Yoghurt: Keistimewaan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Yoghurt: Keistimewaan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Yoghurt selain menyegarkan juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Mari kita kupas satu persatu keistimewaan produk olahan susu yang satu ini beserta manfaatnya untuk tubuh.

Klik Untuk Donasi - Alami Berbagai Kecacatan Sejak Lahir, Yuk Bantu Adik Shaka!
Virus Rubella, Infeksi Cytomegalovi...
Trishaka Mahendra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,926,888
  2. Pencapaian 16.68%
  3. Donatur 66

Sarat akan Kandungan Gizi Pada Yoghurt

Pada proses pembuatannya berasal dari susu matang yang dicampurkan dengan mikroba jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophillus yang kemudian dibiarkan selama beberapa jam pada suhu 43 hingga 46 derajat celsius. Proses fermentasi dari yoghurt membuatnya lebih kaya akan kandungan gizi dan relatif aman untuk penderita intoleransi laktosa. 

Yoghurtyang kita konsumsi mengandung protein yang lengkap dalam jumlah  terbilang besar, lalu ada asam amino yang dibutuhkan tubuh, laktosa yang telah diubah ke bentuk lebih sederhana yaitu glukosa dan galaktosa, bermacam vitamin, dan juga  berbagai mineral yang berperan penting dalam proses-proses biologis.

Memperkuat Kekebalan Tubuh dan Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan probiotik, vitamin D, dan mineral seperti selenium, magnesium, dan seng, yang terdapat dalam yoghurt akan meningkatkan sistem kekebalan dan imun tubuh.  Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperkecil kemungkinan terkena sejumlah penyakit dan mengurangi tingkat keparahan ketika terjangkit flu atau pilek.

Mencegah Kanker

Natural killer cell dan interferon yang terkandung, berperan mendorong sistem pertahanan tubuh untuk melawan kanker dan tumor. Pertumbuhan dan aktivitas bakteri di usus halus yang menghasilkan asam lemak berantai pendek atau senyawa beracun akan ditekan oleh unsur probiotik. Mampu mengikat dan memindahkan senyawa karsinogen, menghasilkan senyawa antimutagenik yang akan menghalangi munculnya sel kanker atau merangsang penghancuran sel abnormal yang berpotensi menjadi sel kanker dengan senyawa yang diproduksinya (Surajudin et al., 2006). 

Yoghurt dapat Membantu Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Yoghurttawar sangat efektif untuk mengontrol berat badan tetap ideal, tinggal ditambahkan buah-buahan segar atau kacang-kacangan dalam penyajiannya. Yoghurt merupakan pilihan tepat untuk mengendalikan berat badan karena kandungan kalorinya lebih rendah dan tinggi akan nutrisi. Untuk sarapan, bisa dikombinasikan dengan roti gandum dapat menjadi alternatif menu. 

Protein dalam jumlah besar berperan menunjang metabolisme. Bersama-sama dengan kalsium, protein pada yoghurt menaikkan kadar hormon GLP dan peptida YY yang dapat mengurangi nafsu makan. Tekstur kental dari yoghurt akan memberikan efek kenyang lebih lama.     

Berat badan yang terjaga dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit berbahaya semacam diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung. 

Klik Untuk Donasi - program nasi berkah
Program Nasi Berkah

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.55,000
  2. Pencapaian 0.95%
  3. Donatur 2

Memelihara Kesehatan Pencernaan 

Jika ingin memiliki pencernaan yang terjaga kesehatannya direkomendasikan untuk memasukkan yoghurt ke dalam diet harianmu. Yoghurt mempunyai daya antibiotika yang dapat mencegah pembusukan dini di usus halus (Shah, 1999). Probiotik yang terkandung pada yoghurt dapat melindungi sistem pencernaan dengan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat. Probiotik juga mencegah sembelit dan diare yang disebabkan konsumsi antibiotik.  

Pilih yoghurtdengan kandungan kultur bakteri aktif untuk memastikan bahwa probiotik yang terdapat di dalamnya benar-benar efektif. Informasi mengenai hal itu biasanya tercantum pada label di kemasan.

Itulah beberapa keistimewaan dan manfaatnya bagi kesehatan. Yoghurt termasuk makanan yang dapat meningkatkan imun dan mengurangi risiko tertular Covid 19. 

Jika kamu ingin berdonasi bagi pasien Covid 19 maupun masyarakat yang terdampak pandemi, bisa langsung mengunduh aplikasi donasi WeCare.id yang tersedia di Play Store ataupun App Store atau klik https://wecare.id/

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *