Hatimu Resah? Berikut adalah 7 Cara Mengatasinya

Hatimu Resah? Berikut adalah 7 Cara Mengatasinya

Apakah akhir-akhir ini hatimu sering merasa resah sehingga tidak bisa fokus bekerja ataupun belajar? Keresahan adalah salah satu gejala kecemasan yang paling sering dilaporkan. Perasaan ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah, sulit berkonsentrasi, atau merasa seolah-olah pikirannya “kosong”. Dampak dari hati yang resah juga bisa memengaruhi kemampuan untuk tidur, bekerja atau belajar, dan mengurangi kesejahteraan secara keseluruhan. Lalu, adakah cara mengatasinya?

Klik Untuk Donasi - DARURAT! Satu Panti Yayasan Disabilitas Kena COVID-19!
  1. Terdanai Rp.22,435,471
  2. Pencapaian 12.95%
  3. Donatur 128

Cara Mengatasi Hati yang Resah

Jika keresahan hatimu sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, penting untuk segera melakukan tindakan. Mungkin beberapa cara berikut ini bisa kamu coba.

Meditasi

Cara mengatasi hati yang resah bisa dengan meditasi. Aktivitas ini dapat membantu mensunyikan pikiran, menenangkan dan membumikan seseorang, serta memberikan kesempatan untuk menyadari pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh seseorang. Latihan mindfulness atau kesadaran penuh ini dapat membantu mengelola keresahan, dan secara keseluruhan membuat kamu menjadi tidak rentan terhadap keresahan dan kegelisahan.

Latihan Pernapasan

Ada banyak latihan pernapasan berbeda yang disarankan bagi mereka yang mengalami kecemasan dan keresahan. Beberapa yang paling populer adalah latihan pernapasan dalam, menghitung napas, dan meditasi pernapasan. Latihan pernapasan ini bisa jadi cara mengatasi hatimu yang resah tersebut.

Visualisasi

Untuk hatimu yang sedang resah, cara mengatasi yang satu ini bisa kamu coba. Visualisasi adalah alat yang hebat untuk kecemasan dan keresahan. Ini merupakan tindakan memvisualisasikan atau membayangkan diri sendiri dalam lingkungan yang damai, tenteram, dan aman. “Memindahkan” secara mental ke tempat ini berfungsi sebagai pengalih perhatian yang besar, dan memungkinkan hati dan tubuh mendapatkan perasaan tenang. 

Olahraga

Olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan, dan pendekatan yang direkomendasikan untuk mengelola banyak masalah kesehatan mental. Untuk kegelisahan terkait keresahan, dan bagi mereka yang terus-menerus berada dalam kondisi melawan dan melarikan diri dari keresahan, olahraga setiap hari dapat memberikan pelepasan energi yang efektif, dan meningkatkan kualitas tidur. Cara mengatasi yang satu ini layak untuk kamu coba.

Wakaf Ambulance Untuk Warga Tak Mampu

Lacak Suasana Hati 

Kamu juga bisa mulai lebih memahami diri sendiri dengan mencatat suasana hatimu. Saat kamu mendapati dirimu berjalan-jalan tanpa tujuan, luangkan waktu sebentar untuk bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaanmu.

Bisa juga ketika kamu sedang menelusuri media sosial, apa yang kamu rasakan? Ketika merasa resah, kamu mungkin beralih ke media sosial untuk mengalihkan perhatian. Atau kamu mungkin menemukan bahwa saat kamu kesepian, kamu akan menyalakan TV agar merasa lebih baik. Meskipun tidak ada yang salah dengan menggunakan media sosial atau TV sebagai cara mengatasi keresahan dan kegelisahan, hal ini dapat menjadi masalah jika mengganggu kehidupan kamu sehari-hari.

Memahami keadaan emosi dapat membantumu mengembangkan cara yang lebih sehat untuk menghadapi kesusahan. Kamu mungkin memutuskan untuk menangani situasi yang memicu keresahan secara langsung atau kamu mungkin memutuskan untuk mencoba strategi yang lebih proaktif untuk mengelola kebosanan, seperti mencari hobi.

Hitung Berkah dalam Hidup

Gunakan kesadaranmu untuk merefleksikan hal-hal baik dalam hidup, seperti mengenang masa lalu, menikmati pencapaian, bersyukur karena memiliki teman baik dan saat-saat menyenangkan, ini adalah pikiran yang akan memicu emosi positif. Menghitung berkah yang kamu terima dalam hidup bisa menjadi cara mengatasi hatimu yang resah.

Cukup Tidur

Ternyata kurang tidur bisa memberikan pengaruh pada fungsi tubuh. Akibat dari kurang tidur bisa mengakibatkan suasana hati menjadi negatif, energi turun, dan kemampuan konsentrasi jadi berkurang. 

Berdasarkan laporan dari Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, mereka yang setiap malam tidurnya kurang dari 7 jam berisiko mengalami depresi yang lebih tinggi. Karena itu, pastikan untuk tidur yang cukup tiap harinya dan cobalah untuk tidur pada jam yang sama tiap hari.

Selain itu cara mengatasi hati yang resah lainnya, yaitu dengan berdoa atau membaca buku sebelum tidur. Singkirkan alat-alat elektronik dan gadget supaya kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang optimal.

Membantu Orang Lain

Pasti hatimu pernah merasakan bahagia setelah membantu orang lain. Memang ternyata membantu orang lain bisa membuat orang merasa bahagia, menurunkan stres, serta mengurangi rasa kesepian. Dengan menolong orang lain, kesehatan jantungmu serta respons imun tubuhmu dapat menjadi lebih baik. Karenanya daya tahan tubuhmu tentunya akan meningkat. 

Itulah 7 cara mengatasi hati yang resah. Salah satunyanya adalah menolong orang lain. Nah, kamu bisa meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Ibu Kusniah Divonis Kanker Payudara Stadium 2 dan Menjalar ke Organ Lain
Kanker Payudara
Kusniah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,767,018
  2. Pencapaian 34.15%
  3. Donatur 128

Referensi

Abraham, M. (2020). Coping with Anxiety and Restlessness. calmclinic.com.
Gunardi, A. J. (2020). Jangan Galau, Ini Cara Menenangkan Hati dan Pikiran. klikdokter.com.
Morin, A. (2020). Ask a Therapist: How Can I Stop Feeling Restless and Unproductive? verywellmind.com.Riggio, R. E. (2017). How to Calm Your Restless Nights. psychologytoday.com.

Sumber Featured Image : Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *