Yuk Kita Kenalan dengan Struktur Kulit & Fungsinya

Yuk Kita Kenalan dengan Struktur Kulit & Fungsinya

Apakah kamu tahu organ apa yang terbesar pada tubuh manusia? Jawabannya buka paru-paru tetapi kulit. Kulit setara dengan sekitar 7% dari total berat badan pada rata-rata orang dewasa. Ini adalah struktur yang sangat rumit yang membentuk lapisan luar tubuh kita. Selain itu, kulit juga bervariasi dalam tekstur dan ketebalan dari satu bagian tubuh dengan bagian tubuh lainnya. Misalnya, kulit di bibir dan kelopak mata kita sangat tipis dan halus, sedangkan kulit di telapak kaki lebih tebal dan keras. Struktur kulit memiliki dari dua lapisan, yakni epidermis dan dermis. Di bawah dermis terdapat hipodermis atau yang disebut juga dengan jaringan lemak subkutan.

Alami Kegagalan Operasi Panggul, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Kirana!

Struktur Kulit

Di atas sudah disebutkan bahwa kulit manusia terdiri dari dua lapisan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur kulit tubuh kita.

Epidermis

Struktur kulit yang pertama adalah epidermis. Lapisan ini melindungi lapisan dalam yang lebih halus. Epidermis terdiri dari beberapa ‘lembaran’ sel. Lembaran bawah adalah tempat sel-sel epidermis yang baru dibuat. Saat sel kulit yang sudah mati terkelupas dari permukaan, sel kulit baru didorong untuk menggantikannya. Epidermis juga mengandung melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Epidermis terdiri dari lapisan-lapisan. Kebanyakan bagian tubuh punya empat lapisan, tapi yang mempunyai kulit paling tebal punya lima lapisan. Lapisan tersebut adalah:

  • Stratum corneum (lapisan tanduk);
  • Stratum lucidum (hanya ditemukan pada kulit tebal, yakni telapak tangan, jari-jari, dan telapak kaki);
  • Stratum granulosum (lapisan granular);
  • Stratum spinosum (lapisan sel prickle);
  • Stratum basale (lapisan germinatif).

Dermis

Di bawah epidermis adalah dermis. Struktur kulit ini terdiri dari serat elastis (elastin) untuk kekenyalan dan serat protein (kolagen) untuk kekuatan. Dermis mengandung kelenjar keringat, kelenjar sebaceous, folikel rambut, pembuluh darah dan saraf. Dermis terdiri dari dua lapisan, yaitu:

  • Dermis papiler yang lebih dangkal;
  • Dermis retikuler yang lebih dalam.
Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.8,008,517
  2. Pencapaian 5.15%
  3. Donatur 144

Hipodermis

Hipodermis merupakan lapisan subkutan yang terletak di bawah dermis. Sebagian besar lapisan ini terdiri dari lemak. Hipodermis memberikan dukungan struktural utama untuk kulit, serta mengisolasi tubuh dari dingin dan membantu penyerapan kejutan. Lapisan ini terkait dengan pembuluh darah dan saraf.

Fungsi Kulit

Setelah mengenal struktur kulit, sekarang kita akan mengenal fungsi kulit. Kulit memiliki enam pekerjaan utama yang harus dilakukan setiap hari meliputi:

Mengontrol Suhu Tubuh

Kulit melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengontrol suhu tubuh dan menjaganya agar tetap stabil. Ini dilakukan dengan dua cara yaitu melalui keringat, dan perubahan aliran darah, bergantung pada suhu udara di sekitar kita. Jika kita berada di iklim yang panas, tubuh kita mengeluarkan keringat dari kelenjar di kulit. Hal ini berbeda di iklim dingin. Kita berkeringat lebih sedikit dan pembuluh darah menyempit, mengurangi jumlah aliran darah yang membantu tubuh menahan panas. 

Menyimpan darah

Kulit berperan sebagai reservoir untuk menyimpan darah. Di dalam lapisan tipis kulit terdapat banyak pembuluh darah yang, saat istirahat, yaitu ketika duduk atau berbaring, menahan antara 8-10% dari total darah dalam tubuh. 

Perlindungan

Tubuh kita ditutupi oleh satu lapisan pelindung yang besar. Kulit melindungi kita dari hal-hal yang berada di luar yang bisa menyerang kita. Kulit kita terdiri dari sel-sel yang sangat rapat dan sangat kecil yang menghasilkan protein kuat yang dikenal sebagai Keratin. Keratin ini melindungi jaringan di dalam kita dari panas, goresan, bahan kimia, dan kotoran apa pun. Kelenjar khusus di kulit menghasilkan zat berminyak yang menutupi kulit dan rambut kita agar tidak mengering. Keringat kita juga bersifat asam dan memberikan perlindungan terhadap kuman jahat. Pigmen di kulit kita melindungi kita dari sinar UV matahari yang berbahaya. Terakhir, ada jenis sel khusus lain yang mengenali semua yang berbahaya yang telah menembus lapisan kulit dan memperingatkan sistem kekebalan kita untuk melawan penyerang tubuh.

Sensasi

Di dalam lapisan kulit kita ada ribuan struktur kecil yang dikenal sebagai reseptor, yang membantu kita mendeteksi sensasi. Ujung saraf melakukan pekerjaan serupa. Sensasi ini meliputi sentuhan, getaran, tekanan, gelitik, panas, dingin, dan nyeri.

Penyerapan dan Ekskresi

Penyerapan mengacu pada pergerakan zat dari dunia luar, melalui kulit dan ke dalam tubuh kita. Kita dapat menyerap vitamin tertentu, obat-obatan, gas (oksigen dan karbon dioksida), serta banyak zat lain melalui kulit kita. Banyak di antaranya adalah zat baik yang kita butuhkan untuk hidup. Zat-zat yang lain bisa berbahaya bagi tubuh kita.

Ekskresi mengacu pada pembuangan zat limbah dari tubuh. Keringat kita adalah salah satu cara untuk membuang zat limbah ini. Kita juga kehilangan air dari kulit melalui proses penguapan.

Produksi vitamin D

Kita membutuhkan Vitamin D untuk banyak proses di tubuh dan kulit aktif dalam produksinya. Vitamin D diproduksi saat sinar UV matahari mengenai kulit kita yang terbuka. Vitamin D digunakan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita makan. Kedua zat ini penting untuk kesehatan tulang dan otot yang baik. Vitamin D juga memainkan peran utama dalam fungsi sistem kekebalan kita ketika kita perlu melawan invasi mikroba. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mengurangi tingkat peradangan.

Sekarang kita sudah mengenal struktur kulit tubuh dan fungsinya. Sambil merawat kulit kita, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Hadiah Lebaran untuk Saudara Dhuafa

Referensi

Benedetti, J. (2019). Structure and Function of the Skin. msdmanuals.com.
Weller, Richard P. J. B et al., (2008). Clinical Dermatology (4th ed.). Blackwell Publishing
Lawton, S. (2019). Skin 1: the structure and functions of the skin. nursingtimes.net.
Richardson, M. (2003). Understanding the structure and. cdn.ps.emap.com.
Six functions of the skin. (2020). enhanceosteopathy.com.au.Structure And Function Of The Skin. (2021). clinimed.co.uk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *