Kenali Gangguan Mental yang Mungkin Diderita Joker

Kenali Gangguan Mental yang Mungkin Diderita Joker

Film Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix mendapatkan beragam kritik. Meskipun akting sang aktor dan elemen lainnya sukses mendapatkan pujian, tapi penggambaran gangguan mental yang dihubungkan dengan kekerasan menimbulkan kekhawatiran. 

Klik Untuk Donasi - Sedekah bibit pohon untuk petani kurang mampu di Kalimantan untuk pengobatan di KLINIK ASRI
  1. Terdanai Rp.12,889,501
  2. Pencapaian 11.16%
  3. Donatur 168

Apa Itu Gangguan Mental?

Gangguan mental atau disebut juga penyakit mental merupakan suatu kondisi yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, atau suasana hati seseorang. Kondisi ini berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari dan kemungkinan juga pada kemampuan untuk melakukan hubungan dengan orang lain.

Jenis Gangguan Mental

Ada hampir 300 gangguan mental yang terdaftar dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental atau DSM-5. Berikut adalah beberapa jenis gangguan mental yang paling umum:

Depresi

Gangguan mental ini ditandai dengan kesedihan, kehilangan kesenangan atau minat, perasaan bersalah atau merasa diri tidak berharga, gangguan nafsu makan atau tidur, kelelahan, juga konsentrasi yang buruk. Orang yang mengalami depresi mungkin juga memiliki banyak keluhan fisik tanpa penyebab yang jelas. Depresi bisa berlangsung lama atau berulang. Yang paling parah, depresi dapat menyebabkan bunuh diri.

Bipolar

Perubahan suasana hati adalah tanda gangguan bipolar. Tanda lainnya yaitu perubahan tingkat aktivitas serta energi. Sering kali bipolar melibatkan perubahan suasana hati yang meningkat dan periode depresi. Suasana hati yang meningkat seperti itu bisa disebut sebagai mania atau hipomania.

Gangguan Kepribadian Ambang

Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang ditandai dengan pola ketidakstabilan emosi yang juga biasa disebut sebagai disregulasi emosi, hubungan interpersonal dan citra diri. Penderita BPD juga berjuang melawan impulsif dan menyakiti diri sendiri.

Klik Untuk Donasi - Terlahir Tanpa Anus, Yuk Bantu Khalif Hidup dengan Normal
Atresia Ani
Khalif Ibrahim Pangesti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,937,009
  2. Pencapaian 100.54%
  3. Donatur 56

Gangguan Kecemasan Umum

Kekhawatiran yang berlebihan terhadap peristiwa sehari-hari merupakan tanda gangguan kecemasan umum atau Generalized Anxiety Disorder (GAD). Walaupun stres dan kekhawatiran merupakan hal yang normal dan bahkan hal biasa dalam hidup, GAD melibatkan kekhawatiran yang sangat berlebihan sehingga mengganggu kesejahteraan hidup dan fungsi seseorang.

Gangguan Stres Pascatrauma

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) atau gangguan stress pascatrauma melibatkan serangkaian respons fisiologis dan psikologis. Gangguan ini bisa terjadi pada orang yang pernah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis seperti kecelakaan serius, bencana alam, aksi teroris, pemerkosaan, perang atau pertempuran atau yang serupa.

Gangguan Obsesif Kompulsif

Obsesi dalam Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) mengacu pada pikiran mengganggu yang berulang. OCD bisa berupa ketakutan akan kotoran, kuman dan penyakit, atau keraguan berulang (seperti terus-menerus menebak-nebak apakah kamu sudah mengunci pintu atau mematikan kompor), dan dorongan tersebut bisa mencakup bersih-bersih, memeriksa, menimbun, dan mengatur yang terus-menerus.

Skizofrenia

Skizofrenia merupakan penyakit mental serius yang mempengaruhi cara berpikir, perasaan, dan perilaku seseorang. Orang yang menderita skizofrenia mungkin terlihat seperti kehilangan kontak dengan kenyataan, yang mengakibatkan tekanan yang serius untuk individu, anggota keluarga, serta teman mereka. Jika tidak diobati, gejala skizofrenia bisa berkepanjangan dan menyulitkan kehidupan mereka.

Gangguan Kepribadian

Orang yang memiliki gangguan kepribadian mempunyai sifat kepribadian ekstrim dan tidak fleksibel yang mengakibatkan orang tersebut jadi stres dan atau menyebabkan mereka bermasalah dalam sekolah, pekerjaan, atau hubungan sosial. Contoh gangguan kepribadian di antaranya gangguan kepribadian antisosial, gangguan kepribadian paranoid, dan gangguan kepribadian obsesif-kompulsif.

Gangguan kecemasan

Orang dengan gangguan kecemasan merespons sesuatu atau situasi tertentu dengan rasa takut dan dengan tanda fisik kecemasan atau panik, di antaranya detak jantung yang cepat dan berkeringat. Gangguan kecemasan termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, gangguan panik, dan fobia tertentu.

Gangguan Mental Apakah yang Diderita Joker?

Mcdonalds, Ronald, Joker, Heath Ledger, Batman

Dikutip dari Insider, Dr Ziv Cohen, psikiater kriminal dan asisten profesor psikiatri klinis di Universitas Cornell mengatakan bahwa Joker tidak memenuhi kriteria diagnostik untuk penyakit mental atau gangguan yang terkadang, meski jarang, menjelaskan perilaku yang melanggar hukum. Dia berpendapat Joker tidak menderita Skizofrenia atau bipolar karena tindakannya tidak sesuai dengan tanda-tandanya. Joker menurut Cohen bisa dianggap psikopat, tapi psikopat bukan gangguan mental melainkan ciri kepribadian. 

Itulah beberapa jenis gangguan mental yang harus kamu ketahui. Mengenali tanda-tanda gangguan mental dapat membantu dalam perawatan dan pengobatannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk kita melakukan hal istimewa! Kamu bisa mulai dengan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit. Buka situs WeCare.id atau gunakan aplikasi WeCare di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah.

download_app

Referensi

Cherry, K. (2020). A List of Psychological Disorders. verywellmind.com.

Dodgson, L. (2019). Trying to diagnose the ‘Joker’ shows what the film gets wrong about mental illness, according to a psychopath expert. insider.com.

Mental disorders. (2019). who.int.

Types of Mental Illness. (2007). webmd.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *