Inilah 7 Tanda “Gaslighting” dalam Hubungan

Inilah 7 Tanda “Gaslighting” dalam Hubungan

Pernahkan kamu mengalami atau mengucapkan kalimat ini?

“Loh aku gapernah bilang gitu. Ngarang ya kamu?”
“Sensitif banget sih.. Jangan lebay dong”
“Aku tuh sayang banget sama kamu. Harusnya kamu bersyukur ya”
“Aku cuman becanda kali.. Kok kamu emosian banget sih?”

Jika kamu pernah, hati-hati. Ini adalah gaslighting! Gaslighting adalah taktik manipulasi yang digunakan seseorang untuk mengecoh atau menyerang emosi dan perasaan kamu, baik secara sadar atau tidak, untuk membuat kamu mempertanyakan realitas, kebenaran, dan dirimu sendiri. Gaslighting dilakukan secara perlahan, sehingga korban tidak menyadari betapa mereka telah dimanipulasi kesadarannya. Ketika kamu sudah terkecoh/termanipulasi, kamu bisa sampai meragukan diri sendiri dan tidak tahu mana yang nyata dan mana yang kebohongan.

Tanda-Tanda Gaslighting dalam Suatu Hubungan

Berikut ini adalah 7 tanda gaslighting yang dilansir dari laman situs Mind Body Green:

1. Meragukan Eksistensi Diri Sendiri

Tiap hubungan mempunyai tantangannya sendiri dan salah satunya terkadang adalah perilaku sendiri. Namun, ketika mempertanyakan eksistensi diri sampai pada titik Kamu merasa seperti “kehilangan diri sendiri”, itu adalah tanda utama gaslighting. Terapis Aki Rosenberg mengatakan bahwa hal yang paling merusak tentang gaslighting yaitu membuat Kamu sulit mempercayai diri sendiri.

2. Pasangan Meremehkan Perasaan Kamu

Saat Kamu mengungkapkan kekhawatiran atau berbagi perasaan dengan pasangan, mungkin pasangan akan menyalahkan atau mengatakan Kamu terlalu banyak berpikir.  Dalam konteks hubungan yang sehat, pasangan akan mendengarkan kekhawatiran yang dirasakan dan mengatasinya. Menurut Terapis klinis Alexis Sutton pasangan yang gaslighting terkadang mengatakan “Kamu terlalu sensitif” atau “Kamu tidak berhak merasa seperti itu.” Bahkan beberapa pasangan akan menyangkal peristiwa yang terjadi.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

3. Pasangan Tidak Pernah Membiarkan Kamu Berbicara Saat Konflik

Ketika terjadi konflik antara Kamu dengan pasangan, mereka akan terus-menerus memotong pembicaraan dan tidak membiarkan Kamu menjelaskan sudut pandang Kamu. Menurut Sutton, bila Kamu memilih untuk merekam percakapan atau menulis email untuk mengungkapkan perasaan karena tidak pernah mendapatkan tanggapan, mungkin Kamu mengalami gaslighting.

4. Pasangan Tidak Meminta Maaf Ketika Kamu Mengungkapkan Rasa Sakit Hati

Rosenberg mengatakan bahwa bila pasangan tidak meminta maaf ketika Kamu mengungkapkan rasa sakit tapi malah meyakinkan Kamu bahwa Kamu tidak seharusnya memikirkan apa yang dipikirkan atau dirasakan itu adalah tanda lain dari gaslighting.

5. Pasangan Menyalahkan Kamu atau Faktor Luar

Jika pasangan sering menyalahkan Kamu ketika konflik muncul atau menyalahkan tindakannya pada faktor luar, itu tandanya gaslighting. Orang yang gaslight mungkin mengubah topik menjadi sesuatu yang telah Kamu lakukan dan bukannya membahas apa yang telah pasangan lakukan, jelas Sutton. Bisa juga meremehkan Kamu dengan menyebut Kamu “terlalu sensitif.”

6. Percaya Bahwa Kamu Tak Berusaha Keras dalam Hubungan

Pada titik tertentu dalam hubungan, mungkin Kamu mungkin mulai percaya bahwa Kamu tidak cukup berusaha. Pasangan Kamu telah menyangkal, mengecilkan, atau menyalahkan Kamu ketika Kamu mencoba untuk menyuarakan kekhawatiran yang dirasakan. Seiring waktu Kamu percaya bahwa itu adalah kesalahan Kamu. Diingatkan oleh Rosenberg bahwa dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan akan membuat kesalahan dan kedua pasangan akan meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan.

7. Menggunakan Perkataan Kamu untuk Menimbulkan Perasaan Bersalah

Terapis Mariel Buquè, Ph.D., mengatakan bila pikiran untuk mengemukakan kekhawatiran atau berbagi perasaan yang sebenarnya mulai membuat Kamu merasa bersalah, itu adalah tanda bahwa ada kendali dalam hubungan Kamu, yang merupakan penanda penting gaslighting. Buquè mengatakan bila Kamu merasa tidak memiliki suara dalam hubungan  itu adalah tanda ringan dari gaslighting.

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.12,801,581
  2. Pencapaian 12.19%
  3. Donatur 95

Selalu peka dengan setiap hal yang terjadi pada kita, atau yang kita lakukan, dalam setiap jenis hubungan. Jangan sampai kita secara sadar maupun tidak menjadi korban gaslighting, atau bahkan melakukannya kepada orang lain. Sembari kita mengisi diri dengan informasi tentang kesehatan mental, mari kita sisihkan sebagian dari kepunyaan yang diberi kepada kita untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Sarkis, S. A. (2017). 11 Warning Signs of Gaslighting. Psychology Today.
Shipp, L. (2020). What Is Gaslighting? Psychology, Effects On Relationships, And Treatment. Regain.us.
Shuavarnnasri, J. (2020). How To Know If You’re Dealing With Gaslighting In Your Relationship. MBGrelationships.
Stern, R. (2019). I’ve counseled hundreds of victims of gaslighting. Here’s how to spot if you’re being gaslighted. Vox.
Tam, L. (2018). Gaslighting: why it is dangerous in a relationship, a definition, and how to spot a gaslighter. South China Morning Post.