Ghosting: Kenali Arti, Penyebab & Cara Mengatasinya

Ghosting: Kenali Arti, Penyebab & Cara Mengatasinya

Baru-baru ini viral soal ghosting karena isu yang menerpa anak presiden kita. Sebenarnya istilah ini telah sering dibahas secara luas selama beberapa tahun terakhir. Dikutip dari laman situs web Insider tahun 2015, istilah ini menjadi praktik yang banyak dipublikasikan ketika terungkap bahwa aktris Charlize Theron putus dengan Sean Penn dengan meng-ghosting dia. Kemudian banyak orang umum yang ikut melakukannya. Sebenarnya apa arti kata tersebut?

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu ghosting?
  2. 2. Penyebab orang melakukan ghosting
  3. 3. Bagaimana mengatasi perlakukan ghosting

Apa itu ghosting?

Pada dasarnya ghosting merupakan penolakan tapi tanpa penjelasan. Ghosting adalah ketika seseorang memutuskan semua komunikasi tanpa penjelasan. Istilah ini tak melulu untuk hubungan asmara tapi bisa juga ke pertemanan, semisal teman yang tak menanggapi pesan yang kamu kirim atau tidak menjawab telepon tanpa penjelasan. Tindakan ini dapat membuat kamu merasa sakit hati, bingung, cemas, depresi, menyalahkan diri sendiri, dan harga diri jadi rendah, bahkan paranoid.  Parahnya lagi, tindakan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental jangka panjang. Singkatnya, ghosting itu bukan tindakan keren!

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.8,008,517
  2. Pencapaian 5.15%
  3. Donatur 144

Penyebab orang melakukan ghosting

Meskipun ghosting bukanlah cara yang tepat untuk memutuskan hubungan dengan seseorang, alasan untuk melakukannya ternyata bisa beragam dan rumit, lho! Di bawah ini beberapa penyebabnya.

Sudah tidak suka lagi

Untuk hal-hal yang mereka pedulikan, orang akan dengan sengaja menyediakan waktu, termasuk untuk mengakhiri hubungan dengan seseorang. Dikutip dari laman situs web mindbodygreen, menurut survei BuzzFeed tahun 2019, 81% peserta mengatakan mereka melakukan ghosting karena mereka mereka tidak menyukai orang tersebut, 64% mengatakan orang tersebut melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai, dan 26% mengatakan mereka marah kepada orang tersebut.

Menghindari konfrontasi

Merasa takut akan respons marah seperti berteriak atau mengkritik, dan menghindari respons emosional, seperti menangis atau hanya meneteskan air mata, adalah hal yang sangat umum. Kemungkinan orang yang melakukan ghosting, tidak bisa berterus terang pada pasangannya atau temannya karena menghindari respon-respon tadi. 

Takut dengan hubungan yang emosional

Ada perasaan takut untuk membiarkan diri peduli dengan orang lain dan orang lain peduli juga dengan dirimu. Takut akan hubungan yang mendalam bisa jadi penyebab orang melakukan ghosting. Ini adalah masalah jangka panjang, tidak mudah diatasi, dan biasanya membutuhkan kesadaran, diikuti dengan upaya untuk mengatasinya. 

Gaya kepribadian narsistik

Kurangnya empati adalah tanda ciri kepribadian narsistik dan kemungkinan itu merupakan alasan untuk setidaknya beberapa contoh ghosting. Mereka tidak terlalu berempati dengan rasa sakit emosional yang diderita orang yang berhubungan dengan mereka.

Takut akan reaksi kekerasan

Ini jarang terjadi tapi ghosting bisa dilakukan karena seseorang merasa takut akan reaksi agresif terhadap pernyataan berpisah. Jika pasanganmu adalah orang yang temperamental, ada kalanya menghilang tiba-tiba adalah satu-satunya jalan keluar yang aman.

Bagaimana mengatasi perlakukan ghosting

Tidaklah mudah bagi orang yang di-ghosting untuk bisa melupakan semuanya. Sering kali akan membutuhkan waktu, tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk merasa lebih baik walaupun kamu pernah dihantui oleh seseorang dalam hidupmu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

Jangan langsung menyalahkan diri sendiri

Ketika orang yang kamu cintai atau dekat denganmu tiba-tiba menghilang, sulit rasanya untuk tidak merasa menyesal, malu atau sakit hati. Meskipun kamu di-ghosting, ini bukan karena kamu. Ini lebih karena orang tersebut. Berbaik hatilah pada diri sendiri. Kamu tidak bisa disalahkan bila orang yang kamu cintai tiba-tiba menghilang tanpa berita. Ini juga bukan kesalahanmu kalau orang tersebut tidak bisa secara dewasa mengungkapkan kebenaran dia pergi meninggalkanmu.

1000 Rupiah untuk Penanaman 1 Bibit Pohon. Yuk Ikut Gerakan Hijaukan Bumi Kita!

  1. Sayangi dan rawatlah dirimu

Bagaimana cara untuk melangkah maju setelah di-ghosting? Kamu perlu menyayangi dirimu dan merawat dirimu. Luangkan waktu untuk bersama keluarga dan teman yang mendukungmu. Selain itu, kamu bisa melakukan aktivitas yang membuatmu bahagia. Lakukanlah hobimu. Atau coba merawat diri dengan mengikuti kelas yoga atau mencoba perawatan homeopati atau akupunktur.

Ungkapkan apa yang kamu rasakan

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengungkapkan pikiran dan perasaan ke dalam bentuk kata-kata kepada orang lain bisa mengubah pola otak, mengeluarkan kamu dari rutinitas yang sulit, dan membantumu memproses pengalaman yang menyakitkan. Inilah salah satu alasan mengapa terapi bicara berhasil, tetapi juga menjadi alasan mengapa mengungkapkan perasaan pada teman dan keluarga dapat membantu kamu melewati masa-masa sulit.

Cari bantuan ahli

Jangan merasa takut untuk menghubungi terapis yang bisa membantumu untuk menjelaskan perasaan pelik yang kamu rasakan saat ini. Terapismu bisa memberikan cara untuk mengatasi masalahmu dan memastikan kamu bisa keluar dari traumamu dan menjadi kuat atau lebih kuat dari sebelumnya. 

Itulah seputar ghosting dan bagaimana cara mengatasinya. Sambil berusaha untuk move on, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Barth, F. D. (2017). 6 Ways to Deal with the Pain of Being Ghosted. psychologytoday.com.
Engle, G. (2020). What Is Ghosting? Inside the Common Dating Problem—and What You Can Do About It. menshealth.com.
Field, B. (2021). How to Cope With Being Ghosted. erywellmind.com.
Grande, D. (2018). 4 Reasons People Ghost Their Way Out of Relationships. psychologytoday.com.
Jewell, T. (2019). What Is Ghosting, Why Does It Happen, and What Can You Do to Move Past It? healthline.com.Pollard, A. D. (2020). 8 Reasons People Ghost In Relationships, From Experts & Research. mindbodygreen.com.

Sumber Featured Image :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *