11 Manfaat Bermain Bulutangkis untuk Kesehatan

11 Manfaat Bermain Bulutangkis untuk Kesehatan

Masih terasa euforia Thomas Cup 2020 yang dimenangkan oleh tim Thomas Indonesia. Selain sepak bola, bulutangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak penggemarnya. Tak hanya seru dan menyenangkan, manfaat bulutangkis untuk kesehatan juga banyak dirasakan oleh mereka yang melakukannya. Olahraga apapun memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik juga mental. Menurut the National Institute of Aging, mengabaikan olahraga justru berisiko. 

CDC menjelaskan bahwa aktivitas fisik secara teratur merupakan salah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita.  Bulutangkis merupakan olahraga aktif yang menyenangkan dan ini adalah permainan yang mudah untuk dipraktikkan. Manfaat bulutangkis untuk kesehatan di antaranya meningkatkan otot, menambah kekuatan pada otot, meningkatkan laju aliran darah dan masih ada manfaat lainnya. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan olahraga bulutangkis yang bisa kita dapatkan.

Membuat Metabolisme Lebih baik dan Meningkatkannya

Metabolisme yang baik dapat membantu tubuh agar bisa mempertahankan komposisi fisik yang baik dan membantu tubuh kita tetap fit. Salah satu manfaat bulutangkis untuk kesehatan yaitu untuk meningkatkan metabolisme karena peningkatan fungsi kardiopulmoner. Fungsi kardiopulmoner yaitu kemampuan tubuh manusia untuk memproduksi keringat secara alami ketika dibutuhkan. Ekskresi keringat membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Jika tubuh kita sering berkeringat, tubuh bisa mencapat tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

Penurunan berat badan

Semua jenis aktivitas fisik maupun olahraga tentunya membutuhkan energi berupa kalori yang dihasilkan oleh tubuh dari pembakaran lemak dan karbohidrat. Proses pembakaran lemak ini mengarah pada penghapusan timbunan lemak ekstra di dalam tubuh yang akan membantu kita untuk menurunkan berat badan. Begitu juga dengan bulutangkis. Salah satu manfaat bulutangkis untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan karena banyak lemak yang terbakar setelah melakukan permainan ini.

Klik Untuk Donasi - Ayo Kita Jaga Yatim
  1. Terdanai Rp.309,000
  2. Pencapaian 0.27%
  3. Donatur 28

Jantung Menjadi Sehat

Manfaat bulutangkis untuk kesehatan yang lainnya yaitu memperlancar peredaran darah, yang nantinya akan memperkuat otot jantung untuk memompa darah lebih deras. Jantung yang lebih kuat akan membuat jantung menjadi sehat karena menghilangkan penyumbatan dinding arteri dan menurunkan kolesterol jahat.

Bulu Tangkis Meningkatkan Kesehatan Mental 

Tak hanya bermanfaat untuk fisik, melakukan aktivitas fisik secara teratur akan membantu melepaskan hormon endorphin, yaitu hormon bahagia alami kita. Nantinya ini akan bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres, depresi dan membuat suasana hati dan tidur kita menjadi lebih baik. Manfaat bulutangkis untuk kesehatan mental juga tak kalah pentingnya. Bersosialisasi dengan pemain lain serta berkumpul saat bermain bulutangkis sangat bermanfaat dalam memerangi kesepian di antara pemain yang lebih tua. 

Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut WHO diabetes merupakan salah satu penyakit yang pertumbuhannya cukup pesat di dunia. Salah satu manfaat utama bulutangkis untuk kesehatan adalah menurunkan risiko diabetes dengan membantu tubuh kita menurunkan kadar gula darah. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat bermain bulutangkis bisa menurunkan produksi gula yang menjauhkan kita dari terjangkit penyakit diabetes.

Kekuatan Otot Meningkat

Salah satu manfaat penting bermain bulutangkis untuk kesehatan adalah meningkatkan kekuatan otot yang membuat kita menjadi kuat dan bugar. Bergerak terus-menerus ke tiap arah, membangun massa otot kita, dan membentuknya menjadi struktur yang sempurna. Bermain bulutangkis bisa meningkatkan otot inti, betis, paha depan, serta paha belakang.

Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Paru-paru dan jantung secara sistematis mengkoordinasi sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karenanya, saat otot jantung menguat dan sirkulasi membaik, fungsi paru-paru pun akan meningkat juga, khususnya untuk mereka yang mengalami kesulitan bernapas.

Membantu Peningkatan Mobilitas

Secara bertahap mobilitas kita mulai menjadi lebih terbatas seiring bertambahnya usia. Kita bisa mencegah hal ini dengan memastikan bahwa kita melumasi sendi kita dengan mengikuti aktivitas fisik dan tetap aktif. Salah satu manfaat bulutangkis untuk kesehatan yaitu membantu meminimalkan risiko radang sendi dan masalah sendi lainnya karena kita aktif bergerak selama bermain.

Meningkatkan Fleksibilitas

Sudah banyak yang tahu kalau peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas dan fleksibilitas membantu mengurangi nyeri otot serta risiko otot cedera. Bulutangkis juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas karena gerakan dalam olahraga ini melibatkan ayunan dan jangkauan pemain, yang pada gilirannya akan menciptakan fleksibilitas dan kelincahan yang luar biasa dalam diri pemain.

Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Kekuatan Tulang

Manfaat lain dari bermain bulutangkis untuk kesehatan yaitu mendorong pertumbuhan sel pembentuk tulang sehingga mengurangi kejadian patah tulang atau osteopenia. 

Meningkatkan Kecerdasan Mental

Pemain harus fokus pada kok yang bergerak cepat. Ini akan meningkatkan tingkat konsentrasi dan keaktifan mental. Ketika bermain, pemain harus waspada, pikiran harus hadir. Ketika bermain, pemain harus merencanakan ke mana harus bergerak, bagaimana cara bergerak, bagaimana cara memukul kok, kapan harus mengembalikannya, apakah menggunakan backhand atau forehand, semuanya harus diingat. Kehadiran pikiran ini bermanfaat bagi kita dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari kita.

Bermain bulutangkis memang selalu mengasyikkan apalagi saat membuatnya menjadi sebuah pertandingan. Tak hanya menyenangkan, olahraga ini juga bermanfaat. Manfaat bulutangkis untuk kesehatan banyak sekali, salah satunya membuat jantung sehat. Sore-sore bermain bulutangkis asyik juga, lho! Seusai bermain, sambil beristirahat kita bisa melakukan aktivitas lain yang bermanfaat, yaitu membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id.

Sekujur Tubuhnya dipenuhi Luka akibat Penyakit Kulit Kronis, Ikshan Mengharapkan Uluran Tanganmu!

Referensi

Daniels, L. (2021). What are the mental and physical health benefits of exercise? Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

Decathlon. (2021). Top 15 Health Benefits Of Playing Badminton | Blog Decathlon. Diambil kembali dari blog.decathlon.in.

Duncan, C. (2020). 9 REASONS YOU NEED TO START PLAYING BADMINTON. Diambil kembali dari everyoneactive.com.

Steven. (2020). 10 Health Benefits of Playing Badminton. Diambil kembali dari badmintonrocket.com.TOP 15 BENEFITS OF PLAYING BADMINTON. (t.thn.). Diambil kembali dari decathlon.com.hk.

Sumber Featured Image : Vlad Vasnetsov dari Pixabay