7 Manfaat Kegiatan Tanam Pohon Bagi Lingkungan

7 Manfaat Kegiatan Tanam Pohon Bagi Lingkungan

Sumber foto: pexels.com

Kegiatan tanam pohon kini semakin populer di kalangan masyarakat umum. Banyak orang berlomba menghias halaman mereka dengan berbagai tanaman yang cantik. Selain mempercantik halaman, pepohonan ini juga bisa membuat halaman menjadi lebih teduh ketika musim panas tiba. 

Meski demikian, masih ada banyak lagi manfaat kegiatan tanam pohon bagi lingkungan. Berikut ini beberapa diantaranya:

Daftar isi:

  1. 1. Mengurangi perubahan iklim
  2. 2. Membersihkan udara
  3. 3. Mendinginkan suhu perkotaan
  4. 4. Menyimpan air
  5. 5. Mencegah polusi air
  6. 6. Tempat tinggal berbagai macam satwa
  7. 7. Memperkuat tanah

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.6,504,472
  2. Pencapaian 6.19%
  3. Donatur 51

Mengurangi perubahan iklim

Perkembangan industri yang begitu pesat dan penggunaan kendaraan bermotor berkontribusi dengan semakin banyaknya gas karbon dioksida yang dilepaskan ke udara. Padahal, gas ini berkontribusi besar terhadap perubahan iklim yang tengah terjadi di bumi. 

Pohon dapat membantu melawan efek buruk karbon dioksida dengan menyerapnya, kemudian melepaskan oksigen. Setiap tahun, setengah hektar pepohonan mampu menyerap karbon dioksida yang dilepaskan oleh mobil yang dikendarai sejauh 26 ribu mil. 

Membersihkan udara

Pohon memiliki kemampuan untuk menyerap gas polusi seperti nitrogen oksida, ozone, amonia, sulfur dioksida, dan lain-lain. Selain itu, pohon juga mampu menyerap bau dan bertindak sebagai penyaring partikel-partikel kecil. Itulah mengapa udara di tempat yang banyak pepohonan seperti hutan atau tepi pantai selalu terasa bersih dan segar.

Mendinginkan suhu perkotaan

Dalam beberapa tahun terakhir, kita sering mendengar berita tentang gelombang panas yang terjadi di beberapa negara di dunia. Hal ini terjadi karena jumlah pepohonan yang menurun secara drastis. Hilangnya pepohonan dan digantikan dengan jalan aspal dan gedung-gedung tinggi yang menyerap panas membuat kota-kota menjadi semakin panas.

Menanam pohon bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi panas di kota-kota besar. Pohon mampu menyediakan naungan yang teduh dan berfungsi melepaskan air sehingga suhu perkotaan akan turun.

Klik Untuk Donasi - Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri
  1. Terdanai Rp.27,000
  2. Pencapaian 0.12%
  3. Donatur 2

Menyimpan air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pohon juga bermanfaat untuk menyimpan air. Karena daunya yang teduh, air akan menguap dengan lebih lambat dari tanaman-tanaman yang lebih kecil. Pada umumnya pohon hanya butuh 15 galon air per minggu agar bisa bertahan. Namun, mereka mampu melepaskan 200 hingga 450 galon air per hari.

Mencegah polusi air

Air dari hujan badai bisa mengandung berbagai polutan seperti fosfor dan nitrogen. Tanpa adanya pohon, polutan ini akan mengalir ke laut, sungai, dan air tanpah tanpa tersaring. Pohon bertindak sebagai penyaring sehingga mencegah air dari hujan badai mencemari lautan.

Tempat tinggal berbagai macam satwa

Pepohonan memiliki peran besar dalam keseimbangan keaneragaman hayati. Pasalnya, pohon bertindak sebagai sumber makanan dan habitat alami bagi berbagai macam satwa. Sebagai gambaran, satu pohon apel bisa menghasilkan 20 gantang buah apel per tahun. Buah sebanyak ini dapat menghidupi banyak sekali burung, serangga, dan satwa lainnya.

Klik Untuk Donasi - Aksi Sedekah Pangan Sehat untuk 1000 Panti Asuhan
  1. Terdanai Rp.1,309,000
  2. Pencapaian 5.40%
  3. Donatur 23

Memperkuat tanah

Pepohonan memiliki beragam manfaat yang sangat menguntungkan untuk usaha agrikultur. Bagaimana tidak, pepohonan mampu mengurangi erosi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, serta membantu tanah mendapatkan kelembapan yang memadai. 

Daun yang jatuh ke tanah akan mengurangi suhu tanah sehingga kelembapannya akan tetap terjaga. Selain itu, daun yang membusuk di tanah akan berubah menjadi nutrisi yang mampu menyuburkan tanah dan membuat tanaman semakin subur.

Selain 7 manfaat di atas, masih ada banyak lagi manfaat tanaman untuk kelestarian lingkungan. Selain penting bagi manusia, pohon juga memiliki fungsi penting bagi berbagai macam satwa seperti orangutan. Tanpa hutan dan pepohonan, mereka akan kehilangan habitatnya dan bisa terancam punah.

WeCare mengajak kamu berdonasi untuk membantu orangutan Kalimantan untuk kembali ke habitatnya. Kamu bisa turut membantu dengan berdonasi menggunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download sekarang!

download_app

Referensi:

Greenpop.org. Diakses pada 13 Maret 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *