Ini Bahaya Mencat Kulit Seperti Manusia Silver

Ini Bahaya Mencat Kulit Seperti Manusia Silver

Baru-baru ini viral berita tentang bayi yang dicat silver di Tangerang Selatan. Bayi yang baru berumur 10 bulan dibawa untuk mengemis dengan seluruh tubuhnya dicat berwarna perak. Fenomena manusia silver ini bahkan sudah dibahas oleh channel Youtube Vice News dan South China Morning Post.

Sebenarnya mencat tubuh sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Di zaman kuno, suku-suku dan anggotanya biasa mengecat tubuh dengan tanah liat dan pigmen alami lainnya dan praktik ini masih dilakukan. Di zaman sekarang ada yang disebut dengan body painting art. Apa bahaya mencat tubuh seperti manusia silver? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Renovasi lapangan dan pembangunan perpustakaan SDN 031 Long Kali

Apa yang terkandung dalam cat?

Dikutip dari laman situs Kompas.com, jenis cat yang digunakan para manusia silver itu umumnya adalah cat minyak. Dalam wawancaranya dengan Kompas.com, Dr.rer.nat Budiawan Pakar Toksiologi Kimia mengatakan bahwa cat silver yang digunakan mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan berbahaya tersebut diterdapat pada pelarut atau pengencer cat. 

Kandungan cat silver yang digunakan oleh manusia silver bisa terdiri dari beragam bahan kimia, di antaranya adalah:

  • Minyak tanah
  • Minyak goreng bekas pakai
  • Bensin
  • Benzena atau toluen
  • Xylen atau thiner
  • Senyawa kimia aromatik lainnya yang terdapat dalam pelarut cat

Budiawan selanjutnya menuturkan kalau dalam pelarut cat kimia mengandung senyawa kimia juga seperti acrolein, formaldehyd, croton aldehyde dan kemungkinan dipakai senyawa turunan pecahan minyak goreng yang lainnya. 

Sementara itu zat kimia yang terkandung dalam cat silver, bisa terdiri dari bahan-bahan berikut:

  • Cadmium (Cd)

Cadmium merupakan warna kuning yang kaya yang sering digunakan dalam cat akrilik kuning. Memegang produk yang mengandung cadmium biasanya tidak berbahaya. Umumnya bahan kimia ini tidak bisa masuk ke tubuh melalui kulit. Namun, menghirup partikel debu cadmium bisa memicu masalah saluran pernapasan dan ginjal yang bisa serius. Jika tertelan dalam jumlah yang signifikan, keracunan akan terjadi dan bisa menyebabkan potensi kerusakan organ.

  • Timbal (Pb)

Timbal dalam cat sudah dilarang penggunaannya di Amerika Serikat selama beberapa tahun. Tingkat paparan timbal yang tinggi dapat menyebabkan keracunan timbal.

  • Chrom (Cr)

Efek samping kesehatan termasuk iritasi pada hidung dan masalah pernapasan. Produk ini dapat menyebabkan alergi. 

  • Zat logam Tembaga (Cu)

Kadar tembaga yang tinggi bisa berbahaya. Menghirup kadar tembaga yang tinggi bisa mengakibatkan iritasi pada hidung dan tenggorokan. Menelan kadar tembaga yang tinggi bisa mengakibatkan mual, muntah, dan diare. Dosis tembaga yang sangat tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada hati dan ginjal, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Zat kimia lainnya, di antaranya:

Mangan

Konsentrasi kecil baik juga untuk kesehatan manusia, tapi apabila mangan dalam konsentrasi besar terhirup bisa mengakibatkan iritasi paru-paru dan dalam kasus serius bronkitis atau pneumonia.

Kobalt

Meskipun kobalt bisa baik untuk kesehatan manusia dalam jumlah kecil, dalam jumlah besar efek samping yang merugikan kesehatan, termasuk asma dan pneumonia. Ini bisa terjadi kalau kobalt terhirup atau tertelan.

Titanium dioksida

Zat kimia ini terjadi secara alami dan sudah digunakan dalam cat, kosmetik, tabir surya dan pasta gigi selama beberapa dekade. Meskipun dianggap memiliki toksisitas rendah, zat ini bisa aman dan tidak aman, bergantung pada bagaimana penggunaannya.

Semua zat kimia yang disebutkan di atas berbahaya juga memiliki risiko untuk tubuh apabila seseorang terpapar atau mengalami kontak dengan kulit yang terjadi terus-menerus.

Klik Untuk Donasi - Terinfeksi Virus Sejak Lahir Hingga Alami Tuli, Raina Butuh Pertolonganmu Segera!
Infeksi CMV Kongenital, Sensori Neu...
Raina Yumna Salwa
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.7,222,127
  2. Pencapaian 26.61%
  3. Donatur 104

Potensi masalah jangka pendek dari manusia silver

Manusia silver yang mencat tubuhnya dengan cat silver tersebut akan mengalami beberapa masalah kesehatan, di antaranya:

  • Baunya bisa mengiritasi mata, hidung, dan tenggorokan
  • Kemungkinan orang akan mengalami sakit kepala, pusing, mual atau kesulitan bernapas
  • Jika cat mengenai kulit bisa menyebabkan iritasi
  • Jika tertelan bisa berbahaya

Potensi masalah jangka panjang darimanusia silver

Adapun potensi masalah kesehatan jangka panjang yang kemungkinan diderita oleh manusi silver di antaranya:

  • Kerusakan sistem saraf
  • Kerusakan organ
  • Studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa organik yang ditemukan dalam cat dan pigmen mungkin bersifat karsinogenik

Meskipun bagi sebagian orang mencat tubuh adalah bagian dari seni, jika cat yang digunakan tidak aman untuk kulit, seperti yang digunakan manusia silver, justru akan menyebabkan masalah kesehatan. Jadi, kalau tertarik dengan body painting art, pastikan cat yang digunakan adalah jenis cat yang aman untuk tubuh. 

Dikatakan mereka yang mencat tubuhnya dengan warna silver tersebut adalah para pencari nafkah yang kesulitan mencari pekerjaan. Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini banyak orang yang terdampak, seperti pasien yang tak sanggup membayar biaya rumah sakit atau dokter. Untuk itu, diperlukan kepedulian kita untuk membantu mereka. Caranya mudah sekali. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

CICbec. (2020). Are Acrylic Paints Toxic? What You (and Your Children) Need To Know. Diambil kembali dari canvasincommon.com.Sumartiningtyas, H. K. (2021). Pensiunan Polisi Jadi Manusia Silver, Ini Bahaya Kandungan Cat Silver. Diambil kembali dari kompas.com.

Sumber Featured Image : Pixavay.com