Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Bosan Kala Pandemi

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Bosan Kala Pandemi

Semua orang sudah menjalani hidup bersama Covid-19 selama lebih dari satu tahun. Ruang gerak yang terbatas kala pandemi tentunya bisa membuat kamu bosan dan malas. Saat ini kamu mungkin sedang mencari cara menghilangkan rasa malas dan bosan yang menyerang.

Peraturan yang ketat dalam menjaga protokol kesehatan memberikan setiap orang perlindungan ekstra dari serangan virus mematikan ini. Tapi melakukan hal yang sama terus-menerus akan menimbulkan rasa bosan.

Bekerja di rumah pun memberikan dampak yang sama. Tentunya berdiskusi dengan rekan kerja melalui layar laptop atau smartphone memberikan sensasi yang berbeda. Hasilnya, semakin besar rasa malas dan kebosanan yang menyerang. 

Keputusanmu untuk membaca artikel ini juga pasti beralasan. Kemungkinan besar kamu sedang mencari cara menghilangkan rasa malas dan bosan yang sedang kamu alami saat ini. Untungnya banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif.

Alami Keterlambatan Tumbuh & Kembang Akibat Hipotiroid, Atmim Membutuhkan Bantuanmu!

Cara menghilangkan rasa malas dan bosan

Selama pandemi, amu pasti menyadari ada beberapa kebiasaan baru yang kamu lakukan. Kebiasaan baru ini sering kali membuatmu menjadi malas. Melakukan hal yang sama berulang kali juga bisa membuatmu bosan.

Kamu tentunya tidak mau bukan jika rasa malas tersebut kebiasaan yang terus kamu lakukan setelah pandemi usai. Untuk menghindarinya, coba saja beberapa tips dan cara menghilangkan rasa malas dan bosan berikut ini.

Atur alarm dan jaga pola tidur

Mengatur alarm dapat memberikanmu dorongan untuk menjaga rutinitas. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menjaga pola tidur yang sehat. Kamu mungkin tidak ingin bangun dari tempat tidur karena jadwal kegiatan yang sedikit. Alarm justru dapat membantumu menemukan rutinitas baru dan menjadi lebih produktif walau kamu tidak mempunyai rencana apa pun.

Berpakaian rapi

Bekerja dari rumah biasanya membuat kamu malas bekerja. Dengan berpakaian rapi di pagi hari, perilaku dan motivasi yang kamu rasakan akan jauh berbeda daripada saat masih memakai baju tidur. Bekerja dengan baju tidur cenderung memberikan sinyal pada otak saatnya untuk bersantai.

Pertahankan rutinitas harian

Setiap orang mungkin memiliki rutinitas yang berbeda setiap hari. Yang perlu kamu lakukan adalah mencoba untuk tetap konsisten dalam menjalankan rutinitas tersebut. Jika kamu jarang memiliki rutinitas, cobalah untuk menyibukkan diri dengan melakukan sesuatu seperti berkebun, merapikan rumah atau mendekor ulang kamarmu.

Buat jadwal

Buatlah jadwal di pagi hari berisi tentang kegiatan yang harus kamu lakukan selama satu hari penuh. Jangan lupa untuk memberikan jeda istirahat. Waktu istirahat ini bisa menjadi motivasi bagi kamu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal yang sudah kamu buat.

Buat target yang realistis

Bekerja dari rumah dapat mempengaruhi kinerja kamu. Target kerja yang bisa kamu capai saat bekerja dari kantor mungkin terasa sulit saat kamu kerjakan di rumah. Target kerja yang tidak tercapai justru bisa membuat kamu lelah dan tertekan. Akhirnya kamu tidak ingin melakukan apa pun.

Karena itu, cobalah untuk membuat target yang lebih realistis dengan kondisi kerja kamu sekarang. Ukur kemampuanmu saat bekerja dari rumah. Kemudian jadikan pencapaian kerjamu dalam sehari sebagai target barumu.

Beri hadiah diri sendiri saat mencapai target

Jika kamu merasa tidak termotivasi untuk melakukan apa pun, berikan sesuatu yang positif untuk memotivasi dirimu. Penguatan positif adalah teknik psikologi dimana kamu mendapatkan hadiah setelah menyelesaikan tugas.

Hadiah yang kamu dapatkan bisa beragam. Kamu bisa membiarkan diri untuk menikmati acara favoritmu, menjelajah internet, atau apa pun yang kamu sukai. Pada masa sulit seperti saat ini, menjalani hari menjadi tantangan tersendiri. Jadi kamu juga harus  menghargai usaha yang sudah kamu lakukan.

Batasi waktu layar

Ponsel, media sosial, dan menjelajahi informasi dari internet dapat membuat kamu malas selama berjam-jam. Kamu bisa membatasi waktu layarmu dengan hanya menggunakan ponsel saat waktu istirahat saja. Dengan begitu, Kamu dapat menyingkirkan hal-hal yang menghalangimu untuk lebih produktif.

#MenangBersama dengan APD untuk Menjaga Indonesia

Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan energi dan membangun mood yang baik. Tapi tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Hanya berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dapat membantumu untuk lebih bersemangat lagi.

Bersosialisasi

Salah satu alasan munculnya rasa malas dan bosan adalah kurangnya interaksi sosial. Walau kamu harus tetap menjaga jarak, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mentalmu untuk bersosialisasi.

Pindah suasana

Berada di ruangan yang sama selama bekerja di rumah bisa membuat kamu bosan dan malas. Cara untuk menghilangkan malas dan bosan antara lain dengan mengubah suasana kerjamu. Jadi cobalah untuk berpindah lokasi.

Kamu tidak perlu keluar dari rumah. Temukan tempat di ruangan lain yang bisa membuat kamu nyaman dalam bekerja. Jika amu bosan di dalam rumah, kamu bisa bekerja di taman atau teras rumahmu.

Masih banyak cara lain yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan rasa malas dan bosan selama pandemi ini. Pastikan untuk selalu melakukan kegiatan positif agar kamu bisa tetap termotivasi setiap hari.

Kamu juga bisa memotivasi diri dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Caranya, kamu bisa berbagi kebaikan dengan membantupasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit yang membutuhkan bantuan dana.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Bouch, E. (t.thn.). How to Stay Motivated While We’re Staying Home. Diambil kembali dari https://grottonetwork.com/DW Jerman. (t.thn.). 6 ways to fight coronavirus lockdown boredom. Diambil kembali dari https://www.dw.com/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *