Yuk, Cari Tahu Keutamaan Menjenguk Teman yang Sakit

Yuk, Cari Tahu Keutamaan Menjenguk Teman yang Sakit

Islam begitu indah dan sempurna. Hingga hal paling kecil dan dianggap sepele oleh banyak orang pun diatur dalam Islam seperti menjenguk atau membantu orang yang sedang sakit. Dual hal itu mungkin sudah sering kita lakukan. Namun, tahukah kamu jika ada adab-adab yang harus diperhatikan dalam menjenguk teman yang sakit serta manfaat dan keutamaan di baliknya? Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya. 

Daftar isi:

  1. 1. Adab dalam Menjenguk Teman yang Sakit
  2. 2. Keutamaan Menjenguk Teman yang Sakit

Adab dalam Menjenguk Teman yang Sakit

Dalam menjenguk kerabat yang tengah sakit, tidak hanya membawa buah tangan yang perlu diingat, tetapi juga adab-adabnya. Di antaranya: 

Membawakan doa untuk kesembuhannya

Doa memang dapat diucapkan dalam berbagai bahasa. Akan tetapi akan lebih baik jika kita membacanya dalam bahasa Arab. Doa yang bisa kita bacakan ketika menjenguk teman yang sakit adalah: “ALLAHUMMA RABBAN NAASI MUDZHIBIL BA`SA ISYFII ANTA SYAAFI LAA SYAAFIYA ILLA ANTA SYIFAA`AN LAA YUGHAADIRU SAQAMA (Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh, tidak ada yang dapat menyembuhkan melainkan Engkau, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit).” (HR Bukhari no 5301)

Klik Untuk Donasi - Sejak usia 4 bulan Alami Hidrosefalus, Diana Butuh Pertolonganmu!
Hidrosefalus
Diana Purbasari
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,045,525
  2. Pencapaian 13.70%
  3. Donatur 11

Tetap menjaga aurat

Ada baiknya, ketika hendak mengunjungi kerabat yang terkena musibah sakit, kita memperhatikan pakaian yang akan dikenakan, terutama harus mematuhi aturan untuk tetap menjaga aurat agar tertutup. Begitu pula dengan kamu jika dalam keadaan sakit dan hendak dijenguk, aurat tetap harus terjaga dengan baik. 

Membahagiakan agar tidak berputus asa

Beberapa orang yang tengah sakit parah, keputusasaan dengan mudah menghinggapi. Maka, tugas kita ketika datang adalah membahagiakannya, memberikan dukungan yang menunjukkan kepedulian kita serta membantunya agar tidak berputus asa dengan keadaan yang dihadapi. Kata-kata penuh semangat dapat kita berikan untuk menolongnya. 

Kekurangan gizi sejak lahir, Ilham membutuhkan uluran tanganmu!

Keutamaan Menjenguk Teman yang Sakit

Usia mengetahui tentang adab dalam menjenguk orang yang sakit, kini saatnya untuk kita mengetahui apa saja manfaat dan keutamaannya. 

  • Selayaknya berada di kebun surga yang memetik buah-buahan paling lezat di dunia selama berada di ruangan untuk menjenguk mereka yang sakit. 
  • Memperoleh pahala yang berlipat dari Allah, seperti yang dijanjikan. 
  • Malaikat akan mendoakan sepanjang kita menjenguk mereka yang sakit, baik saudara yang dikenal dekat ataupun tidak. 
  • Sebagai pengingat untuk senantiasa mensyukuri akan kesehatan yang masih diberikan oleh Allah. 
  • Memperoleh jaminan kebaikan dan rahmat dari Allah SWT. 
  • Menjadi media untuk mengingat akan dosa-dosa atau kesalahan yang pernah diperbuat dan selalu ingat akan akhirat kelak. 
  • Allah akan mempermudah segala urusan kita di dunia hingga lancar, tanpa ada halangan apa pun. 
  • Merekatkan tali silaturahmi dengan kerabat serta menyambung hubungan yang putus. 
  • Selama menjenguk orang sakit, mulai dari berangkat hingga sampai di rumah kembali, kita dalam perlindungan Allah SWT. 

Jadi, masih enggan untuk meluangkan waktu sejenak untuk menjenguk teman yang sakit setelah mengetahui manfaat dan keutamaannya? Jangan lupa juga untuk terus memberi dukungan, membantu saudara-saudara yang membutuhkan uluran tangan dan tengah tertimpa ujian sakit. Kamu bisa menyalurkan bantuan melalui aplikasi WeCare. Jika belum punya, bisa langsung mengunduhnya di Play Store atau App Store. 

Klik Untuk Donasi - Bu Een Alami Kanker Payudara, Bantuanmu Sangat di Harapkan!
Kanker Payudara
Een Endrawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.621,446
  2. Pencapaian 11.03%
  3. Donatur 22

Referensi: 

Dalam Islam. 10 Keutamaan Menjenguk Orang Sakit dan Dalilnya. https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/keutamaan-menjenguk-orang-sakit

Dalam Islam. 8 Adab Menjenguk Orang Sakit dan Dalilnya. https://dalamislam.com/akhlaq/adab-menjenguk-orang-sakit

Fuad Hamzah Barabac, Lc. Keutamaan Menjenguk Orang Sakit. https://muslim.or.id/23380-keutamaan-menjenguk-orang-sakit.html.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *