Pilihan Pengobatan Rumahan untuk Atasi Sinusitis

Pilihan Pengobatan Rumahan untuk Atasi Sinusitis

Pembengkakan yang terjadi pada jaringan yang berfungsi untuk melapisi sinus menjadi penyebab utama terjadinya sinusitis. Seharusnya, sinus yang normal dan sehat akan terisi dan penuh oleh udara. Ketika sinus mengalami penyumbatan oleh cairan, kuman akan mudah tumbuh dan menyebabkan infeksi yang kemudian berkembang menjadi sinusitis.

Sinusitis adalah penyakit yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlebih sinusitis akut yang bisa membuat kamu sulit bernapas, sakit kepala, hidung tersumbat, dan seperti sedang mengalami flu berat. Tidak hanya itu, bahaya sinusitis akut yang mungkin terjadi termasuk infeksi pada rongga mata, osteomielitis, infeksi pada otak, dan kehilangan kemampuan penciuman.

Pengertian dari ICD 10 sinusitis dengan kode J32 menunjukkan tanda sinusitis kronis. Namun, kamu bisa mengurangi gejala sinusitis akut dengan menggunakan obat alami rumahan, berikut beberapa pilihannya:

Klik Untuk Donasi - Bertubuh Kurus dan Alami Radang Paru-Paru, Reza Butuh Bantuanmu Segera!
Pneumonia, Gizi Buruk
Muhammad Syahreza
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,708,070
  2. Pencapaian 62.13%
  3. Donatur 163

1. Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung vitamin E, A, B1, B2, dan mineral seperti magnesium dan kalsium. Kandungan vitamin dan mineral ini disinyalir dapat membantu membersihkan bagian rongga sinus sekaligus mengurangi gejala alergi karena penyakit sinusitis.

Tak hanya mencegah infeksi dan membantu membersihkan luka, bahan dapur ini pun membantu mencegah tumbuhnya bakteri. Meski begitu, penggunaannya tidak sebagai pengganti antibiotik yang diresepkan dokter, tetapi hanya membantu mempercepat proses penyembuhan peradangan.

2. Kunyit

Kunyit juga memiliki sifat antiperadangan yang bisa membantu meringankan infeksi karena sinusitis akut. Kandungan senyawa kurkumin dalam bumbu rempah ini pun baik untuk membersihkan saluran napas sekaligus mengobati rongga sinus yang mengalami infeksi. 

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dengan mencampurkannya dalam teh hangat dan menambahkan sedikit jahe untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu, kamu juga bisa meringankan sinusitis dengan mengonsumsi jamu kunyit. 

3. Bawang Putih

Tidak hanya membantu meredakan infeksi karena sinus secara alami, bawang putih ternyata juga membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan ini. Konsumsi bawang putih dikatakan mampu meringankan gejala flu dan menghangatkan tubuh. Ini karena peran senyawa allicin yang berperan untuk membasmi kuman penyebab penyakit. 

Rasa pedas dan aromanya yang tajam mungkin membuat kamu kurang nyaman untuk langsung mengonsumsinya. Jadi, kamu bisa menambahkannya dalam jus lemon atau tomat yang dipanaskan selama beberapa menit. Konsumsi sebanyak dua kali sehari sampai sinus mereda. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Adik Jawidah Sembuh dari Radang Selaput Otak
Tuberkulosis Meningitis
Jawidah Athifha Sinaga
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.612,000
  2. Pencapaian 5.72%
  3. Donatur 9

4. Jahe

Khasiat jahe sebagai obat alami memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sifat antiperadangan pada bahan alami satu ini efektif untuk mengobati sinusitis akut dengan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada selaput hidung. Tidak hanya itu, jahe juga menjadi obat sinusitis dengan cara menekan terbentuknya lendir pada hidung dan mengurangi nyeri pada kepala. 

Teh jahe menjadi minuman yang paling direkomendasikan untuk meringankan sinusitis akut. Kamu bisa memanfaatkan uapnya untuk membantu melegakan rongga napas yang tersumbat akibat penumpukan lendir. Sementara tehnya bisa kamu konsumsi untuk menigkatkan imunitas dan menghangatkan tubuh.

5. Minyak Oregano

Selain sebagai penambah cita rasa pada makanan, ternyata daun dan bunga oregano mampu menghasilkan minyak yang efektif sebagai obat alami sinusitis. Senyawa timol dan carcavol memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang kuat. Senyawa ini juga bersifat antiinflamasi yang membantu meringankan rasa sakit akibat pembengkakan pada rongga hidung.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup dengan menambahkan beberapa tetes minyak oregano dalam air panas lalu perlahan hiruplah uapnya. Lakukan sebanyak dua kali sehari sampai gejala sinusitis mereda atau hilang.

Sayangnya, di luar sana masih banyak pasien yang membutuhkan bantuanmu untuk bisa sembuh dari penyakit yang diidapnya. Jadi, sempatkan untuk membantu mereka dengan berdonasi melalui WeCare.id. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi WeCare.id langsung melalui Google Store atau App Store. Berapa pun donasi yang kamu berikan sangat berarti untuk kesembuhan mereka. 

download_app

Referensi:

Setiaputri, K.A. (2020). 5 Jenis Obat Sinusitis Alami yang Bisa Jadi Pilihan Anda. Hellosehat.
Marks, D. (2018). Turmeric and Blocked Sinusitis. Livestrong.
Price, A. (2017). Sinus Infection: Signs & Symptoms + 10 Natural Remedies. Dr. Axe.