Apa itu Plasma Darah dan Apa Saja Fungsinya Bagi Tubuh Kita?

Apa itu Plasma Darah dan Apa Saja Fungsinya Bagi Tubuh Kita?

Plasma darah merupakan salah satu komponen berupa cairan dalam darah yang memiliki peranan penting bagi antibodi tubuh. Cairan ini bahkan dapat didonorkan untuk membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan. Baru-baru ini dalam upaya penanganan wabah Covid-19, plasma terbukti membantu terapi pada beberapa pasien hingga pulih.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Plasma Darah?
  2. 2. Kandungan Plasma Darah
  3. 3. Fungsi Plasma Darah
  4. 4. Donor Plasma Darah
  5. 5. Plasma Darah Untuk Terapi Penyembuhan Covid-19
Klik Untuk Donasi - Mengalami Kelainan pada Sel Darah Merah, Dihan Butuh Pertolonganmu Segera!
Autoimmune Hemolytic Anemia (AIHA)
Dihan Justin Gilbert
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,193,114
  2. Pencapaian 14.13%
  3. Donatur 30

Simak uraian berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait fungsi plasma darah.

Apa Itu Plasma Darah?

Plasma darah merupakan bagian cair dalam darah. Darah kita mengandung 55% plasma, sedangkan sisanya sebanyak 45% merupakan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Jika dipisahkan dari komponen darah lainnya, plasma terlihat seperti cairan berwarna kuning. 

Kandungan Plasma Darah?

Di dalam plasma itu sendiri, sebagian besar kandungannya berupa air. Kandungan lain yang terdapat dalamnya adalah protein seperti gamma globulin albumin, dan faktor anti-hemofilik, serta garam mineral, lemak, gula, hormon dan vitamin.

Fungsi Plasma Darah?

  • Membantu menjaga tekanan dan volume darah.
  • Menyediakan protein penting untuk pembekuan darah dan kekebalan tubuh.
  • Membawa elektrolit seperti natrium dan kalium ke otot kita.
  • Membantu menjaga keseimbangan pH dengan kandungan klektrolit, seperti natrium, kalium, bikarbonat, klorida, dan kalsium. Kadar pH yang tepat dapat membantu sel berfungsi dengan baik.
  • Mengangkut limbah ke hati atau ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dari tubuh.
  • Menjaga suhu tubuh dengan cara menyerap atau melepaskan panas sesuai kebutuhan.
  • Menjaga keseimbangan cairan di dalam darah dengan zat albumin yang terkandung di dalamnya
  • Membantu proses pembekuan darah dengan kandungan zat fibrinogen.
  • Antibodi imunoglobin yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan infeksi.

Dalam bidang pengobatan, plasma darah kerap digunakan untuk membantu pemulihan dari luka bakar, syok, trauma, dan keadaan darurat medis lainnya. Protein dan antibodi dalam plasma juga dimanfaatkan terapi gangguan autoimun dan hemofilia. 

Alami Pembengkakan Jantung Akibat Tekanan Darah Tinggi, Bu Evi Butuh Pertolongan Segera!

Donor Plasma Darah?

Seperti halnya darah, plasma darah dapat didonorkan kepada orang lain.  Plasma dari golongan darah AB bersifat universal sehingga dapat didonorkan kepada semua pasien. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki golongan darah AB disarankan untuk mendonorkan plasma darahnya sehingga dapat membantu menyelamatkan nyawa orang banyak.

Prosesnya sedikit berbeda dari donor darah biasa. Ketika melakukan donor plasma, hanya plasma darah saja yang diambil sedangkan sel darah merah dan trombosit dialirkan kembali ke dalam tubuh bersama garam.

Plasma Darah Untuk Terapi Penyembuhan Covid-19

Ketika virus masuk ke dalam tubuh, secara otomatis tubuh kita akan membentuk antibodi sebagai pertahanan terhadap infeksi. Antibodi ini kemudian disimpan di dalam plasma darah. 

Pada kasus penyakit Covid-19, para pasien yang berhasil sembuh artinya telah memiliki antibodi terhadap virus. Nah, antibodi ini dapat membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 lainnya dengan cara mendonorkan plasma konvalesen, yaitu plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19.

Donor plasma konvalesen ini dapat dilakukan di kantor Palang Merah Indonesia atau rumah sakit tertentu yang memiliki fasilitas penyimpanan donor plasma.

Demikian paparan singkat tentang plasma darah dan fungsinya. Selain membantu dengan donor plasma, jangan lupa membantu saudara kita yang membutuhkan uluran bantuan melalui wecare.id . Yuk segera, Download Aplikasi Wecare.id

Klik Untuk Donasi - Donasi Untuk Penjaga Hutan
  1. Terdanai Rp.50,000
  2. Pencapaian 0.43%
  3. Donatur 2

Referensi:

P. Piechotta V, et al (2021). Is plasma from people who have recovered from COVID-19 an effective treatment for people with COVID-19? https://www.cochrane.org/CD013600/HAEMATOL_plasma-people-who-have-recovered-covid-19-effective-treatment-people-covid-19#:~:text=The%20body%20produces%20antibodies%20as,used%20to%20make%20two%20preparations

Sehatq. (2021). Donor Plasma Bantu Pasien Covid-19, Ketahui Apa Itu Plasma Darah dan Fungsinya. Https://gaya.tempo.co/. https://gaya.tempo.co/read/1423097/donor-plasma-bantu-pasien-covid-19-ketahui-apa-itu-plasma-darah-dan-fungsinya/full&view=ok

The American National Red Cross (n.d.). The Importance of Plasma In Blood. Https://Www.redcrossblood.org. Diakses pada 27 Mei 2021 dari https://www.redcrossblood.org/donate-blood/dlp/plasma-information.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *