Kupon Donasi: Jalan Alternatif untuk Kebaikan

Kupon Donasi: Jalan Alternatif untuk Kebaikan

Saat dunia dilanda pandemi, semua menjadi tidak pasti. Banyak dari kita yang mampu bertahan, dan banyak yang harus kehilangan sumber penghasilannya. Lebih buruk lagi, beberapa dari kita mungkin kehilangan orang yang terkasih karena tidak mampu membayar biaya pengobatan dan aspek lainnya.  

Beberapa dari kita yang masih beruntung, mungkin pernah ada niat untuk membantu. Namun, dengan kondisi dimana orang – orang harus menjaga jarak, dan maraknya penipuan yang mengatasnamakan “donasi” atau “charity”, tentunya menjadikan kita semakin ragu untuk berdonasi. Tak perlu khawatir lagi, karena ada solusi untuk setiap masalah yang muncul.

Klik Untuk Donasi - BANTU SEDEKAH MAKAN SANTRI PENGHAFAL QUR’AN
  1. Terdanai Rp.1,237,000
  2. Pencapaian 3.93%
  3. Donatur 21

Ada banyak media untuk melakukan donasi, salah satunya adalah dengan kupon. Kupon donasi sudah sering kita jumpai, dan saat ini terdapat juga kupon yang berbentuk elektronik. Mari kita bahas lebih dalam untuk menambah wawasan bersama.

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Kupon Donasi?
  2. 2. Manfaat Kupon Donasi
  3. 3. Penggunaan Kupon Donasi

Apa itu Kupon Donasi?

Pengertian kupon donasi dapat kita lihat dari istilah dalam KBBI. Kupon memilik arti sebagai karcis yang dapat ditukarkan atau membeli barang dan sebagainya, sedangkan donasi berarti sumbangan tetap (biasanya berupa uang) dari penderma kepada suatu perkumpulan. Maka, kupon donasi dapat kita artikan sebagai sebuah karcis yang dapat ditukarkan untuk sumbangan tetap kepada suatu perkumpulan.

Kupon – kupon tersebut dapat dicetak ataupun diperjualbelikan secara daring. Saat ini, banyak terdapat e-commerce ataupun instansi yang menyediakan kupon digital dengan nilai tertentu. Kemudian, nilai dari kupon tersebut akan disumbangkan kepada yang membutuhkan, sesuai dengan deskripsi yang tercantum.

Manfaat Kupon Donasi

Manfaat melakukan donasi sangatlah banyak. Selain sebagai amal ibadah, tentunya kita juga membuat diri sendiri dan orang lain bahagia. Dengan berbagi, kita sudah melakukan hal yang positif dan bermanfaat.

Adapun manfaat kupon donasi yang utama adalah sebagai bukti nyata sudah melakukan hal tersebut. Bukan berarti sombong, tanda bukti bisa dimanfaatkan untuk pembukuan ataupun untuk menjaga kepercayaan yang sudah diberikan untuk mendonasikan uang yang telah diberikan. Selain itu, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, kupon tersebut bisa menjadi bukti dalam proses hukum atau refund.

Penggunaan Kupon Donasi

Dalam kegiatan pengumpulan dana berupa uang atau barang untuk sumbangan, tentunya pihak penyelenggara memerlukan izin dari pihak yang berewenang. Mulai dari jangka waktu, lokasi dan kepada siapa izin tersebut harus didapatkan. Selain itu, Undang – Undang juga mengatur cara mengumpulkan dana sumbangan, dan kupon adalah salah satu bentuk yang resmi.

Semua aspek di atas didasarkan atas UU No. 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang. Pemerintah tentunya sudah mengatur agar tidak terjadi penyalahgunaan kesempatan dan rasa iba. Pastikan kupon yang ingin kita beli dikeluarkan dari lembaga yang dapat dipercaya. 

Syafna Derita Lumpuh Otak Hingga Alami Perubahan Bentuk Kaki & Gangguan Perilaku

Tips Memilih Kupon

Saat melakukan donasi, tentunya kita ingin uang yang kita keluarkan sampai ke tangan yang membutuhkan. Sudah tidak dapat dipungkiri jika ada oknum yang menyalahgunakan keadaan saudara – saudari kita yang kesusahan. Berikut terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum berdonasi:

  1. Latar Belakang Lembaga

Jika kamu ditawarkan untuk berdonasi menggunakan kupon di ruang publik secara langsung, luangkanlah waktu untuk mencari informasi tentang organisasi atau yayasan yang menyebarkan kupon tersebut. Gunakanlah internet untuk hal tersebut.

  1. Perhatikan Nilai Sumbangan

Sebelum membeli kupon untuk berdonasi, baik secara langsung maupun daring, perhatikan nilai yang akan disumbangkan. Apakah 100% akan disumbangkan kepada pihak yang dijanjikan atau hanya sebagian kecil saja.

  1. Baca Kampanye Donasi Secara Menyeluruh

Tips paling ampuh adalah dengan membaca kampanye donasi pada kupon tersebut secara menyeluruh. Jangan terburu – buru menyetujui pembelian, berusahalah sebisa mungkin agar percakapan yang dilontarkan penyebar kupon tidak mengganggu konsentrasimu.

Dengan adanya kemudahan yang disediakan oleh teknologi, tentunya kita bisa dengan mudah membeli kupon donasi. Salah satunya adalah kampanye donasi di WeCare.id, ayo bantu pasien kanker & menangkan jam tangan ekslusif Pala Nusantara dengan membeli donation gift coupon! Jangan lupa juga unduh aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play, ya!

Sumber:

Rahman, Listhia. 2020. Kenapa Menjual Voucher Atas Nama “Charity”?. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/amp/listhiahr/kenapa-menjual-voucher-atas-nama-charity_54f8fccfa33311fc608b4647

Shenl, Vicky. 2019. Tips Memilih Lembaga Donasi Online. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/vickyshenl/5dac92650d8230547f55feb6/tips-dalam-memilih-lembaga-donasi-online 

Oktavira, Bernadetha. 2020. Aspek Hukum Pengumpulan Sumbangan dari Masyarakat. Diakses dari: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5e671df6a0221/aspek-hukum-pengumpulan-sumbangan-dari-masyarakat/ 

Controlley. Donation Coupons. Diakses dari: https://www.controlley.com/page/view/donation-coupons 

Sumber Featured Image : Pixabay.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *