Trypophobia: Penyebab, Gejala, dan Penanganan

Trypophobia: Penyebab, Gejala, dan Penanganan

Sumber foto: pexels.com

Memiliki ketakutan adalah hal wajar untuk semua manusia. Namun, ketakutan yang berlebihan bisa jadi tanda adanya fobia. Misal, seseorang menjadi sangat takut dengan serangga sehingga saat bertemu dengan hewan itu mereka jadi lepas kontrol.

Klik Untuk Donasi - Tak Ada Biaya untuk Operasi, Ukuran Kepala Daniel Kian Membesar
Hidrosefalus
Daniel Sitorus
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,199,997
  2. Pencapaian 8.07%
  3. Donatur 39

Sofia atau ketakutan ada banyak, selain takut terhadap hewan tertentu ada ketakutan yang disebabkan oleh benda atau bentuk tertentu. Salah satu contoh ketakutan itu adalah trypophobia yang dialami oleh banyak orang.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Trypophobia
  2. 2. Gejala Trypophobia
  3. 3. Penyebab Trypophobia
  4. 4. Cara Mengobati Trypophobia

Pengertian Trypophobia

Trypophobia adalah ketakutan yang disebabkan oleh benda atau suatu hal yang memiliki lubang kecil dalam jumlah banyak dan berdekatan. Saat melihat benda itu, mereka merasa jijik, takut, atau merasa tidak nyaman.

Hingga saat ini penyebab atau asal usul dari trypophobia tidak diketahui. Bahkan, gangguan ketakutan ini  yang mampu membuktikannya secara ilmiah. Meskipun belum dianggap resmi sebagai fobia, gangguan ini memang benar-benar ada dan dirasakan oleh banyak orang.

Gejala Trypophobia

Seorang yang mengalami trypophobia akan mengalami beberapa gejala yang cukup umum. Gejala yang sering dialami umumnya terdiri dari:

  • Merinding
  • Merasa sangat tidak nyaman
  • Terjadi perasaan tidak nyaman di mata
  • Beberapa bagian tubuh khususnya kulit seperti terasa gatal atau dicubit
  • Mami serangan panik
  • Tubuh berkeringat cukup banyak
  • Merasa mual dan ingin muntah
  • Tubuh sedikit bergetar seperti tremor

Beberapa gejala di atas mungkin tidak akan dialami oleh semua orang. Namun, beberapa gejala umum seperti takut atau tubuh bergetar akan terjadi begitu melihat objek dengan lubang kecil yang jumlahnya banyak.

Klik Untuk Donasi - Novianti Lakukan Cuci Darah 2x Seminggu Akibat Gagal Ginjal Kronis
  1. Terdanai Rp.578,000
  2. Pencapaian 10.01%
  3. Donatur 15

Penyebab Trypophobia

Hingga saat ini penyebab dari trypophobia masih tidak jelas. Jadi tidak diketahui apakah ada gangguan pada mental atau gangguan medis di tubuh.

Menurut Healthline.com, gejala yang cukup parah umumnya muncul setelah melihat beberapa objek di bawah ini:

  • Akar lotus yang dibelah
  • Sarang lebah
  • Buah strawberry
  • Buah delima yang sudah dibuka
  • Gelembung udara yang jumlahnya banyak dan saling berdekatan.
  • Cluster dari beberapa mata yang saling berdekatan.

Apapun yang bentuknya bulat atau lubang dengan ukuran kecil dan jumlahnya banyak bisa memicu terjadinya fobia. Apalagi benda itu memiliki lubang yang berdekatan sehingga tampak menjijikkan dan aneh.

Cara Mengobati Trypophobia

Penanganan pada trypophobia bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa mendatangi dokter atau seorang psikiater untuk mendapatkan beberapa metode pengobatan di bawah ini:

  • Melakukan konsultasi rutin dengan dokter
  • Mendapatkan obat yang berguna untuk memberikan rasa tenang dan nyaman
  • Dianjurkan untuk melakukan relaksasi seperti yoga atau meditasi.
  • Melakukan aktivitas fisik yang mampu menurunkan risiko terjadinya ketakutan.

Trypophobia memang tidak berbahaya atau menyebabkan gangguan medis yang serius. Meski demikian, kondisi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah besar seperti depresi yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari.

Itulah kenapa, seseorang yang mengalami fobia atau gangguan yang cukup mengganggu kehidupan disarankan untuk menemui seorang psikiater. Sayangnya, biaya untuk pergi melakukan konsultasi tidak sedikit, apalagi dilakukan berkali-kali.

Kondisi ini banyak dialami oleh mereka yang kadang tidak memiliki penghasilan yang stabil. Jika kamu merasa kasihan dan ingin membantu mereka yang mengalami masalah kesehatan seperti ini, coba gunakan platform WeCare.

Ada program #Sehati yang akan membantu kamu melakukan donasi setiap bulan secara rutin. Kamu hanya perlu mengikuti program ini dan secara otomatis donasi akan dipotong kan ke rekening yang dimiliki. Supaya donasi berjalan lancar, kamu bisa download aplikasi WeCare di Playstore atau Appstore.

Referensi:

Scaccia, Annamarya. 2019. Everything You Should Know About Trypophobia. Healthline.com.

Klik Dokter. Trypophobia. Klikdokter.com.