Mengenal PMI dan Sejarahnya

Mengenal PMI dan Sejarahnya

Nama PMI atau Palang Merah Indonesia tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Meski demikian, ternyata tidak banyak yang tahu tentang sejarah dan asal-usul organisasi kemanusiaan ini. Oleh karena itu, mari kita mengenal tentang PMI lebih jauh mulai dari sejarah hingga fungsinya.

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu PMI
  2. 2. Sejarah Berdirinya PMI
  3. 3. Hari Berdirinya PMI
  4. 4. Fungsi PMI
Klik Untuk Donasi - Mengalami Kelainan pada Sel Darah Merah, Dihan Butuh Pertolonganmu Segera!
Autoimmune Hemolytic Anemia (AIHA)
Dihan Justin Gilbert
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,193,114
  2. Pencapaian 14.13%
  3. Donatur 30

Apa Itu PMI

Palang Merah Indonesia atau PMI merupakan organisasi sosial kemanusiaan di Indonesia. Gerakan ini memiliki tujuh prinsip utama, yakni kemanusiaan, kesukarelaan, kesamaan, kemandirian, kenetralan, kesatuan, dan kesemestaan. Dengan prinsip ini, PMI bergerak memberikan pertolongan kepada korban tanpa membedakan ataupun memihak.

Sejarah Berdirinya PMI

PMI sebenarnya sudah ada sejak sebelum Perang Dunia ke-2, yaitu pada 12 Oktober 1873. Saat itu organisasi ini masih bernama Nederlandsche Roode Kruis Afdeekung Indie (NERKAI) yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Namun, ketika memasuki masa pendudukan Jepang, organisasi ini sempat dibubarkan,

Pada tahun 1932, Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan memperjuangkan berdirinya kembali organisasi kemanusiaan ini. Sayangnya meski sudah mendapatkan banyak dukungan dari kalangan terpelajar Indonesia, pendiriannya tetap menemui kendala dan ditolak oleh pemerintahan masa itu. 

Pada masa pendudukan Jepang, rancangan organisasi ini kembali diajukan namun digagalkan lagi oleh pemerintah pendudukan Jepang. Baru pada tanggal 3 September 1945, Presiden Soekarno kemudian memerintahkan Dr. Boentaran yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI Kabinet I untuk membentu badan PMI.

Hari Berdirinya PMI

Setelah melalui perjuangan panjang, PMI kemudian berhasi dibentuk pada 17 September 1945. Panitia pembentukan organisasi ini antara lain adalah Dr. R. Mochtar, Dr. Bahder Djohan, Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, dan Dr. Boentaran. Sejak saat itu, tanggal 17 September diperingati sebagai Hari PMI.

Berbagi Ramadhan bersama Teman Hidup Sehatmu!

Fungsi PMI

Sesuai dengan prinsip pendiriannya, Palang Merah Indonesia ini memiliki fungsi penting sebagai organisasi yang memiliki peran besar dalam membantu pemerintah di bidang sosial dan kemanusiaan. Hal ini juga sesuai dengan syarat ketentuan Konvensi Jenewa 1949 yang juga telah disahkan oleh Pemerintah Indonesia tahun 1958.

Kegiatan PMI umumnya berkomitmen pada berbagai kegiatan kemanusiaan yang bertujuan memperbaiki hajat hidup masyarakat rentan, penanggunalanan bencana, kesehatan, dan perawatan masyarakat. Hingga kini 74 tahun pendiriannya, sudah begitu banyak kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PMI. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Membantu saat terjadi perang/konflik pada masa perang kemerdekaan Indonesia
  • Membantu korban bencana alam yang pernah terjadi di berbagai tempat di Indonesia. Bantuang yang diberikan meliputi pemberian pertolongan, evakuasi korban terdampak, pencarian korban, penyediaan layanan kesehatan dan dapur umum, penyediaan rumah sakit darurat di lapangan, dan lain-lain.
  • Pelaksanaan donor darah untuk penyediaan darah yang lebih mudah dan terjangkau bagi pasien yang sangat membutuhkan.

Kegiatan PMI didasarkan pada rasa kemanusiaan dan upaya untuk menyelamatkan nyawa. Kita juga bisa turut bergabung menjadi sukarelawan untuk mengulurkan tangan dan membantu mereka yang membutuhkan. Meski demikian, bergabung dengan PMI bukanlah satu-satunya cara untuk melakukan hal tersebut.

Klik Untuk Donasi - Akibat Derita Gagal Ginjal Kronis, Ratu Harus Rutin Jalani Cuci Darah Seminggu 2x
Gagal Ginjal Kronis, CKD-MBD, Hiper...
Ratu Syadiah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,485,000
  2. Pencapaian 91.92%
  3. Donatur 53

Jika kamu ingin membantu masyarakat yang rentan dan membutuhkan, donasi bisa menjadi jawabannya. WeCare memiliki berbagai program bantuan baik untuk masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan, maupun untuk korban bencana alam.

Kamu bisa turut membantu dengan berdonasi menggunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di App Store maupun Google Play.

Referensi:

pmi.or.id. Diakses pada 13 Maret 2021

Id.wikipedia.org. Diakses pada 13 Maret 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *