Pengertian, Golongan, dan Cara Berdonasi kepada Kaum Dhuafa

Pengertian, Golongan, dan Cara Berdonasi kepada Kaum Dhuafa

Istilah dhuafa pasti sering terdengar di kuping kita. Istilah ini dipergunakan untuk mereka yang lemah dan tidak berdaya. Karena hal tersebut, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk membantu mereka. Berikut ini merupakan penjelasan tentang pengertian, golongan, dan cara berdonasi kepada kaum yang lemah. 

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Dhuafa
  2. 2. Golongan Kaum Dhuafa
  3. 3. Cara Berdonasi kepada Kaum Dhuafa

Klik Untuk Donasi - 10.000 Paket Buka Puasa dan Sahur bagi Dhuafa
  1. Terdanai Rp.225,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 3

Pengertian Dhuafa

Istilah dhuafa cukup familier karena sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Asal istilah dhuafa adalah dari kata dh’afa atau dhi’afan. Makna kata ini berarti lemah dan tidak berdaya dalam aspek kemampuan finansial.

Jadi bisa disimpulkan pengertian dhuafa adalah orang-orang yang lemah secara ekonomi dan hidup dalam ketidakberdayaan, kemiskinan, dan ketidakmampuan. Orang-orang yang termasuk kaum ini meliputi anak yatim piatu, fakir miskin, janda, orang cacat, budak, hingga orang-orang yang ditelantarkan. Mereka ini semua memiliki kondisi ekonomi, fisik, atau mental yang lemah. Golongan inilah yang sepantasnya mendapatkan donasi dari orang yang mampu.

Golongan Kaum Dhuafa

6 kaum dhuafa adalah sebagai berikut:

  1. Anak yatim

Anak yatim merupakan salah satu dari kaum yang lemah. Mereka ini merupakan anak-anak yang telah ditinggalkan oleh ayahnya sebelum mereka cukup umur. Di usia ini mereka membutuhkan kasih sayang, bimbingan, dan dukungan materi.  

  1. Orang fakir 

Orang fakir memiliki keadaan yang sangat sengsara. Mereka tidak memiliki harta dan tenaga untuk mencari uang. 

  1. Janda dan orang-orang miskin

Janda-janda dan orang miskin termasuk golongan lemah. Mereka perlu dibantu karena mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan pokok.

  1. Budak 

Budak atau hamba sahaya termasuk ke dalam golongan dhuafa. Mereka tidak memiliki kebebasan dan kemerdekaan untuk mengurus hidupnya. Mereka juga tidak memiliki harta benda.

Klik Untuk Donasi - Hadiah Lebaran untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.660,000
  2. Pencapaian 0.95%
  3. Donatur 9

  1. Mualaf

Orang yang baru masuk Islam atau mualaf membutuhkan dukungan berupa materi dan non-materi. Walau mereka memiliki harta dan fisik yang baik, dari segi keimanan mereka masih lemah.

  1. Korban bencana alam

Korban bencana alam menjadi golongan yang wajib dibantu. Mereka terkena musibah sehingga mereka kehilangan jiwa dan harta.

Cara Berdonasi kepada Kaum Dhuafa

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk donasi kepada dhuafa. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

  1. Memberikan bantuan langsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan bantuan langsung. Kamu bisa ajak teman dan saudaramu untuk menggalang dana. Hasil penggalangan dana bisa kamu langsung berikan kepada panti asuhan, tempat penampungan, ataupun rumah singgah. Donasi bisa berupa uang, makanan, pakaian layak pakai, buku-buku, hingga peralatan sekolah.

  1. Melakukan donasi lewat situs penggalangan dana online

Cara kedua adalah melakukan donasi lewat situs penggalangan dana online. Cara ini cukup praktis karena kamu bisa berdonasi di mana saja dan kapan saja lewat aplikasi atau situs web resmi. 

Situs penggalangan dana online sudah memiliki izin resmi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya organisasi non-profit, lembaga pemerintah, dan badan donasi yang melakukan kerja sama. Biasanya donasi dalam bentuk uang. Hasil donasi kamu bisa diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh Indonesia. 

Inilah pengertian, golongan, dan cara berdonasi kepada kaum dhuafa. Tidak sulitkan untuk berdonasi kepada mereka? Jika kamu ingin berdonasi secara online kepada mereka yang membutuhkan, kamu bisa berdonasi di WeCare.id. Jangan lupa untuk download aplikasinya melalui App Store dan Google Play!

Klik Untuk Donasi - Bayar Fidyah untuk Lunasi Hutang Puasa Ramadhan
  1. Terdanai Rp.1,050,000
  2. Pencapaian 12.12%
  3. Donatur 2

Di WeCare.id kamu bisa memilih untuk berdonasi ke organisasi non-profit, badan donasi, atau organisasi pemerintah pilihan kamu. Dan pastinya uang donasimu akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Donasi pun bersifat transparan. Tunggu apalagi? Berbuat baik janganlah ditunda-tunda.

download_app

Referensi

dompetdhuafa.org. (2019, 01 Januari). Inilah Pengertian Dhuafa Menurut Islam. Diakses pada 14 Maret 2021 dari http://www.dompetdhuafa.org/id/berita/detail/pengertian-dhuafa-menurut-islam

pondokyatim.or.id. (2020, 07 Juni). Siapa Yang Termasuk Kaum Dhuafa? Diakses pada 14 Maret 2021 dari https://pondokyatim.or.id/2020/07/16/siapa-yang-termasuk-kaum-dhuafa/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *