Berkontribusi Demi Kelestarian Bumi Melalui Earth Hour

Berkontribusi Demi Kelestarian Bumi Melalui Earth Hour

Sumber foto: pexels.com

Acara tahunan Earth Hour tahun 2021 akan jatuh pada hari Sabtu 27 Maret 2021 mendatang. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat menyadari pentingnya campur tangan kita untuk melestarikan alam. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.6,504,472
  2. Pencapaian 6.19%
  3. Donatur 51

Earth Hour, Pengertian dan Maknanya

Pengertian Earth Hour adalah sebuah gerakan global yang diselenggarakan oleh WWF yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar turut serta mengambil tindakan untuk lingkungan, dan mendorong perubahan legislatif secara besar-besar dengan memanfaatkan kekuatan massa. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk melindungi planet kita. 

Kegiatan Earth Hour pertama kali dilakukan di Sydney, Australia pada thaun 2007. Pada acara pertama itu, dilakukan gerakan memadamkan lampu selama satu jam di Sydney. Sejak acara pertama tersebut, Earth Hour kini semakin berkembang dan didukung oleh lebih dari 185 negara. 

Berpartisipasi dalam Earth Hour

Pada kegiatan pertamanya lebih dari 2,2 juta orang dan 2 ribu bisnis mematikan lampu selama satu jam. Kini, kamu juga bisa ikut serta dalam kegiatan earth hour 2021 yang akan jatuh pada 27 Maret 2021 mendatang.

Untuk berpartisipasi, kamu hanya perlu mematikan lampu selama kegiatan Earth Hour berlangsung. Tapi tentu saja tujuan dari kegiatan ini tidak hanya berhenti di mematikan lampu selama satu jam saja. Kampanye ini berharap masyarakat dapat mengambil tindakan lebih lanjut dalam hidup mereka. Misalnya dengan mendukung proyek WWF lokal, atau ikut serta dalam kampanye Earth Hour di negara atau komunitas masing-masing individu.

Tujuan Earth Hour

Selama 10 tahun terakhir, masyarakat di seluruh dunia berkumpul setiap kegiatan Earth Hour untuk mendukung upaya mengatasi perubahan iklim. Gerakan ini telah membantu mendorong komitmen global untuk segera mengatasi ancaman dunia ini.

Perubahan iklim merupakan tantangan besar bagi bumi. Namun, kita juga dihadapkan pada ancaman lain yang tidak kalah serius, yaitu musnahnya keanekaragaman hayati dan alam yang terjadi dengan begitu cepat. Earth hour kini berupaya untuk menghadirkan diskusi global untuk melindungi alam dan seisinya. 

Klik Untuk Donasi - 1000 Rupiah untuk Penanaman 1 Bibit Pohon
  1. Terdanai Rp.12,000
  2. Pencapaian 0.15%
  3. Donatur 3

Pencapaian Earth Hour

Sejak pertama kali diselenggarakan, Earth Hour telah berhasil meraih beberapa pencapaian penting. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • WWF-Uganda menciptakan hutan Earth Hour yang pertama
  • Lebih dari 250.000 warga Rusia menyuarakan dukungan untuk melindungi lautan dan hutan dengan lebih baik
  • Argentina menggunakan kampanye Earth Hour 2003 untuk membantu mengesahkan RUU Senat untuk Kawasan Konversi Laut seluas 3,4 juta hektar di sana
  • Pembagian ribuan tungku hemat kayu pada keluarga-keluarga di Madagaskar
  • Pemasangan lampu bertenaga surya di tiga desa tanpa listrik di India
  • Di Paraguay, WWF menggunakan kegiatan Earth Hour untuk mengumpulkan dukungan publik guna mendapatkan perpanjangan moratorium yang berupaya untuk mengurangi penebangan hutan
  • Pelaksanaan program pendidikan untuk sekolah-sekolah di Thailand dan Taiwan
  • Pemasarangan ratusan ribu lampu LED oleh pramuka putri di Amerika Serikat
  • Pengajuan lebih dari 2.123 aksi mitigasi oleh kota-kota yang ikut serta dalam Earth Hour City Challenge 2014

Melindungi bumi bukan hanya terbatas pada melakukan tindakan untuk melindungi alam. Namun, kelestarian segala makhluk yang ada didalamnya juga perlu diperhatikan. WeCare memahami pentingnya melindungi bumi beserta segala makhluk yang tinggal di dalamnya. 

Bersama BOS Foundation, WeCare mengajak kamu berdonasi untuk membantu orangutan Kalimantan untuk kembali ke habitatnya. Kamu bisa turut membantu dengan berdonasi menggunakan aplikasi Wecare.id yang bisa kamu download di App Store maupun Google Play.

download_app

Referensi:

Earthhour.org. Diakses pada 13 Maret 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *