Yuk, Kenali Stem Cell dan Manfaatnya

Yuk, Kenali Stem Cell dan Manfaatnya

Stem Cell merupakan harapan baru di bidang medis. Metode ini mampu menyembuhkan beberapa kanker serta dapat digunakan sebagai anti aging. Beberapa jenis kanker yang telah terbukti berespons baik terhadap terapi stem cell yaitu kanker payudara, kanker otak, kanker prostat, dan kanker kulit (AHCC, 2020). Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang terapi stem cell dan manfaatnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Jenis Stem Cell
  2. 2. Apa Saja Manfaat Stem Cell?
  3. 3. Bagaimana Cara Transplantasi Stem Cell?
  4. 4. Adakah Efek Samping Stem Cell?
Klik Untuk Donasi - Kanker Darah Mengancam Nyawa Qiana, Uluran Tanganmu Sangat Diharapkan!
Leukemia Limfoblastik Akut
Ni Made Qiana Adhista Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,145,008
  2. Pencapaian 39.99%
  3. Donatur 86

Jenis Stem Cell

Stem cell atau sering disebut sel punca merupakan jenis sel yang dapat memperbanyak diri dan melakukan perubahan menjadi berbagai jenis sel lainnya. Hal inilah yang menyebabkan stem cell dapat dijadikan terobosan baru dalam mengatasi penyakit degeneratif, penyakit kanker, penyakit kronis, dan penyakit autoimun.

Berikut beberapa jenis stem cell berdasarkan asalnya:

1. Stem Cell Embrionik

Stem cell embrionik merupakan sel yang diambil dari embrio yang berusia 3 hingga 5 hari. Sel embrio merupakan sel yang terbentuk karena pertemuan sel sperma dan sel ovum. Stem Cell embrionik ini bersifat pluripotent yang artinya sel ini dapat berkembang biak dan berubah menjadi jenis sel yang lain.

2. Stem Cell Dewasa

Stem cell dewasa merupakan jenis sel punca yang memiliki keterbatasan dalam hal sifat pluripotennya. Stem cell dewasa biasanya diambil dari sumsum tulang. Stem cell jenis ini memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat berkembang menjadi sel darah, sel tulang dan otot jantung.

3. Induced Pluripotent Stem Cell

Induced Pluripotent Stem Cell merupakan stem cell yang dikembangkan menggunakan sel dewasa yang diprogram melalui teknologi genetic reprograming. Pemrograman ini memungkinkan stem cell bersifat seperti stem cell embrionik dan dapat berubah menjadi jenis sel lain yang diharapkan. Penggunaan stem cell jenis ini memungkinkan risiko penolakan imun lebih sedikit karena menggunakan bagian tubuh sendiri.

4. Stem Cell Perinatal

Stem cell perinatal merupakan stem cell yang berasal dari air ketuban dan tali pusat. Stem cell ini juga bersifat pluripotent (Putri, 2020).

Apa Saja Manfaat Stem Cell

Stem cell bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis, seperti: kelumpuhan saraf, kanker payudara, kanker otak, kanker kulit, diabetes, gagal jantung, stroke, patah tulang yang tidak dapat tersambung, osteoporosis, luka bakar spektrum luas, dan penyakit autoimun.

Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!

Bagaimana Caranya Transplantasi Stem Cell

Stem cell dapat berasal dari diri sendiri yang disebut autologus, maupun berasal dari orang lain yang disebut alogenik. Stem cell perinatal atau berasal dari tali pusat merupakan jenis yang dianggap paling aman. Stem cell tersebut diambil oleh dokter kandungan lalu diproses oleh bank stem cell. 

Sebelum diletakkan di jaringan yang rusak, stem cell akan diproses terlebih dulu di laboratorium. Selanjutnya stem cell ditanam di jaringan yang rusak tersebut untuk memperbaiki dan memulihkan jaringan tersebut.

Adakah Efek Samping Stem Cell

Penggunaan metode stem cell dapat menimbulkan penolakan respons imun, oleh karena itu lebih diutamakan penggunaan stem cell yang berasal dari diri sendiri. Hingga saat ini masih dilakukan berbagai penelitian lebih lanjut mengenai stem cell ini.

Demikian ulasan mengenai stem cell dan manfaatnya. Mari bantu saudara kita yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan melalui Wecare.id, mudah, praktis, dan amanah. Caranya cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi.

Klik Untuk Donasi - Bu Mami Alami Kanker Payudara Stadium Lanjut
Kanker Payudara
Mami
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,748,400
  2. Pencapaian 8.85%
  3. Donatur 28

Referensi:

AHCC. (2020). Apa Itu Stem Cell dan Apa Fungsinya untuk Penyembuhan Kanker? – AHCC. 2020. https://ahcc.co.id/artikel/apa-itu-stem-cell-dan-apa-fungsinya-untuk-penyembuhan-kanker

Putri, S. (2020). Terapi Stem Cell, Harapan Baru Pengobatan Penyakit. 2020. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636288/mengenal-terapi-stem-cell-dan-potensinya-untuk-menyembuhkan-penyakit-berat

Sumber Featured Image : Pixebay.com