Info Penting! Berikut Ini Update Vaksin Usia 6-11

Info Penting! Berikut Ini Update Vaksin Usia 6-11

Dengan dimulainya pembelajaran tatap muka, murid sekolah kini kembali belajar di kelas meski dengan batasan waktu. Mereka yang kembali ke sekolah termasuk anak-anak SD yang berusia di bawah 12 tahun. Hal ini memicu kekhawatiran akan terjadinya penularan virus di antara murid-murid tersebut. Ini terbukti dengan berita terbaru yang dikutip dari laman situs CNN Indonesia tanggal 1 November ini. 50 sekolah di Bandung kembali PJJ karena ditemukan guru dan murid yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes PCR acak. Namun pada tanggal 2 November kemarin, BPOM meliris update vaksin usia 6-11 tahun. Apakah sekarang anak di bawah usia 12 tahun sudah bisa divaksin?

Tak Punya Biaya Beli Kantong Kolostomi, Sharga Pakai Kantong Plastik Kiloan sebagai Penggantinya!

BPOM Mengeluarkan Update Vaksin Usia 6-11 Tahun

Pada tanggal 2 November 2021 melalui siaran pers yang dilakukan secara virtual, Penny K. Lukito, Kepala BPOM, memberikan update vaksin usia 6-11 tahun. BPOM mengeluarkan izin tentang penggunaan vaksin Sinovac untuk anak di rentang usia tersebut. Persetujuan perluasan indikasi tersebut didapatkan sesudah dilakukan pembahasan serta pengkajian dengan Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 akan aspek khasiat juga keamanannya. Dengan diterbitkannya persetujuan perluasan untuk penggunaan Vaksin Sinovac bagi anak usia 6 – 11 tahun akan menambah populasi penduduk yang bisa divaksinasi, khususnya anak-anak.

Mengapa Vaksin Penting untuk Kelompok Usia 6 – 11 Tahun?

Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak pada orang dewasa, tapi terbukti sudah ikut mempengaruhi kesehatan anak-anak juga. Tak hanya kesehatan fisik tapi juga mental, aspek sosial serta pendidikan anak yang terpengaruh.  Indonesia memiliki jumlah usia anak yang relatif besar dan tentu saja anak adalah aset human capital untuk masa depan negara kita. 

Meskipun data dari laman Satgas Covid-19 menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan kasus Covid-19, tapi di bulan Juni 2021 sempat terjadi kasus infeksi yang cukup tinggi. Pada saat itu kasus positif Covid-19 di kalangan anak cukup banyak, yakni mencapai 2,9% di kalangan usia 0 – 5 tahun. Sementara untuk usia 6 – 18 tahun sekitar 10%. Dengan dimulainya lagi PTM, anak berpotensi jadi pembawa virus Covid-19 sesudah berkegiatan di luar rumah kemudian menularkannya pada orang di rumah. Selain itu, dibandingkan negara lain kasus anak yang positif Covid-19 jumlahnya tergolong tinggi. Karenanya, update vaksin usia 6 – 11 tahun ini dianggap penting. Akan tetapi vaksinasi untuk anak dengan rentang usia ini baru akan dilakukan di daerah yang tingkat vaksinasi lansianya sudah cukup tinggi.

Jenis Vaksin & Dosis yang Digunakan untuk Anak di Indonesia

Untuk saat ini vaksin Covid-19 yang sudah mendapatkan persetujuan untuk usia 6 – 11 tahun adalah vaksin Sinovac atau yang dikenal dengan CoronaVac serta vaksin Covid-19 dari perusahaan Bio Farma. Berdasarkan data dari laman resmi Universitas Padjadjaran, produsen vaksin Sinovac sudah melakukan uji klinis fase I & II untuk anak umur 3 – 17 tahun. Hasil uji klinis memperlihakan respons imun yang cukup baik juga aman. Pada anak umur 3-5 tahun serta 6–11 tahun reaksi demamnya masing-masing 8,77% dan 3,70%.

Dosis vaksin Sinovac untuk anak yaitu 3ug (0,5 ml) yang diberikan sebanyak dua kali. Vaksin tersebut diberikan secara intramuscular. Adapun jarak pemberian dari dosis pertama ke kedua yakni 4 minggu.

CoronaVac adalah vaksin Covid-19 pertama yang diberikan izin oleh BPOM untuk digunakan pada kelompok anak usia ini. Menurut Penny, proses pemberian izin pada vaksin lain masih dalam proses untuk menjamin keamanannya. Adapun dua vaksin yang sedang dikaji oleh BPOM untuk anak usia 6-11 tahun yaitu Pfizer dan Sinopharm.

Di Amerika Serikat, hari ini tanggal 3 November 2021, CDC baru saja mengeluarkan rekomendasi vaksin Covid-19 Pfizer untuk anak usia 5 – 11 tahun. FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengizinkan pemberian vaksin dengan dosis 10 mikrogram, sedangkan untuk anak usia 12 tahun ke atas sebesar 30 mikrogram. Baru-baru ini Moderna juga merilis hasil awal uji coba vaksin Covid-19 dua dosis bagi anak-anak yang berusia 6 – 11 tahun. Dosis ini setengah dari dosis vaksin Moderna yang diberikan pada orang dewasa.

Kapan Vaksinasi Anak Usia 6 – 11 Tahun Dimulai?

Menurut Wiku Adisasmito, jubir pemerintah untuk masalah Covid-19, vaksinasi untuk anak ini baru akan dilaksanakan sesudah dimulainya percepatan vaksinasi lansia. Keputusan ini merupakan hasil rapat terbatas tingkat menteri pada Senin 1 November ini. Daerah yang akan melaksanakan vaksinasi anak adalah daerah yang cakupan vaksinasi lansianya tinggi.

Walaupun vaksinasi lansia sudah diprioritaskan awal 2021, vaksinasi lansia belum juga selesai. Lansia yang menerima dosis pertama jumlahnya baru 40,15%, sementara yang tuntas dua dosis jumlahnya tidak lebih dari 25%. 

Siti Nadia Tarmizi, juru bicara Kementerian Kesehatan, mengatakan bahwa sebelum melaksanakan vaksinasi untuk kelompok anak usia 6-11 tahun, pemerintah saat ini sedang memastikan jumlah pasokan vaksin dari Sinovac. 

Itulah update vaksin usia 6 – 11 tahun yang baru saja dikeluarkan oleh BPOM. Tentunya ini berita baik untuk para orang tua yang khawatir dengan keselamatan anaknya selama pembelajaran tatap muka. Sambil menunggu diselenggarakannya vaksin untuk anak, yuk bantu pasien-pasien anak serta dewasa lainnya yang mengalami masalah biaya pengobatan. Kamu bisa menolong mereka dengan cara yang download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Wakaf Pembangunan Kelas MTs Pondok Quran Bandung

Referensi

Christensen, J. (2021). Why Covid-19 vaccines for younger children would come in smaller doses. Diambil kembali dari edition.cnn.com.

Humas. (2021). BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun. Diambil kembali dari setkab.go.id.

Koesno, D. (2021). Dosis Vaksin Covid Anak 6-11 Tahun & Jenis Vaksinnya di Indonesia. Diambil kembali dari tirto.id.

Mahtani, Vogt dkk. (2021). CDC recommends Pfizer’s Covid-19 vaccine for kids 5 to 11. Diambil kembali dari edition.cnn.com.

Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun . (2021). Diambil kembali dari pom.go.id.Vaksin Covid Sinovac untuk anak 6-11 tahun sudah dapat izin BPOM, pemerintah ‘tetap prioritaskan lansia’. (2021). Diambil kembali dari bbc.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *