Mau Produktif? Ikuti 8 Tips Manajemen Waktu Ini

Mau Produktif? Ikuti 8 Tips Manajemen Waktu Ini

Apakah kamu memiliki masalah dengan manajemen waktu? Kamu bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah tersebut. Orang-orang di luar sana juga berjuang untuk mengatur waktu yang efektif, terutama untuk yang berkeluarga karena mereka harus membagi waktu untuk urusan rumah dan kantor.

Ingin meningkatkan produktivitas pribadi atau meningkatkan keseimbangan antara kerja dan rumah? Atau mungkin kamu seorang manajer tim yang berusaha meningkatkan kinerja timmu? Semuanya dimulai dari manajemen waktu yang terencana dengan baik.

Alami Gangguan Pencernaan Hingga BB Turun, Bayi Daris Butuh Bantuan Segera!

Manajemen Waktu dan Manfaatnya

Manajemen waktu merujuk pada cara kamu mengatur serta merencanakan waktu yang akan kamu habiskan untuk kegiatan tertentu. Mengatur waktu dengan baik memiliki manfaat yang banyak dan berkontribusi pada kesejahteraanmu dan timmu kalau kamu bekerja dengan orang lain. Berikut ini manfaat besar dari mengatur waktu:

  • Mengurangi stres
  • Produktivitas dan efisiensi yang lebih baik
  • Meningkatkan kesempatan untuk maju
  • Reputasi profesional yang lebih baik
  • Memberikan peluang yang besar untuk bisa mencapai tujuan hidup serta karir yang penting

Tips untuk Memperbaiki Manajemen Waktu Supaya Lebih Efektif

Bila kamu sadar akan waktu, kamu akan bisa memperbaiki diri dan mencapai tujuan, baik dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi.  Apakah ada cara terbaik untuk mengatur waktu secara efektif? Untuk langkah awal, kamu bisa menerapkan tips manajemen waktu berikut ini.

1. Sadarilah Bahwa Manajemen Waktu Adalah Mitos

Hal pertama yang harus kamu pahami mengenai manajemen waktu, yaitu betapapun terorganisirnya dirimu, dalam sehari hanya ada waktu 24 jam. Waktu tidak berubah. Yang dapat kamu kelola sebenarnya yaitu dirimu sendiri dan apa yang kamu lakukan dengan waktu yang kamu miliki. Hargai ini. Internalisasi hal tersebut. Kemudian lanjutkan ke tips berikutnya.

2. Buat Pengingat untuk Semua Tugas

Kunci keberhasilan manajemen waktu yaitu mengetahui tenggat waktu dan mengatur pengingat. Kamu bisa menyetel pengingat 15 menit sebelum rapat atau acara tertentu agar kamu bisa mempersiapkan semuanya. Bisa juga menyetel pengingat untuk memberitahukan tenggat waktu agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu.  

3. Buat Perencanaan Harian

Buat daftar tugas yang perlu kamu selesaikan hari itu. Pastikan perencanaanmu masuk akal. Mengapa ini penting? Misalnya kamu mengalami kekacauan yang tak terduga, kamu masih akan bisa mengatasi masalah tersebut sambil mengikuti rencanamu. Dengan tetap berpegang pada perencanaanmu, kamu tidak akan bisa menunda-nunda pekerjaan. 

Jangan lupa untuk mencatat rapat atau tenggat waktu yang akan datang saat kamu menyadarinya. Ketika kamu menyelesaikan daftarmu, pastikan untuk menandai tugas yang sudah kamu selesaikan. Yang terpenting, dengan manajemen waktu ini akan membantu kesehatan mental dan tingkat stresmu.

4. Berikan Batas Waktu untuk Semua Pekerjaan

Pada to-do list, tuliskan perkiraan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Jika kamu tidak bisa menyelesaikannya sesuai waktu, berhentilah pada waktu yang kamu yang kamu tentukan sebelumnya dan kembali lagi nanti. Terkadang pindah ke pekerjaan yang berbeda dan kemudian kembali ke pekerjaan yang belum selesai tadi akan memberi pikiran awal yang baru dan perspektif baru.

5. Blokir Gangguan

Pertama dan terpenting, pastikan kamu meminimalkan gangguan di luar pekerjaan seperti ponsel, media sosial, ataupun toko online kesukaanmu. Hal ini seperti sepele, tapi berpengaruh besar pada manajemen waktumu. Jauhkan semua hal yang akan mengganggu fokus kerjamu agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang telah ditetapkan. 

6. Hindari Mengerjakan Banyak Hal Sekaligus

Jika kamu sudah memilih untuk melakukan tugas, kerjakan sampai selesai. Hindari melakukan pekerjaan setengah-setengah, yang artinya kamu meninggalkan pekerjaanmu saat ini dan melakukan sesuatu yang lain. Contoh melakukan pekerjaan setengah-setengah seperti menulis laporan lalu tiba-tiba mengecek email tanpa alasan dan menulis balasan. Itu bukan hanya manajemen waktu yang buruk tetapi juga buruk bagi konsentrasimu. Kamu akan kehilangan momentum. Fokus pada tugas yang sedang kamu kerjakan dan hindari jebakan ini.

7. Pilih Waktu Terbaikmu

Tips manajemen waktu berikutnya adalah memilih waktu terbaikmu. Jika kamu merasa lebih bersemangat dan berenergi pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, ubah jadwalmu. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Umumnya orang akan lebih berenergi di pagi hari, sementara beberapa orang merasa lebih fokus dan bersemangat di malam hari. Saat kamu memilih waktu yang terbaik untukmu, kamu akan merasakan mafaat yang lebih banyak.

8. Hindari Kesempurnaan

Jangan biarkan yang sempurna menjadi musuh untuk hal yang baik. Hindari untuk terlalu menganalisis semua yang kamu lakukan. Namun, ini bukan berarti kamu boleh ceroboh. Selalu lakukan yang terbaik. Akan tetapi kesempurnaan bisa membuatmu depresi dan tidak bahagia, jadi jangan melakukannya. Sesudah menyelesaikan tugas dan memberikan yang terbaik, kamu harus beralihlah ke pekerjaan lain.

Manajemen waktu adalah salah satu kunci keberhasilan. Dengan pengaturan waktu yang baik semua pekerjaan akan bisa diselesaikan. Namun ingat harus menghindari kesempurnaan agar dirimu tidak merasa depresi. Sesudah melakukan yang terbaik, lakukan pekerjaan selanjutnya. Saat menyusun waktu, sisihkan waktu untuk beristirahat karena kamu memerlukannya. Sambil beristirahat kamu bisa beramal dengan menolongpasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Mudah lho caranya! Cukup downloadaplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Tips to Better Your Time Management. (2017). Diambil kembali dari michaelpage.com.

Nahabedian, M. (2019). 10 Tips for Managing Time Effectively. Diambil kembali dari projectsmart.co.uk.

WARD, S. (2021). 11 Time Management Tips That Work. Diambil kembali dari thebalancesmb.com.What Is Time Management? (2002). Diambil kembali dari mindtools.com.

Sumber Featured Image : Nile dari Pixabay