Mengatur Waktu Screen-Time di Masa WFH

Mengatur Waktu Screen-Time di Masa WFH

Saat bekerja dari rumah, Teman Peduli mungkin sudah tahu betapa mudahnya menghabiskan banyak waktu di depan layar. Teman Peduli tidak mendapatkan cukup istirahat saat berada dalam kondisi WFH ini. Padahal saat bekerja dari kantor, Teman Peduli bisa melakukan banyak hal selain bekerja, seperti melakukan perjalanan pulang pergi, mengobrol saat istirahat, melakukan pertemuan tatap muka, hingga istirahat makan siang dengan rekan kerja.

Ketika menjalani WFH, semua hal mulai dari kolaborasi hingga sosialisasi terjadi di ruang virtual. Tetapi terlalu banyak screen-time dapat menyebabkan meningkatnya kelelahan fisik dan psikologis, serta ketegangan mata dan kelelahan otot. Jadi bagaimana kita bisa tetap waspada saat kita bekerja dari rumah?

Dalam waktu pendek, efek dari screen-time yang terlalu lama mungkin tidak terlalu terasa. Tapi perlahan, tubuh dan pikiran akan merasakan kelelahan yang tidak dapat ditolerir lagi. Untuk menghindari hal tersebut, WeCare memiliki beberapa tips yang bisa Teman Peduli coba saat WFH.

Klik Untuk Donasi -
Donasikan

Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.0
  • Pencapaian nan%
  • Donatur 0

1. Jangan selalu menggunakan panggilan video

Saat ini banyak sekali perangkat lunak dan aplikasi yang bisa mendukung komunikasi saat sedang WFH. Karena itu, interaksi menggunakan panggilan video menjadi jauh lebih mudah. Namun apakah panggilan video ini benar-benar diperlukan?

Mengkomunikasikan pekerjaan dengan rekan kerja saat WFH dapat juga dilakukan hanya melalui panggilan suara. Dengan begitu, komunikasi akan berjalan dengan lebih efisien dan waktu screen-time juga akan berkurang.

2. Batasi jadwal pertemuan

Saat WFH, terkadang menyelesaikan pekerjaan menjadi tantangan yang sulit, terlebih jika Teman Peduli memiliki terlalu banyak jadwal pertemuan virtual. Untuk menyiasatinya, cobalah membuat jadwal yang membuat Teman Peduli tidak akan diganggu oleh komunikasi virtual.

Sisihkan waktu di pagi atau sore hari untuk fokus hanya pada pekerjaan. Jadikan waktu tersebut sebagai waktu bebas rapat. Dengan begitu Teman Peduli bisa lebih fokus pada pekerjaan lain.

3. Pilih cara konvensional daripada bentuk digital

Melakukan pekerjaan tidak harus selalu membuat Teman Peduli berdiam diri di depan layar. Terkadang kita harus mencari ide, referensi, atau bahkan menemukan mood yang tepat. Saat melakukannya, cobalah untuk menjauh dari layar komputer.

Brainstorming untuk artikel? Tuliskan ide-ide yang muncul di atas kertas. Membuat peta jalan untuk proyek besar? Buat sketsa draf awal di papan tulis. Membaca buku? Ambil salinan cetaknya. Berolahraga? Pergilah ke luar sambil berlari ringan. Kapan pun Teman Peduli mendapatkan pilihan fisik daripada digital, lakukan untuk mengurangi screen-time.

Klik Untuk Donasi - Bantu Elnino Sembuh Kembali
Donasikan Intususepsi
Elnino Sabian Rindra
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.5,077,455
  • Pencapaian 16.35%
  • Donatur 83

4. Bergeraklah sesering mungkin

Bekerja di depan komputer sering kali menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain mata yang mudah kering karena jarang berkedip hingga masalah pinggang. Untuk menghindari masalah kesehatan ini saat WFH, cobalah untuk bergerak sesering mungkin.

Berjalan ke dapur untuk mengambil air minum atau menyeduh kopi bisa jadi salah satu cara untuk meregangkan otot kaki yang terlalu lama diam. Selain itu, meletakkan komputer di atas meja berdiri juga bisa melatih tubuh agar tidak terlalu kaku. Dengan melakukan pekerjaan sambil berdiri, Teman Peduli akan lebih leluasa untuk meregangkan otot-otot tubuh.

5. Istirahatkan diri dari teknologi

Menikmati makan siang di depan komputer mungkin terasa lebih efektif. Tapi menghindar dari depan layar komputer saat beristirahat bisa memberikan waktu bagi otak untuk beristirahat. Bukan itu saja, dengan menikmati makan siang bersama keluarga atau menikmati pemandangan di luar jendela bisa memberikan perspektif yang berbeda.

Ada banyak sekali pedagang usaha kecil, pasien, pelajar tidak mampu, dan teman-teman lainnya yang terdampak Covid-19. Mereka kehilangan pekerjaan, akses belajar, pemasukan, dan berbagai tantangan lainnya. Karena itu, WeCare mau ajak kamu untuk melakukan hal istimewa dan bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit! Buka tautan diatas untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah. Betapa indahnya, berbagi pada sesama yang membutuhkan!

Klik Untuk Donasi - Donasi untuk Pelajar Indonesia
Donasikan Donasi untuk Pelajar Indonesia

Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.29,000
  • Pencapaian 0.03%
  • Donatur 4

Referensi

Saunders, E. G. (2020, Mei 15). 5 Tips to Reduce Screen Time While You’re WFH. Hbr.org.
Staying mindful of screen time when you work from home. (2020, Juni 30). Memory.ai.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *