Mengenali Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Mengenali Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Tekanan darah adalah salah satu aspek yang diperiksa ketika kita akan menjalani suatu prosedur medis atau untuk pemeriksaan rutin. Namun, tahukah kamu bahwa tekanan darah normal setiap orang itu berbeda?

Perbedaan tekanan darah ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari gaya hidup hingga faktor usia. Jadi, jangan heran jika tekanan darah normal dewasa juga bisa berbeda-beda. 

Klik Untuk Donasi - Tumor Langka Menyerang Adik Haerul, Uluran Tanganmu Sangat Diharapkan
Tumor WIllms, Hepatoblastoma
Muhammad Haerul Anwar
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.777,000
  2. Pencapaian 2.82%
  3. Donatur 15

Tekanan darah ditulis dengan dua angka yang dipisahkan oleh garis miring, contohnya adalah 120/90 mmHG. Angka pertama menunjukkan tekanan darah sistolik, yaitu tekanan yang terjadi saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Angka kedua yaitu tekanan darah diastolik, yaitu saat otot jantung berelaksasi sebelum memompa darah kembali.

Tekanan darah normal menurut WHO (1999) umumnya adalah 120/80 mmHg. Nah, untuk mengetahui apakah tekanan darah kamu berada dalam batas normal, berikut ini kisarannya berdasarkan usia.

Usia 3-5 tahun

Anak-anak berusia 3-5 tahun, cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah. tekanan darah sistolik normal adalah sekitar 95-110 mmHG dengan tekanan diastolik antara 56-70 mmHG. 

Usia 6-13 tahun

Untuk anak berusia 6-13 tahun memang angka normalnya tidak akan terlalu berbeda jauh dengan anak-anak berusia 3-5 tahun. Pada usia ini, tekanan sistolik normalnya adalah antara 97-112 mmHG dengan tekanan diastolik antara 57-71 mmHg.

Usia 13-18 tahun

Tekanan darah normal remaja dapat bervariasi tergantung pada tinggi badan, jenis kelamin, bahkan waktu pengukuran darah. Meski demikian, kisaran sistolik normal untuk usia remaja adalah antara 112-128 mmHg dengan diastolik antara 66-80 mmHG.

Klik Untuk Donasi - Bantu Rafi Tumbuh dengan Sehat dan Bahagia!
Hidrosefalus, Epilepsi
Rafi Aryasatya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.13,052,500
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 231

Usia dewasa (di atas 18 tahun)

Secara umum, tekanan darah normal dewasa adalah 90/60 mmHG sampai 120/80 mmHG. Sama seperti sebelumnya, tekanan darah ini juga sangat tergantung pada beberapa faktor lainnya termasuk aktivitas fisik hingga kondisi emosional.

Kehamilan juga akan memengaruhi tekanan darah ibu hamil menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, tekanan darah 120-80 pada ibu hamil sudah dianggap berisiko dan dapat memicu terjadinya preeklamsia. 

Usia lanjut (lansia)

Orang berusia lanjut atau lansia umumnya memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Tekanan sistolik < 150 dan diastolik < 90 mmHG masih dianggap normal pada golongan usia ini. Meski demikian tekanan yang terlalu rendah tetap perlu diwaspadai.

Kisaran tekanan darah yang lebih tinggi pada usia ini disebabkan oleh pembuluh darah yang cenderung kaku. Akibatnya, jantung memerlukan upaya ekstra saat memompa darah ke seluruh tubuh. Justru jika terlalu rendah, bisa membuat orang tersebut mengalami hipotensi ortostatik.

Nah, itulah dari beberapa tekanan darah normal berdasarkan usia. Lalu, bagaimana ya caranya agar tekanan darah tetap berada pada kisaran normal?

Beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menjaga tekanan darah normal antara lain adalah mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, rutin berolahraga, mempertahankan berat badan ideal, serta hindari merokok ataupun mengonsumsi minuman beralkohol. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Mereka Melihat Kembali - Operasi Katarak di Kapuas, Kalimantan Tengah
  1. Terdanai Rp.625,000
  2. Pencapaian 0.60%
  3. Donatur 7

Penting menjaga agar tekanan darah tetap normal, pasalnya tekanan darah yang terlalu rendah ataupun tinggi dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mereka yang sakit namun tidak memiliki kemampuan untuk berobat? 

WeCare.id bersama Indonesia Sanus Volunteers mengajak kamu untuk berpartisipasi menolong pasien sakit miskin yang tidak dapat melakukan evakuasi dan advokasi atas dirinya. Tujuan utama dari kampanye tersebut adalah memberikan pelayanan kepada tujuh orang pasien sakit yang juga miskin agar mereka dapat berobat. Bantuan Anda akan sangat berarti untuk membantu kesembuhan mereka.

Untuk kemudahan dalam melakukan donasi kepada mereka yang paling membutuhkan, kamu bisa menggunakan aplikasi WeCare.id yang sudah tersedia di App Store maupun Google Play. Yuk download aplikasi ini sekarang!

download_app

Referensi: 

Bulletin of the World Health Organization, 1999 

Alodokter. Diakses pada 30 November 2020. Kenali Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia.