Manajemen Bencana: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi

Manajemen Bencana: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi

Sumber foto: CNN Indonesia

Bencana alam tidak dapat dihindari. Namun, kita bisa melakukan tanggap dan usaha pencegahan. Caranya dengan melaksanakan manajemen kebencanaan. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan fungsi manajemen bencana.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Manajemen Bencana
  2. 2. Manfaat Manajemen Bencana
  3. 3. Fungsi Manajemen Bencana

Klik Untuk Donasi - URGENT! Bantu Korban Banjir dan Longsor NTT Sekarang!
  1. Terdanai Rp.187,608,921
  2. Pencapaian 56.85%
  3. Donatur 316

Pengertian Manajemen Bencana

Manajemen kebencanaan (bencana) adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari aspek perencanaan, penanggulangan, hingga tindakan pascabencana. Kegiatan ini meliputi usaha pencegahan, tanggap darurat, mitigasi kesiapsiagaan, dan pemulihan. 

Tujuan diadakannya manajemen kebencanaan ini adalah untuk mengurangi kerugian dan risiko yang akan terjadi serta mempercepat proses pemulihan pascabencana.

Pelaksanaan manajemen terdiri dari dua tahap, yakni sebelum terjadi bencana dan sesudah terjadi bencana. Kegiatan yang dilakukan sebelum terjadi bencana meliputi pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan. Sebaliknya, kegiatan pascabencana meliputi tanggap darurat, rekonstruksi, dan rehabilitasi.

Manfaat Manajemen Bencana

Sebagai wilayah kepulauan, Indonesia sering mengalami bencana alam. Bencana alam ini pastinya tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Oleh karena itu, pelaksanaan manajemen bencana wajib dilakukan. Banyak sekali kebaikan dan manfaat dari membantu korban bencana alam yang masih belum disadari banyak orang.

Apa saja manfaat melakukan manajemen ini? Simak penjelasannya.

Membatasi jumlah korban

Salah satu manfaat dilaksanakannya manajemen kebencanaan adalah membatasi jumlah korban. Kerusakan rumah, korban luka, hingga kematian merupakan akibat terjadinya bencana alam. 

Namun, dengan melaksanakan manajemen ini, kamu bisa meminimalkan jumlah korban manusia beserta kerusakan harta benda dan lingkungan hidup. Apalagi jika kamu tinggal di wilayah rawan bencana. Pasti kamu sudah mendapatkan peringatan dini tentang risiko, bahaya, kerawanan, dan kerentanan bencana.

Membatasi kerusakan harta benda dan lingkungan hidup

Selain korban manusia, kerusakan harta benda dan lingkungan hidup juga dapat dibatasi dengan pelaksanaan manajemen ini. Kegiatan relokasi dan rekonstruksi sebagai bentuk aksi pascabencana menjadi tindakan nyata. 

Proses perbaikan dilakukan dengan memfungsikan kembali sarana prasarana yang ada di wilayah bencana. Tentu saja proses rekonstruksi dan relokasi harus tetap memperhatikan kaidah kebencanaan.

Mengembalikan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat

Manfaat lain dari diadakannya manajemen bencana adalah mengembalikan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat. Tentu saja dengan cara mengembalikan fungsi fasilitas umum sesegera mungkin. Tujuannya agar masyarakat dapat kembali hidup normal.

Klik Untuk Donasi - Bergerak untuk Sumba Timur: Bantu Korban Bencana Segera!
  1. Terdanai Rp.108,828,655
  2. Pencapaian 35.72%
  3. Donatur 162

 

Fungsi Manajemen Bencana

Jika daerah tempat kamu tinggal merupakan daerah rawan bencana, maka pengadaan manajemen kebencanaan perlu dilakukan. Berikut ini merupakan manfaat manajemen bencana.

Sebagai tindakan pencegahan

Melaksanakan manajemen kebencanaan merupakan sebagai langkah preventif atau usaha pencegahan agar bencana alam bisa diminimalkan. Caranya dengan melakukan tindakan pencegahan berupa larangan pembakaran hutan untuk membuka ladang baru, larangan untuk menambang batu di daerah curam, dan larangan membuang sampah di sungai. Selain itu, pemberian peringatan dini kepada masyarakat juga dilakukan sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai aksi tanggap darurat

Fungsi kedua adalah sebagai tindakan tanggap darurat atau respons saat terjadi bencana. Dalam hal ini serangkaian kegiatan dilaksanakan sebagai respons cepat tanggap ketika bencana alam terjadi. Berbagai kegiatan dilakukan selama masa tanggap darurat, seperti evakuasi korban, penyelamatan harta benda, hingga pengurusan pengungsi.

Sebagai upaya pemulihan

Fungsi terakhir manajemen kebencanaan adalah sebagai upaya pemulihan. Masa-masa pascabencana juga sangat penting untuk diperhatikan. Melalui manajemen ini, diharapkan tindakan untuk memulihkan dan memfungsikan kembali lingkungan hidup dan masyarakat pascabencana. 

Inilah penjelasan singkat tentang pengertian, manfaat, dan fungsi manajemen bencana. Kita juga bisa menjadi bagian tim dari manajemen kebencanaan dengan melakukan donasi di WeCare.id

Klik Untuk Donasi - Urgent! Bantu Warga Korban Banjir Bandang NTT!
  1. Terdanai Rp.822,123
  2. Pencapaian 0.71%
  3. Donatur 21

Membantu korban bencana akan lebih mudah dengan WeCare.id. Yuk, bantu mereka sekarang juga dengan cara donasi di website WeCare.id atau download aplikasinya melalui App Store dan Google Play!

download_app

Referensi

Ginanjar, Yogi Cahyo. Manajemen Bencana. Bpbd.babelprov.go.id/manajemen-bencana/.

disaster.geo.ugm.ac.id. Pengenalan Manajemen Kebencanaan dan Penaksiran Bahaya serta Kerawanan. Disaster.geo.ugm.ac.id/index.php/berita/istilah-manajemen-bencana.

Riadi, Muchlisin. Pengertian, Jenis dan Manajemen Bencana.Kajianpustaka.com/2018/04/pengertian-jenis-dan-manajemen-bencana.html.