Berbagai Fakta Unik dan Menarik Tentang Sistem Saraf

Berbagai Fakta Unik dan Menarik Tentang Sistem Saraf

Sistem saraf menjadi bagian paling penting pada tubuh yang bertugas mengatur dan mengoordinasikan semua bagian tubuh. Adanya sistem saraf inilah yang membuat kamu bisa melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berjalan, bernapas, dan aktivitas mental termasuk berpikir dan mengingat sesuatu. Tak hanya itu, sistem saraf juga membantu reaksi tubuh ketika berhadapan pada kondisi tertentu.

Manusia memiliki sistem saraf berupa otak, sumsum tulang belakang, semua organ sensorik dan semua saraf yang bertugas sebagai penghubung organ dengan seluruh tubuh. Sistem saraf ini bekerja dengan memroses informasi dari bagian tubuh tertentu lalu memberikan reaksi terhadap informasi yang diterima. Reaksi ini bisa berupa nyeri, sakit, mengaduh, lapar atau kenyang. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Kesembuhan Bu Ita agar Bisa Kembali Bekerja
Trauma Mata
Warsita
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.922,810
  2. Pencapaian 2.97%
  3. Donatur 32

Berbagai Fakta Unik Tentang Sistem Saraf

Sistem saraf pada manusia terbagi menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat meliputi otak dan sumsum tulang belakang, sementara sistem saraf tepi merupakan susunan saraf yang menjadi penghubung antara sistem saraf pusat dan seluruh tubuh. 

Ternyata, ada banyak fakta menarik dari sistem saraf manusia yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

  • Sistem saraf mampu mengirimkan sinyal dengan kecepatan 100 meter atau setara dengan 328 kaki per detik. Kecepatan ini lebih cepat dibandingkan dengan catatan rekor paling baik dari Usain Bolt.
  • Setidaknya, ada sekitar 200 reseptor rasa sakit yang terdapat pada setiap senti kulit di tubuhmu. Sementara itu, tubuh hanya memiliki sekitar 15 reseptor tekanan, 6 reseptor untuk merasakan dingin, dan bahkan 1 reseptor untuk merasakan hangat.
  • Kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin B harian. Pasalnya, vitamin B yang tersimpan di dalam tubuh jumlahnya sangat kecil. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi neurobion, baik neurobion injeksi, neurobion putih, atau neurobion pink. Obat ini memiliki merek dagang neurobion forte, dolo neurobion, dan neurobion 5000. Masing-masing memiliki manfaat dan fungsi serta harga yang beragam. 
  • Bagian ujung jari dan dahi merupakan area tubuh yang paling sensitif terhadap rasa sakit, lho. Hal ini disebabkan karena kedua bagian tersebut memiliki kepadatan pada serat saraf yang lebih besar yang akan bereaksi terhadap berbagai kondisi yang memicu rasa nyeri. 

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Pak Pandi agar Sembuh dan Kembali Bekerja
  1. Terdanai Rp.1,072,000
  2. Pencapaian 52.09%
  3. Donatur 16

  • Ternyata, seorang ahli patologi asal Belanda, Christiaan Eijkman berhasil menemukan vitamin B1 sebagai vitamin neurotropik pertama. Kala itu Eijkman sedang meneliti penyakit beri-beri. Penelitiannya tersebut membuat Eijkman diberi hadiah Nobel pada tahun 1929.
  • Zat yang terdapat pada vitamin B12 murni ternyata berwarna pink tua. Warna ini kemudian diadaptasi oleh Neurobion pink sebagai salah satu suplemen vitamin B12.
  • Jumlah sistem saraf pada setiap makhluk hidup ternyata sangat beragam. Misalnya saja, cacing hanya memiliki beberapa ratus sel saraf, sedangkan gajah afrika memiliki setidaknya 300 miliar sel saraf pada tubuhnya. 
  • Akan terapi, spons menjadi satu-satunya hewan bersel banyak atau multiseluler yang tidak memiliki sistem saraf pada tubuhnya.
  • Neuroscience merupakan bidang ilmu yang berfokus untuk mempelajari sistem saraf. Studi yang berfokus pada sistem saraf ini diyakini telah ada sejak zaman Mesir Kuno.
  • Sel saraf pada sistem saraf tepi memiliki bentuk yang unik. Bagian sel saraf ini berbentuk seperti benang panjang tetapi lebih lebar.

Perlu diingat bahwa penyakit yang menyerang sistem saraf termasuk dalam kategori penyakit berbahaya. Masih banyak sekali pasien yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit tersebut. Yuk, ringankan beban mereka dengan membantu berdonasi melalui WeCare. 

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan. Yuk, berdonasi sekarang bersama WeCare!

download_app

Referensi: 

Anonim. (2020). 10 Fakta Menarik Tentang Sistem Saraf. Neurobion.

Fadila, I. (2020). Mengenal Bagian, Fungsi, serta Penyakit Sistem Saraf Tubuh Manusia Hellosehat. 

Minagar, A. (2019). Neurosciences. MedlinePlus.