Inilah Cara untuk Mengontrol Emosi Saat Marah

Inilah Cara untuk Mengontrol Emosi Saat Marah

Semua orang pasti pernah marah. Yang menjadi masalah apakah kita bisa mengontrol emosi kita saat marah. Sebenarnya kemarahan memberi tahu kita bahwa kita perlu mengambil tindakan untuk memperbaiki sesuatu. Selain itu, kemarahan juga memberi kita kekuatan dan energi, dan memotivasi kita untuk bertindak. Namun bagi sebagian orang, amarah bisa membuat seseorang jadi lepas kendali dan menimbulkan masalah dalam hubungan, pekerjaan bahkan hukum. Penting untuk mengatasi amarah dengan cara yang sehat yang tidak merugikan kita atau orang lain.

Daftar isi:

  1. 1. Apa yang membuat orang marah?
  2. 2. Cara mengontrok emosi saat marah

Apa yang membuat orang marah?

Kemarahan itu berbeda untuk tiap orang. Hal-hal yang membuat sebagian orang marah bagi orang lain itu ternyata hal yang biasa yang tak membuat mereka marah. Namun ada hal yang membuat banyak dari kita merasa marah, antara lain:

  • diperlakukan tidak adil dan merasa tidak berdaya untuk melakukan apa pun
  • merasa terancam atau diserang
  • orang lain yang tidak menghormati otoritas, perasaan, atau properti kita
  • ditikung saat kita mencoba mencapai tujuan
  • stres sehari-hari seperti membayar tagihan atau lalu lintas di jam sibuk

Penyakit Kanker Di Usia Muda. Bantu Maisyarah untuk Bertahan Hidup!

Cara mengontrok emosi saat marah

Marah merupakan hal yang normal, bahkan sehat. Namun penting bagi kita untuk menghadapi kemarahan secara positif. Lalu, bagaimana cara mengontrol emosi saat marah? Laman situs Mayoclinic memberikan 10 tips tentang bagaimana cara untuk mengontrol emosi yang tak terkendali yang dapat merusak hubungan juga kesehatan.

1. Berpikirlah sebelum berbicara

Saat sedang emosi, kita cenderung mudah mengatakan hal-hal yang akan kita sesali nantinya. Sejenak, luangkkan waktu untuk berpikir sebelum mengutarakan apa pun. Orang lain yang terlibat dalam pertengkaran ini juga diberikan waktu untuk melakukan hal yang sama. 

2. Setelah tenang, ekspresikan kemarahan 

Begitu selesai berpikir dengan jernih, utarakan hal yang membuat marah atau frustrasi dengan tegas tapi tidak konfrontatif. Ungkapkan hal yang menjadi kekhawatiran juga kebutuhan secara jelas dan langsung tanpa harus menyakiti perasaan orang lain atau berusaha mengendalikan orang lain.

3. Coba berolahraga 

Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang dapat membuat kita menjadi marah. Kalau merasa amarah sedang meningkat, untuk mengontrol emosi, cobalah untuk jalan cepat atau lari. Bisa juga coba melakukan aktivitas fisik lain yang menyenangkan.  

4. Coba metode timeout

Timeout tidak hanya digunakan untuk anak-anak. Beri diri kita waktu untuk istirahat singkat selama hari-hari yang membuat kita stres. Waktu tenang beberapa saat dapat membantu kita merasa lebih siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa kesal atau marah.

5. Identifikasi solusi yang memungkinkan

Daripada terus fokus pada hal yang membuat kita marah, cobalah berusaha untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Apakah itu mainan di kamar anak yang berantakan? Hindari melihat dengan menutup pintunya. Apakah suami atau istri kita sering pulang terlambat untuk makan malam? Cara mengontrol emosi kita karena masalah ini bisa diselesaikan dengan cara seperti menjadwalkan makan malam atau setujui untuk makan sendiri beberapa seminggu kali. Ingatkan pada diri kita bahwa kemarahan tak akan bisa memperbaiki apa pun, bahkan mungkin hanya akan memperburuknya. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Siti Melawan Penyakitnya
Hidrosefalus, Cerebral Palsy
Siti Al Barokah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.18,828,498
  2. Pencapaian 51.58%
  3. Donatur 277

6. Ungkapkan dengan kata ganti ‘saya’

Untuk menghindari mengkritik atau menyalahkan, yang mungkin hanya akan meningkatkan ketegangan, gunakan kata ganti “saya” untuk menjelaskan masalahnya. Bersikaplah hormat dan spesifik. Contohnya, katakan, “Saya kesal karena kamu pergi begitu saja dari meja makan tanpa membantu mencuci piring terlebih dulu” daripada mengungkapkan “Kamu nggak pernah melakukan pekerjaan rumah apa pun.”

7. Jangan menyimpan dendam

Memberikan maaf adalah cara yang ampuh untuk mengontrol emosi. Jika kita membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya menyingkirkan perasaan positif, mungkin kita akan mendapati diri kita diliputi oleh kepahitan atau rasa ketidakadilan kita sendiri. Tetapi jika kita bisa memaafkan seseorang yang membuat kita marah, kita bisa belajar dari situasinya dan dapat memperkuat hubungan.

8. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan

Mencoa untuk tidak terlalu serius dapat membantu meredakan ketegangan. Gunakan humor untuk membantu menghadapi apa yang membuat kita marah dan, mungkin, ekspektasi tidak realistis yang kita miliki tentang bagaimana keadaan seharusnya terjadi. Namun, hindari sarkasme karena itu bisa melukai perasaan dan memperburuk keadaan.

9. Berlatih keterampilan relaksasi

Saat amarah memuncak, terapkan keterampilan relaksasi untuk membantu kita. Coba lakukan latihan pernapasan dalam, ulang-ulang kata atau kalimat yang menyenangkan, contohnya, “Tenang saja”. Atau bayangkan adegan yang membuat rileks. Kita juga bisa mendengarkan musik, menulis jurnal, atau pun melakukan beberapa gerakan yoga. Pokoknya apa pun yang diperlukan untuk mendorong relaksasi.

10. Ketahui kapan harus mencari bantuan

Belajar mengontrol emosi terkadang adalah tantangan untuk semua orang. Cari bantuan untuk masalah amarah kita jika amarah sepertinya menjadi tidak terkendali, yang menyebabkan kita melakukan hal-hal yang kita sesali atau menyakiti orang-orang di sekitar kita.

Mengontrol emosi ketika kita marah memang bukan hal yang mudah tapi hal itu perlu kita lakukan agar tak membuat kita menyesal sesudahnya. Sambil belajar menahan emosi, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Zakat Fitrah Ramadhan untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.2,228,000
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 33

Referensi

Anger management: 10 tips to tame your temper. (2020). Diambil kembali dari mayoclinic.org.Why am I so angry? (2021). Diambil kembali dari nhsinform.scot.

Sumber Featured Image : pexel.com