Gerakan Gotong Royong Menuju Indonesia Bangkit

Gerakan Gotong Royong Menuju Indonesia Bangkit

Gotong royong merupakan salah satu ciri khas masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang dalam Pancasila yaitu sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’. Sehingga tidak heran jika masyarakat Indonesia menjadikan gotong royong sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat. Tidak hanya karena pandemi sedang berlangsung, tetapi masyarakat Indonesia selalu percaya bahwa gotong royong adalah salah satu hal yang dapat membantu kita bersama dalam melewati masalah yang ada.

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,262,689,000
  2. Pencapaian 63.13%
  3. Donatur 143

Oleh karena itu, kita pun meyakini bahwa dengan gotong royong, kita mampu melewati situasi pandemi. Seperti kita tahu, saat ini dunia sedang menghadapi pandemi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau kita kenal dengan COVID-19. Hal ini menyebabkan berbagai perubahan pada sektor sosial ekonomi seluruh wilayah yang terjangkit. Selain itu, ketidakpastian mengenai kapan wabah akan berakhir membuat banyak golongan masyarakat terutama golongan menengah ke bawah bingung memikirkan nasib mereka. Kehidupan yang berjalan seperti biasa tanpa adanya mata pencaharian membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memberikan rasa optimisme kepada masyarakat yang terdampak. Masyarakat yang masih mampu mencukupi kebutuhan hidupnya banyak yang meningkatkan kepeduliannya dengan berkontribusi untuk membantu golongan yang tidak mampu dengan cara melakukan penggalangan dana atau donasi.

Gotong Royong Melalui Gerakan #IndonesiaBangkit

Selain itu, bentuk kontribusi dapat kita lakukan dengan cara bergabung menjadi relawan melalui program Indonesia Bangkit. Gerakan Indonesia Bangkit merupakan gerakan terbaru dari WeCare.id dengan harapan dapat membuat gotong royong menjadi nyata. Salah satu gerakannya adalah mengadakan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Gerakan #IndonesiaBangkit ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari orang-orang peduli di negeri ini. Dengan segala keterbatasan akibat pandemi yang sedang berlangsung, tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat mengambil bagian dalam mendukung gerakan sosial #IndonesiaBangkit. Terlebih dengan semakin majunya teknologi saat ini yang dapat mempermudah kita semua untuk spread good news, raise awareness dan pada akhirnya dapat mencapai fundraising.

“Berbuat untuk sebuah harapan, yang tidak lagi dikeluhkan tetapi diperjuangkan. Yang menjadi pena adalah kebaikan yang menjadi tinta adalah kemanusiaan”

Najwa Shihab

WeCare.id mengajak semua anak muda untuk ikut gotong royong sebagai relawan dalam mendukung gerakan sosial #IndonesiaBangkit. Semua bentuk dukungan sangat berarti, berapa pun besarannya. Kita semua bisa turut serta andil dan mengambil peran.

Bagi teman-teman yang ingin menjadi bagian dari Relawan Indonesia Bangkit dan mendukung gerakan sosial ini bisa klik link form berikut ini:  https://form.wecare.id/indonesiabangkit. Berikan kontribusimu untuk membantu Indonesia menghadapi pandemi. WeCare.id tanpa Relawan #IndonesiaBangkit, seperti malam tanpa bintang!

Klik Untuk Donasi - Bahagiakan Saudara Muslim Terdampak Pandemi Dengan Berbagi Sembako
  1. Terdanai Rp.2,301,500
  2. Pencapaian 1.94%
  3. Donatur 34

Referensi :

https://fisip.ub.ac.id/?p=10282&lang=id

https://www.bola.com/ragam/read/4508362/pengertian-gotong-royong-manfaat-tujuan-jenis-nilai-nilai-karakteristik-dan-contohnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *