Sudah Kenal dengan Aplikasi PeduliLindungi?

Sudah Kenal dengan Aplikasi PeduliLindungi?

Terkadang seseorang memiliki suasana hati yang buruk karena mengalami kegagalan, kekecewaan, dan kesedihan dalam Apakah aplikasi PeduliLindungi (PL) sudah terpasang di telepon pintarmu? Sekarang ini aplikasi tersebut sedang jadi bahan perbincangan banyak orang. Salah satu penyebabnya adalah karena aplikasi ini menjadi salah satu persyaratan agar masyarakat bisa masuk beberapa gedung, seperti mal dan bioskop. Untuk tahu lebih banyak mengenai aplikasi ini, yuk baca ulasannya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Pedulilindungi?
  2. 2. 6 Sektor yang Memanfaatkan Aplikasi Pedulilindungi
  3. 3. Cara Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi

Apa Itu PeduliLindungi?

PeduliLindungi merupakan aplikasi hasil rancangan Keminfo bersama dengan Kementerian BUMN. Pengguna aplikasi ini yaitu Kementerian Kesehatan bersama Gugus Tugas. Kedua instansi ini menggunakannya dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini.

Dalam penggunaannya PeduliLindungi memerlukan partisipasi dari masyarakat Indonesia untuk saling berbagi data lokasi ketika mereka bepergian. Tujuannya agar dapat dilakukan penulusuran riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

PeduliLindungi bisa membantu warga untuk melakukan pengawasan kesehatan dengan cara tracing atau penelusuran, tracking atau pelacakan, dan fencing atau pengurungan terhadap mereka yang diduga terinfeksi COVID-19.

Di masa PPKM yang masih berlangsung saat ini aplikasi PelindungLindungi berperan penting dalam hal pengendalian COVID-19. Pemerintah saat ini melakukan beberapa uji coba pemanfaatan aplikasi ini untuk menunjang aktivitas masyarakat di masa PPKM. Misalnya sebagai alat untuk skrining saat hendak memasuki sebuah tempat atau area. 

Melalui aplikasiPeduliLindungi , status vaksinasi seseorang dapat dilacak apakah orang tersebut sudah divaksin atau belum. Selain itu, pemanfaatan aplikasi ini juga untuk memberikan informasi mengenai hasil tes COVID-19 atau untuk tahu apakah pernah terjadi kontak erat antara orang tersebut dengan orang yang sudah dinyatakan positif COVID-19. 

Klik Untuk Donasi - Vaksinasi Untuk Eliminasi COVID-19 | #SinergiUntukJakarta
  1. Terdanai Rp.1,259,000
  2. Pencapaian 0.81%
  3. Donatur 21

6 Sektor yang Memanfaatkan Aplikasi PeduliLindungi

Sekarang ini fokus pemanfaatan PeduliLindungi berada di 6 sektor. Aplikasi tersebut digunakan untuk skrining. Adapun 6 sektor tersebut adalah: 

  1. Transportasi (darat, laut, udara) 
  2. Perdagangan (pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan pasar modern dan) 
  3. Kantor/Pabrik (swasta, pemerintah, pabrik besar, bank, UMKM/IRT) 
  4. Pariwisata (hotel, event/pertunjukan, restoran) 
  5. Pendidikan (PAUD, SD – SMA, Perguruan Tinggi) 
  6. Keagamaan (masjid, gereja, pura, wihara, kegiatan keagamaan) 

Cara Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

AplikasiPeduliLindungi berdasarkan informasi di atas dimanfaatkan oleh 6 sektor. Salah satu di antaranya yaitu sektor perdagangan. Sekarang orang diwajibkan melakukan scan QR code untuk masuk mal atau pusat perbelanjaan. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, sebelum masuk mal pengunjung harus melakukan scan QR code sertifikat vaksin. Langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS 

2. Masuk menggunakan akun PeduliLindungi

Kalau belum mempunyai akun PeduliLindungi, pengguna bisa klik ‘Buat akun PeduliLindungi’, kemudian masukan alamat email serta nomor ponsel.

Apabila telah mempunyai akun PeduliLindungi, klik ‘Login sekarang’. Untuk login, pengguna bisa menggunakan nomor telepon atau alamat email mereka.

3. Scan QR Code

Terdapat menu Scan QR Code pada halaman muka aplikasi PL yang terletak di bagian atas peta. Selanjutnya tekan dan kemudian lakukan scan QR Code yang terdapat di pintu masuk pusat perbelanjaan atau mal. Setelah itu, klik ‘Check-in’.

4. Hasil scan QR Code

Tiket check in akan keluar sesudah melakukan scan QR code. Selanjutnya pengunjung akan melihat warna tertentu yang berkaitan dengan boleh tidaknya pengunjung masuk ke pusat perbelanjaan atau mal. 

Berikut ini arti warna dari hasil scan QR Code tersebut, yaitu: 

  • Warna hijau ini berarti pengunjung sudah melakukan vaksin sebanyak 2 kali, bukan pasien positif Covid-19 serta tidak melakukan kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.
  • Warna kuning berarti pengunjung baru melakukan vaksin pertama. 
  • Warna merah artinya pengunjung belum pernah mendapatkan vaksin, pasien positif Covid-19 atau juga melakukan kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.

5. Scan QR Code Ketika Keluar dari Pusat Perbelanjaan

Sebelum keluar mal, pengunjung wajib untuk melakukan scan QR Code lagi untuk check-out.

Nah, sekarang sudah jelas apa fungsi dari aplikasi PelindungLindungi. Aplikasi ini sekarang menjadi salah satu syarat untuk masuk beberapa tempat juga menaiki transportasi umum. Selain itu, aplikasi PL juga berguna untuk melacak orang yang sudah dinyatakan positif COVID-19 ataupun mereka yang pernah berkontak erat dengan pasien positif COVID-19. 

Di saat pandemi seperti sekarang ini, banyak orang-orang yang memerlukan bantuan, di antaranya bantuan biaya pengobatan.Yuk bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Caranya dengan berdonasi untuk mereka. Untuk bisa berdonasi, cukup download aplikasiWeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.  

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Ulurkan tangan untuk saudara yang membutuhkan
  1. Terdanai Rp.2,325,462
  2. Pencapaian 2.01%
  3. Donatur 13

Referensi

Apa itu PeduliLindungi? (2020). Diambil kembali dari pedulilindungi.id.

Ferdiaz, N. Y. (2021). Wajib Sebelum Masuk dan Keluar Mal, Ini Arti Warna Hasil Scan QR Code Sertifikat Vaksin Covid-19. Diambil kembali dari health.grid.id.Rafie, B. T. (2021). Jangan sampai ketinggalan! Ini manfaat mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Diambil kembali dari newssetup.kontan.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *