5 Tips Self Care Agar Datang Bulan Terasa Lebih Nyaman

Menstruasi atau datang bulang merupakan hal alami yang dialami setiap wanita. Meski demikian, siklus alami tersebut sering kali disertai dengan kram perut, perubahan suasana hati yang tiba-tiba, dan berbagai gejala lainnya. Tingkat keparahannya juga tidak sama antara satu wanita dan yang lainnya. Itulah mengapa akan sangat sulit bagi wanita untuk merasa terbiasa dengan gejala menstruasi meski selalu mengalaminya setiap bulan.

Meski demikian, ada beberapa langkah self care yang bisa dilakukan agar datang bulan terasa lebih nyaman. Seperti yang dilansir dari Pinkvilla, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah untuk mengurangi gejala menstruasi.

Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi PMS dan gejala menstruasi dan menjadi bentuk salah satu self care mu, lho! Kamu juga akan mendapatkan manfaat dari olahraga berupa meredakan stres, kembung, dan rasa kram yang sering muncul saat datang bulang. Selain itu, olahraga juga mendorong tubuh memproduksi endorfin yang diketahui akan meningkatkan suasana hati kamu.

Perhatikan energi kamu dan pastikan kamu memilih olahraga yang cocok dan terasa nyaman untukmu. Kamu juga bisa berolahraga berat jika suka dengan jenis kegiatan ini. Kram perut pada dasarnya dapat diatasi dengan olahraga ringan.

Mandi Air Hangat Salah Satu tips untuk Self Care

Menghangatkan area perut bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa nyeri dan kram karena menstruasi. Caranya, hangatkan botol atau heating pad dan letakkan pada area perut. Kamu juga bisa memilih mandi dengan air hangat untuk meredakan otot yang tegang karena menstruasi.

Mandi air hangat juga akan membuat kamu merasa lebih rileks dan nyaman sehingga menstruasi tidak akan terlalu mengganggu. Untuk memberikan kenyamanan ekstra, kamu bisa menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi.

Makan Sehat

Saat menjelang menstruasi, para wanita biasanya akan merasa ingin makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Hal ini sangat normal, tapi makanan seperti ini sebenarnya berkontribusi terhadap gejala menstruasi seperti perut kembung dan suasana hati yang berubah-ubah.

Oleh karena itu, pilih makanan yang lebih menyehatkan seperti protein dan lemak sehat. Keduanya bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menstabilkan kadar gula darah. Serat akan membantu mendorong pencernaan dan mengurangi rasa kembung. Jangan lupa juga cukupi kebutuhan air minum untuk membantu pencernaan, menghidrasi tubuh, dan regulasi hormon. 

Makanan yang mengandung tiamin dan riboflavin diketahui dapat mengurangi risiko PMS. Sedangkan zat besi akan membantu wanita yang mengalami kekurangan zat besi saat datang bulan.

Siswa-siswi Ciloma Butuh Sarana Pendidikan yang Layak

Minum Teh Herbal

Selama datang bulan, minuman hangat juga bisa membantu meredakan nyeri. Minumlah teh hijau hangat untuk mengatasi kram perut karena menstruasi. Beberapa jenis teh lain yang bisa membantu antara lain teh kamomil, teh jahe, dan teh fenugrek. Yang terpenting, pilih minuman yang tidak mengandung kafein.

Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kamu lebih bertenaga selama menstruasi dan mengatur hormon agar lebih lancar. Agar kamu bisa istirahat dengan nyaman, atur suhu kamarmu hingga terasa cukup nyaman. Matikan ponsel laptop atau perangkat lainnya beberapa jam sebelum tidur.

Selain itu, usahakan kamu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Buatlah suasana nyaman yang dapat membantumu mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. 

Nyeri haid saat datang bulan adalah hal yang umum terjadi. Tapi jika nyeri tak tertahankan dan berlangsung cukup lama, maka kondisi ini perlu mendapatkan penanganan dokter. Pasalnya, hal ini bisa jadi gejala adanya penyakit pada uterus. 

Beberapa orang membutuhkan penanganan serius dari dokter untuk masalah pada rahim. Beberapa kondisi kesehatan yang lebih serius bahkan membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga membutuhkan bantuan dari masyarakat. Kamu bisa turut membantu dengan memberikan donasi melaluiaplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di Google Play atau App Store.

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,264,374,019
  2. Pencapaian 63.22%
  3. Donatur 160

Resources:https://www.pinkvilla.com/lifestyle/health-fitness/7-self-care-tips-swear-during-periods-according-gynaecologist-908765

Sumber Featured Image : Sincerely Media on Unsplash