Mengenal Bahaya Anxiety Attack dan Cara Mengatasinya

Mengenal Bahaya Anxiety Attack dan Cara Mengatasinya

Saat jauh dari orang tua, apakah kamu pernah mencemaskan kondisinya? Selagi tidak berlebihan, rasa itu manusiawi. Pasalnya, cemas adalah bagian dari emosi yang kadang kala perlu diluapkan.

Namun, bagaimana jika kecemasan itu terjadi berhari-hari? Itu artinya, kecemasan kamu sudah tidak dapat dikendalikan. Hati-hati; gejala tersebut bisa menjadi salah satu indikasi anxiety attack.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Anxiety Disorder?
  2. 2. Penyebab Secara Medis
  3. 3. Cara Mengatasi Anxiety Attack

Klik Untuk Donasi - Alami Infeksi Virus Mematikan, Hafizah Butuh Pertolonganmu Segera!
Cytomegalovirus
Hafizah Naila Pratiwi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.773,200
  2. Pencapaian 6.90%
  3. Donatur 26

Apa Itu Anxiety Disorder?

Anxiety artinya kecemasan yang tergolong gangguan mental karena terjadi dalam waktu lama. Kondisi pengidapnya kerap semakin memburuk sehingga mudah gelisah, sulit berkonsentrasi, dan cepat lelah.

Selain itu, gangguan kecemasan ditandai perasaan gugup dan tegang, detak jantung lebih cepat, serta napas tidak teratur. Pengidapnya juga sering gemetaran, insomnia, mengeluarkan keringat berlebih, dan lemas. 

Berdasarkan jenis, gangguan kecemasan dibedakan menjadi enam. Berikut penjelasan singkatnya:

Fobia

Kamu pernah merasa sangat takut ketika melihat sebuah benda? Itulah tanda fobia; penderitanya memiliki rasa takut pada suatu hal secara berlebihan. Misalnya, takut kucing, berada di tengah keramaian, atau di ruangan tertutup sendirian.

Social Anxiety Disorder

Penderita gangguan kecemasan sosial biasanya takut berinteraksi dengan orang lain. Ia pun merasa malu ketika berada di tengah kerumunan. Parahnya, pengidap social anxiety disorder kerap menghindari pertemanan.

Post-Traumatic Stress Disorder

Gangguan mental ini hanya terjadi pada orang yang mengalami peristiwa traumatis. Contohnya, pernah melihat perang, dilecehkan secara seksual, diserang oleh teroris, dan kecelakaan berat.  

Gangguan Panik

Panik adalah reaksi spontan atas suatu peristiwa yang penuh tekanan. Biasanya, panic attack ditandai dengan ketakutan luar biasa dari dalam diri. Rasanya seperti terjebak dalam penjara yang membuat kamu hampir mati. Detak jantung, napas, dan gerak tubuhmu menjadi tidak terkontrol dalam kondisi panik.

Klik Untuk Donasi - Ibu Dwi Terancam Buta Akibat Derita Tumor Ganas
Meningioma
Dwi Sukirah A
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.487,000
  2. Pencapaian 4.88%
  3. Donatur 12

Generalized Anxiety Disorder

Kecemasan ini biasanya muncul saat memikirkan hal-hal yang menyangkut masa depan, seperti pekerjaan, pendidikan, dan kesehatan. Umumnya, gangguan ini terjadi selama lebih dari enam bulan.

Penyebab Secara Medis

Gangguan ini berawal dari serotonin dan noradrenalin yang tidak seimbang. Akibatnya, mood mudah berubah dan sulit dikendalikan otak. 

Obsesif Kompulsif

Gangguan obsesif kompulsif mengakibatkan seseorang melakukan kegiatan berulang untuk mengatasi kecemasan yang datang dari pikirannya. Sebagai contoh, kamu mandi sampai lima kali sehari karena merasa tubuhmu selalu kotor.

Cara Mengatasi Anxiety Attack

Anxiety attack dapat disembuhkan jika gejalanya cepat dikenali. Untuk menyembuhkan gangguan mental ini, pengidapnya harus bisa mengontrol pikiran. Mulailah dengan mengetahui sesuatu yang bisa memicu kecemasan. Lalu, sadarilah, bahwa kamu tidak mungkin mampu mengendalikan semua hal.

Setelah menyadari, kamu harus menumbuhkan pikiran positif. Selanjutnya, imbangi pikiran tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga. Selain itu, pengidap gangguan kecemasan wajib mengurangi konsumsi kafein dan alkohol.

Cara berikutnya, penderita anxiety disorder harus meningkatkan kualitas tidur, terutama saat malam hari. Pasalnya, tidur dapat mengembalikan ketenangan pikiran dan merelaksasi sel-sel tubuh.

Menyembuhkan gangguan kecemasan juga dapat dilakukan dengan bersosialisasi. Percaya atau tidak, ada sebagian orang yang merasa bahagia ketika berorganisasi, ikut komunitas, maupun menjadi sukarelawan. 

Terakhir; saat gangguan kecemasan muncul, aturlah napas kamu. Upayakan tubuh relaks dengan menghitung dari angka 1 sampai 10. Jika gejalanya tak kunjung reda, segera temui ahli kesehatan mental untuk berkonsultasi.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Bagi kita, mengeluarkan uang untuk berkonsultasi dengan paramedis yang bisa menyembuhkan anxiety attack adalah hal mudah. Namun, bagi mereka yang tidak mampu secara finansial, mampukah mengatasi setiap penyakitnya?

Jadi, mari ulurkan tangan untuk membantu saudara-saudara kita melalui WeCare.id. Kamu bisa berdonasi untuk mereka yang membutuhkan pengobatan. Agar donasi semakin mudah, kamu tinggal download aplikasi WeCare.id di ponselmu! Yuk, gotong-royong untuk meringankan beban mereka!

download_app

Referensi :

Ranna Parekh, M.D., M.P.H. (2017). What Are Anxiety Disorders. psychiatry.org
ALODOKTER (2020). Mengenal Anxiety yang Mengganggu dan Berbagai Jenisnya. alodokter.com
Beyond Blue (2020). Types of Anxiety. beyondblue.org.au

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *